Hari Ini Jokowi Ngantor di IKN hingga 19 Oktober 2024, Berikut Sejumlah Agendanya Saat di Nusantara

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjabat mulai hari ini Kamis (12/9/2024) hingga 19 Oktober 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) nusantara, Kalimantan Timur.

Hal itu terlihat dari pernyataan Menteri PUPR yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Administrasi IKN, Basuki Hadimuljono.

Agar kegiatan Presiden Jokowi di IKN berjalan lancar, Basuki juga terbang ke IKN kemarin untuk memastikan kesiapan infrastrukturnya seperti bandara IKN untuk pendaratan pesawat kepresidenan.

Insya Allah bandaranya juga sudah selesai, jadi saya mau lihat karena Pak Presiden besok (Kamis) berangkat, kata Basuki (IKN) kemarin.

Basuki mengatakan, air di IKN saat ini sudah tersedia dan dapat diminum, tidak seperti pada bulan Agustus.

Kemudian, Kantor Kementerian Koordinator 1, 2, 3, dan 4 masih belum siap pakai, namun dari 6 lantai yang ada, baru bisa digunakan sekitar 4 lantai.

Beliau menjelaskan: Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakannya secara bertahap.

Sementara itu, untuk mengantisipasi pendaratan pesawat kepresidenan, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara melakukan proses kalibrasi sebelum Bandara Nusantara siap.

Penerbangan misi kalibrasi tersebut dilakukan pada Selasa (9/10/9) sebagai tindak lanjut dari latihan verifikasi Bandara Nusantara yang berlangsung pada 8-9 September 2024, kata Menteri Perhubungan Bodhi Kriya Sumadi.

“Proses kalibrasi bandara dilakukan untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, serta menjamin pengoperasian peralatan pendukung penerbangan yang benar dan akurat. Setelah proses kalibrasi selesai, bandara akan siap dikunjungi oleh para pelaku usaha. minggu Presiden,” kata Budi, Selasa (10/9/2024).

Kalibrasi merupakan penilaian bandara tahap pertama yang akan dilanjutkan dengan beberapa penilaian lainnya terkait keselamatan dan keamanan penerbangan.

Kalibrasi juga dilakukan pada landing gear.

“Penerbangan kalibrasi dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan penerbangan memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan bandara siap melayani. Misi tersebut melibatkan penerbangan dari pesawat King Air 350i milik pusat kalibrasi fasilitas tersebut,” Menteri Perhubungan. dikatakan.

Selain kalibrasi, verifikasi prosedur penerbangan juga dilakukan menggunakan Performance Base Navigation (PBN).

Setelah itu, Kementerian Perhubungan melakukan penilaian lain sebelum mengeluarkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti oleh pengelola bandara.

Proses pembangunan Bandara Nusantara terus berjalan dengan kemajuan yang signifikan.

Landasan pacu saat ini berukuran 2.200 x 30 meter. Sementara pembangunan terminal VVIP sudah mencapai lebih dari 90 persen, sedangkan terminal VIP sudah rampung hampir 80 persen.

Fasilitas pendukung berupa menara ATC, gedung administrasi dan operasional serta gedung PKP-PK juga akan dipercepat.

Akses jalan utama menuju bandara hampir siap 100 persen, menunjang akses keluar masuk bandara.

Secara keseluruhan, melihat progres pengerjaannya, Menhub optimistis Bandara Nusantara akan rampung pada 31 Desember 2024. Agenda Jokowi di IKN

Presiden Jokowi menjelaskan, dirinya akan menjabat di IKN hingga 19 Oktober 2024.

Jokowi mengatakan, dirinya tidak hanya akan menetap di nusantara, melainkan akan mengunjungi beberapa daerah selama berada di IKN.

“Saya akan berkeliling kawasan itu, tapi mungkin akan keluar dari IKN,” kata Jokowi usai mengunjungi pasar tradisional Delimas Lubok Pakam, Deli Serdang, Selasa (10/9/2024).

Apabila bandara baru di IKN sudah selesai dibangun dan bisa digunakan, maka pihaknya akan lepas landas dari bandara baru tersebut. Namun jika tidak, dia akan terbang dari Balikpapan.

“Iya nanti kita lihat situasinya, apakah bisa terbang dari bandara baru, kalau tidak dari Balikpapan,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke IKN, Jokowi akan bertemu dengan beberapa menteri dan tamu termasuk investor IKN.

Katanya: Iya, bertemu menteri, menerima tamu seperti biasa, dan juga bertemu dengan beberapa investor yang masuk. Pertemuan terakhir dewan pemerintahan

Menteri Kabinet (SSCAB) Pramanu Anong mengatakan Presiden Jokowi akan menggelar rapat umum kabinet pada Jumat (13/9/2024) di IKN.

Pramanu mengatakan, rapat kabinet tersebut merupakan rapat kabinet terakhir pemerintahan Jokowi-Maruf.

Pramanu mengatakan dia sedang mempersiapkan rapat kabinet.

Terakhir, dia berkata: “Kenapa saya harus bersiap karena saya sekretaris kabinet. Nanti Jumat pagi akan diadakan rapat kabinet, mungkin rapat kabinet terakhir, rapat kabinet umum yang dihadiri seluruh menteri dan pimpinan lembaga. .” . Memimpin sejumlah proyek IKN

Basuki mengungkapkan, proses peletakan batu pertama akan kembali dilakukan di wilayah nusantara.

Pembukaan kedelapan diperkirakan akan berlangsung minggu depan.

Momen penting tersebut juga bertepatan dengan pelantikan Presiden Jokowi di IKN pada pekan ini.

Insya Allah (minggu depan). Pokoknya dia (Jokowi) sudah ada di sana,” kata Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Informasi peluncuran kedelapan ini telah diumumkan sebelumnya oleh Wakil Direktur Pelaksana IKN Raja Julie Antony.

Katanya: Ada 6 sampai 9 perusahaan yang akan melakukan operasi peluncuran.

Enam sampai delapan (perusahaan), dua di antaranya asing, kata Raja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Pada terobosan ketujuh pada Agustus 2024 ini, beberapa perusahaan dalam negeri ikut terlibat.

Ada PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) melalui PT Inti Collaboration Nusantara dan PT Adiwarna Harapan Nusantara yang sedang membangun kawasan mixed-use dengan nilai investasi Rp 2,6 triliun.

Kemudian, PT Bank Asia Central (BCA) Tbk membangun kantornya di nusantara dengan nilai investasi Rp75 miliar.

Tahap selanjutnya, PT Hotel Papua Internasional akan membangun Hotel Swiss Nusantara dengan nilai investasi sebesar 300 miliar rupiah.

Terakhir, Royal Golden Eagle Group (RGE) akan membangun Nusantara International Hotel and Conference Center dengan nilai investasi Rp 2 triliun. Awalnya dikerahkan di IKN mulai 10 September

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Hiro Bodi Hartuno mengatakan Presiden Jokowi akan memerintah pada 10 September hingga 19 Oktober 2024.

Ia menambahkan, rencananya akan bekerja hingga 19 Oktober, mungkin 10 September hingga 19 Oktober, dan di sela-selanya akan diadakan beberapa pertemuan dan kegiatan lain, termasuk kemungkinan kunjungan ke IKN di kota lain. kata Pahlawan. Jumat, (6/9/2024).

Jika dilakukan dengan benar, masa jabatan Jokowi di IKN akan menjadi salah satu masa jabatan terlamanya.

Jokowi sudah kurang lebih 40 hari menjabat di IKN.

Katanya: Ya, sampai 19 Oktober artinya 40 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *