Shin Tae-yong Sedia Payung, Cukup Jepang yang Jadi Korban Kelicikan Suporter Bahrain

TRIBUNNEWS.COM – Timnas Indonesia pasti tahu betapa kesalnya masyarakat Bahrain saat mengalahkan Jepang di laga hari kedua Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 di babak ketiga Asia.

Fans Bahrain mengejek mereka, termasuk dengan laser.

Tim asuhan Hajime Moriyasu berbahagia bisa menjadi juara pertama Grup C babak 3 Piala Dunia 2026, tim asuhan Hajime Moriyasu mengoleksi 6 poin.

Tak lama berselang, Jepang meraih kemenangan dengan lima gol ke gawang Bahrain, di Stadion Bahrain, Rabu (11/9/2024) dini hari WIB.

Gol Jepang tercipta dari Ayase Ueda, Hidemasa Morita, dan Koki Ogawa. Baik Ayase dan Hidemasa mencetak gol di pertandingan ini. Ayase Ueda dari Jepang dijauhi suporter Bahrain saat laga semifinal Piala Dunia “C” di Bahrain wilayah Asia, pada babak ketiga di stadion Bahrain, Rabu (11/9/2024). (Tangkapan layar Twitter @mata_mata)

Kekalahan ini memaksa Bahrain harus kebobolan dan turun ke peringkat ketiga dengan tiga poin. Pasalnya Arab Saudi sempat naik ke posisi kedua setelah mengalahkan China 2-1.

Pasukan Roberto Mancini unggul satu poin dari Bahrain. Saat ini tim Indonesia berada di peringkat keempat dengan perolehan 2 poin, disusul Australia (1) dan China (0).

Matahari bersinar pada pertandingan antara Bahrain dan Iran. Pasalnya pertandingan ini sedikit dimanjakan dengan minimnya dukungan dari pendukung tuan rumah.

Penggemar Bahrain menggunakan laser untuk menerangi wajah para pemain. Itu terjadi saat Ayase Ueda hendak mengambil penalti.

Sebuah laser menyinari wajah pemain Samurai Biru itu. Meski hasil menunjukkan Ueda mampu mencetak gol, namun aksi suporter Bahrain bisa menjadi cermin bagi Shin Tae-yong dan para pemain Indonesia.

Mengingat Bahrain menjadi lawan timnas Indonesia selanjutnya. Bahrain dan Timnas Indonesia bertemu bersama di Stadion Bahrain pada hari ketiga, Kamis 10/10/2024.

Shin Tae-yong punya banyak pekerjaan rumah untuk mengatur strategi permainan. Namun hal itu membuat para pemain berpikir untuk menghadapi tekanan.

Seperti dilansir media Jepang, para pemain di Japan Times Abema, sinar laser dan teriakan mengejek diterima oleh para pemain di Jepang.

“Pelecehan yang keji dari fans Bahrain. Teriakan hinaan dan ejekan dari pemain Jepang,” demikian pernyataan yang dirilis media Negeri Sakura tersebut.

Faktanya, situasi itulah yang akan dihadapi Timnas Indonesia pada laga melawan Bahrain.

Selain itu, situasi lawan mungkin lebih baik. Selain bermain di hadapan penonton, Bahrain sendiri mencetak tiga gol.

Melihat intensitas persaingan dengan skor 1-3, jelas Bahrain membutuhkan tiga poin saat menghadapi tim Indonesia. Sekaligus memperbaiki posisinya di standing table.

Untungnya, Shin Tae-yong menjelaskan usai laga melawan Australia bagaimana menyampaikan pemikiran timnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai Jay Idzes dan rekan-rekannya sudah mengalami kemajuan. Bahkan pemikiran para pemain diapresiasi karena tak mau kalah hingga akhir.

Shin Tae-yong, dikutip BolaSport, mengatakan: “Bisa dibilang kami banyak diserang, tapi dari segi sikap, lawan Australia bagus.”

Pelatih berusia 53 tahun itu menjelaskan hal tersebut dengan pemikiran para pemain saat ini. Ia yakin timnas Indonesia akan semakin maju ke depannya.

Meski begitu, setidaknya timnas Indonesia sudah menyiapkan payung sebelum hujan.

Jadwal timnas Indonesia putaran ke-3 Piala Dunia 2026

10 Oktober 2024 – Timnas Bahrain vs Indonesia

15 Oktober 2024 – Tiongkok dan Indonesia

14 November 2024 – Timnas Indonesia vs Jepang

19 November 2024 – Timnas Indonesia dan Arab Saudi

20 Maret 2025 – Timnas Australia vs Indonesia

25 Maret 2025 – Timnas Indonesia dan Bahrain

5 Juni 2025 – Timnas Indonesia vs China

10 Juni 2025 – Timnas Jepang vs Indonesia

Status terkini Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia

Beberapa jam lagi, Tim Garuda merilis peringkat baru Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia mulai hari ini, Kamis (12/9/2024) WIB. Penyebabnya adalah kekalahan Malawi di tangan Burkina Faso.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat 129 ranking FIFA.

Timnas Indonesia berhasil meraih dua peringkat usai bermain imbang 0-0 dengan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9) malam WIB.

Tim Merah Putih naik dua tingkat dari peringkat 132 ke 130 berkat tambahan skor +8.57. Dengan demikian, Indonesia mengumpulkan 1.124,18 poin.

Tapi itu seperti mendapatkan udara. Timnas Indonesia kembali naik ke puncak klasemen FIFA.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Football Ranking, kekalahan melawan Burkina Faso dengan skor 3-1 membuat Malawi tertinggal -6,80 poin.

Kini, Malawi memiliki poin 1.117,41 atau kalah dibandingkan tim Indonesia.

Hasil buruk Malawi membuat tim Indonesia berada di peringkat 129 dunia.

Total hari pertandingan FIFA September 2024, Timnas Indonesia naik empat peringkat dari peringkat 133 menjadi 129 dunia dengan perolehan 15,45 poin.

Bahkan, tim Indonesia berpeluang naik ke posisi 128 jika Zimbabwe tumbang dari Kamerun yang berada di peringkat 128. Ceritanya berbeda.

Zimbabwe, yang memainkan pertandingan berikutnya di Kejuaraan Afrika, bermain imbang 0-0 dengan Kamerun.

Zimbabwe mengalami peningkatan sebesar +7,13, yang membuat mereka melonjak ke peringkat 124. 

Sebelumnya, Timnas Indonesia kembali menorehkan hasil bagus saat menahan imbang Arab Saudi 1-1 di laga pembuka Grup C Piala Dunia 2026 Asia.

Timnas Indonesia bisa dibilang berada dalam posisi yang baik untuk terus meningkatkan peringkat FIFA. Delegasi Indonesia akan berangkat ke markas besar Bahrain bulan depan.

Tim Indonesia harus bisa meraih poin saat melawan China dan Bahrain.

Hal itu terjadi karena China dan Bahrain bersaing langsung dengan timnas Indonesia dalam persaingan berakhir di babak keempat yang menjamin tiket ke babak keempat Piala Dunia 2026 Asia.

Timnas Indonesia saat ini berada di peringkat keempat Grup C Piala Dunia 2026 Asia.

Jepang masih di peringkat pertama dengan 6 poin, disusul Arab Saudi dengan 4 poin dan Bahrain dengan 3 poin, saat ini Australia (1) dan China (0) nomor 5 berbanding 6.

(Tribunnews.com/Giri) (BolaSport/Wila Wildayanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *