Jokowi Bertemu dengan Wakil Presiden Zimbabwe di Bali, Bahas Tiga Isu Utama

Wartawan Tribunnews Taufik Ismail melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu secara bilateral dengan Wakil Presiden Zimbabwe Kembo Dugish Campbell Muleya Mohadi di Ruang Casablanca, Hotel Mulia Nusa Dua Bali, Senin (02/09/2024).

Dalam sambutannya, Jokowi menyambut hangat Wakil Presiden Mohadi dan menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Emmerson Mnangagwa sebagai Presiden Zimbabwe.

Selamat datang di Indonesia dan terima kasih atas kehadiran Yang Mulia. Saya juga ingin menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Emmerson Mnangagwa, kata Jokowi.

Jokowi menyoroti tiga isu utama kerja sama Indonesia dan Zimbabwe.

Pertama, terkait kerja sama ekonomi, Jokowi menekankan pentingnya perjanjian perdagangan preferensial untuk memperkuat sektor perdagangan antara Indonesia dan Zimbabwe.

“Indonesia juga ingin bekerja sama di bidang farmasi. Dukungan pemerintah Zimbabwe sangat kami hargai,” kata Presiden.

Terkait sektor pertambangan, Presiden Jokowi mengungkapkan, Indonesia saat ini sedang menjajaki kerja sama penambangan litium dengan Zimbabwe.

Menurut Jokowi, ia akan menugaskan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bahlil Lahadalia untuk mempercepat penyelesaian nota kesepahaman mengenai hal tersebut.

Sementara terkait kerja sama pembangunan, Presiden Jokowi menegaskan kesediaan Indonesia untuk memperkuat kerja sama dengan Zimbabwe melalui program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan negara melalui Indonesia Aid Mechanism.

Presiden Jokowi juga meminta dukungan Wakil Presiden Mohadi untuk menjamin kelancaran dan keberhasilan kerja sama strategis tersebut.

“Pengembangan e-procurement di Zimbabwe dapat menjadi salah satu proyek strategis kita. Saya mohon dukungan Yang Mulia dalam hal ini,” kata Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *