Tajuk: Akankah Perang Etnis Berulang di Balkan Barat?

Milorad Dodik tidak merahasiakan niatnya untuk memaksa Republika Srpska merdeka dari Bosnia dan Herzegovina.

Kepala pemerintahan di Bosnia, yang mayoritas penduduknya adalah Serbia.

Pada pertengahan April, ia mengumumkan bersama perwakilan pemerintah Serbia bahwa “tidak ada gunanya tetap tinggal di Bosnia.” “Kami bergerak maju sendiri.”

Seperti kebanyakan pendukung Serbia, Dodik menyangkal bahwa milisi Serbia membantai warga Bosnia di Srebrenica selama perang Bosnia tahun 1992-1995.

Baik Republik Serbia maupun pemerintah Serbia baru-baru ini tidak mengecam rancangan resolusi PBB yang menetapkan 11 Juli sebagai Hari Peringatan Genosida Srebrenica.

Resolusi yang diusulkan oleh Rwanda dan Jerman dipandang sebagai pelabelan kolektif terhadap orang-orang Serbia.

Dokumen akhir akan diserahkan ke Majelis Umum PBB untuk pemungutan suara pada awal Mei, menandai peringatan 30 tahun pembantaian yang menewaskan 8.000 Muslim Bosnia.

Resolusi tersebut mengutuk, antara lain, penyangkalan terhadap tragedi Srebrenica dan pemuliaan pelaku kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan dalam perang Balkan.

PBB juga menyerukan pencarian lanjutan dan identifikasi jenazah korban.

Spekulasi Dodik tentang bagaimana Republika Srpska akan menanggapi tuntutan pengembalian 150.000 Muslim Bosnia yang diusir selama perang sangatlah mengkhawatirkan.

Dodik baru-baru ini mengatakan bahwa jika resolusi PBB disahkan, satu-satunya pilihan adalah memisahkan diri secara damai dari Bosnia dan Herzegovina setelah mengatakan bahwa warga Bosnia, yang merupakan lebih dari 50% populasi, hanya akan mendapatkan 25% wilayah memperingatkannya bahwa hal itu akan terjadi. .

“Masyarakat Republika Srpska marah dan tidak mau hidup bersama Muslim Bosnia,” kata Dodik. penyangkal genosida

Istilah 25 persen wilayah etnis Bosnia bermasalah karena mengingatkan pada retorika pembersihan etnis pada perang Bosnia. Kejahatan yang dicatat oleh Pengadilan Kejahatan Perang PBB di Den Haag, Belanda, dilakukan secara sistematis dengan tujuan memberantas kehidupan non-Serbia di sebagian besar Bosnia dan Herzegovina.

Konstitusi Bosnia menetapkan hukuman penjara bagi mereka yang menyangkal genosida, namun Dodik sering mengabaikan penegakan hukum.

Pada pertengahan April, di hadapan Ketua Parlemen Serbia Ana Brnabic, ia berulang kali menyangkal bahwa genosida telah terjadi di Srebrenica dan mengakhiri pidatonya dengan meneriakkan “Hidup Rusia!” Kunjungan ke Rusia

Tak lama kemudian, Dodik melakukan perjalanan ke Moskow bersama rekan partainya dan Menteri Keamanan Bosnia dan Herzegovina Nenad Nesic.

Di sana mereka bertemu dengan Nikolai Patrushev, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, dan lainnya.

Dodik dan Nesic memposting foto mereka sambil tersenyum lebar di dalam pesawat dan melakukan hormat tiga jari, simbol nasionalisme etnis Serbia.

Nesic baru-baru ini mengatakan di televisi Serbia: “Negara saya adalah Serbia. Negara saya adalah Republika Srpska. Titik!”

Meskipun terjadi banyak pelanggaran terhadap Perjanjian Damai Dayton tahun 1995, Perwakilan Tinggi Bosnia dan Herzegovina Christian Schmidt, yang seharusnya bertugas mengawasi pelaksanaan perdamaian, malah memilih untuk diam.

Pada September 2023, Schmidt mengancam Dodik dengan “konsekuensi serius” jika ia melintasi perbatasan.

Pasukan penjaga perdamaian EUFOR, yang dikirim oleh Uni Eropa untuk memantau implementasi Perjanjian Dayton, akan membutuhkan pasukan tambahan untuk berpatroli di wilayah pengungsi Bosnia di Republika Srpska.

150.000 pengungsi menunggu kepastian nasibnya. Sir Paddy Ashdown, mantan Perwakilan Tinggi Inggris untuk Bosnia dan Herzegovina, menggambarkan orang-orang yang dideportasi sebagai “yang termiskin dari yang miskin”.

Bagi pengungsi Bosnia, ancaman deportasi yang disampaikan Dodik merupakan pengingat trauma perang masa lalu. Oleh karena itu, negara-negara Barat harus bertindak proaktif untuk menyelamatkan pengungsi dalam skenario perang, termasuk dengan mengevakuasi mereka dan menerapkan perlindungan militer dan zona larangan terbang.

Orang-orang yang selamat dari genosida yang terjadi di Serbia pada musim semi tahun 1992 masih hidup dalam ketakutan. Trauma ini terulang setiap tahun ketika kelompok Chetnik Serbia merayakan genosida Srebrenica dengan impunitas, atau ketika Perdana Menteri Republik Serbia menyangkal adanya genosida tersebut. Potensi eskalasi

Bagi Jenderal SACEUR Christopher Cavoli, panglima tertinggi NATO di Eropa, perkembangan di Bosnia merupakan ancaman. Pada tanggal 17 April, Amerika Serikat melaporkan kepada Kongres bahwa “situasi di Balkan Barat semakin memburuk, dan ketegangan etnis di Bosnia kemungkinan akan meningkat.”

Dia mengatakan Republik Serbia “berusaha melemahkan otoritas pemerintah pusat dan hubungannya dengan UE dan NATO, sambil mempertahankan hubungan dekat dengan Rusia.”

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg baru-baru ini mengatakan dia “sangat prihatin” terhadap politik separatis di Bosnia dan Herzegovina.

Ana Brnabic menyebut komentar Cavoli sebagai “pesan yang mengkhawatirkan.” Ia mengakui bahwa “resolusi Majelis Umum PBB di Srebrenica menjadi preseden baru dan membuka kotak Pandora. Semoga Tuhan melindungi mereka semua dari konsekuensinya.”

Kini terserah kepada Barat untuk menyelamatkan salah satu proyek perdamaian paling sukses sejak Perang Dunia II.

Jika NATO berhasil menunjukkan cara memadamkan konflik di Kosovo dalam hitungan hari pada September 2023, negara-negara Barat harus mengambil tindakan untuk menyelamatkan Bosnia dan Herzegovina.

Alexander Rotert telah meneliti bekas Yugoslavia sejak tahun 1991 dan telah bekerja untuk PBB, NATO, OSCE dan Perwakilan Tinggi Bosnia dan Herzegovina OHR. rzn/yf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *