Hadiah Rp 6,4 Miliar Bagi Warga Gaza yang Tahu Keberadaan Yahya Sinwar Pemimpin Hamas yang Baru

Berbeda dengan pemimpin Hamas lainnya, Yahya Sinwar memilih tetap berada di Gaza untuk memimpin rakyatnya melawan Israel.

TRIBUNNEWS.COM, GAZA – Kelompok Palestina Hamas menunjuk Yahya Sinwar sebagai pemimpinnya menggantikan Ismail Haniyeh yang terbunuh di Teheran, Iran pada 31 Juli 2024.

“Gerakan Perlawanan Islam Hamas mengumumkan terpilihnya komandan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik gerakan tersebut, menggantikan komandan yang disiksa Ismail Haniyeh,” kata gerakan itu, seperti dilansir Reuters, Rabu (8 Juli/2024).

Yahya Sinwar saat ini menjadi tokoh Hamas yang paling dicari di Israel.

Israel menuduh Yahya Sinwar paling bertanggung jawab atas serangan 7 Oktober 2023 ke Israel.

Serangan ini memicu kembalinya perang Palestina-Israel. Keberadaannya diperkirakan mencapai Rp6,4 miliar

Militer Israel mengatakan Yahya Sinwar berada di Gaza.

Israel mengalami kesulitan besar untuk menemukannya.

Yahya Sinwar bahkan disebut-sebut hidup dan berpindah-pindah dari satu terowongan ke terowongan lainnya di Gaza.

Bahkan intelijen Israel pun tidak memiliki informasi mengenai keberadaannya.

Hanya dua atau tiga orang yang mengetahui keberadaan Yahya Sinwar.

Demikian diungkapkan sumber kelompok Hamas kepada surat kabar London Asharq Al-Awsat beberapa waktu lalu.

“Lingkaran yang sangat kecil, tidak lebih dari dua atau tiga orang, mengetahui keberadaannya dan melindungi berbagai kebutuhannya serta memastikan komunikasinya dengan para pemimpin gerakan, baik di dalam maupun di luar,” kata seorang sumber kepada media, dikutip The Times “. Zaman Israel. Kamis (7/04/2024).

“[Israel] tidak mengetahui lokasi para pemimpin tingkat pertama dan kedua [Hamas] di tingkat politik dan militer, namun Israel mencoba membunuh beberapa dari mereka, beberapa dari mereka terluka, dan beberapa dari mereka selamat dan muncul tanpa cedera selama pemboman di berbagai wilayah dan sasaran, namun Sinwar tidak termasuk di antara mereka,” kata sumber tersebut.

Berbeda dengan pemimpin Hamas lainnya, Yahya Sinwar memilih tetap berada di Gaza untuk memimpin rakyatnya melawan Israel.

Sinvar menghabiskan separuh masa dewasanya di penjara Israel.

Ia juga merupakan pemimpin Hamas terkuat yang masih hidup setelah pembunuhan Haniyeh.

Beberapa waktu lalu dikabarkan militer Israel akan memberi penghargaan kepada siapa pun, terutama warga Gaza, jika memberikan informasi keberadaan Yahya Sinwar dan kawan-kawan.

Hal itu dibuktikan dengan brosur yang beredar di Gaza beberapa waktu lalu yang menyebutkan tentara Israel akan memberikan uang hingga 400.000 dollar AS (Rp 6,4 miliar) kepada pihak yang mengetahui keberadaan Yahya Sinwar.

Selebaran tersebut dipublikasikan di banyak media Israel, termasuk: di The Times of Israel, meskipun keasliannya belum dapat dikonfirmasi.

Meski ada nomor telepon di brosur, dan pemohon mendapat jaminan keamanan.

Hadiah berikut ditawarkan kepada warga Gaza yang mengetahui keberadaan Yahya Sinwar dan kelompoknya: $400.000 (Rp6,4 miliar) untuk informasi keberadaan Yahya Sinwar (Rp4,7 miliar) untuk informasi tentang saudaranya Muhammad Sinwar, yang bertugas, memerintahkan Brigade Selatan Hamas 200.000 dolar AS (Rp 3,2 miliar) untuk informasi tentang Rafa’ Salameh, komandan batalion Khan Younis Hamas 100.000 dolar (1,6 miliar) untuk informasi tentang Muhammad Deif, komandan sayap militer Hamas. Selebaran yang tampaknya didistribusikan oleh IDF di Gaza menawarkan hadiah uang tunai untuk informasi tentang pemimpin Hamas Yahya Sinwar, saudaranya Muhammad, Rafa Salameh dan Muhammad Deif. Seorang menantu laki-laki dan keponakan laki-laki Israel terbunuh

Yahya Sinwar diyakini bersembunyi di jaringan terowongan Hamas yang luas sejak 7 Oktober.

Saudaranya, Muhammad Sinwar, adalah komandan senior sayap militer Hamas, yang diyakini terlibat dalam penculikan dan penahanan Shalit.

Salameh, komandan Batalyon Khan Younis Hamas, juga telah menjadi sasaran Israel selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2021, IDF menghancurkan rumahnya di Gaza.

Deif, pemimpin sayap militer Hamas yang sulit ditangkap, telah masuk dalam daftar paling dicari Israel selama lebih dari 25 tahun karena keterlibatannya dalam perencanaan dan pelaksanaan berbagai serangan di Israel.

Israel telah mencoba membunuh Deif setidaknya tujuh kali selama bertahun-tahun.

Upaya pertama dilakukan pada tahun 2001, upaya kedua pada tahun 2002 berakhir dengan cedera mata, dan setahun kemudian ia berhasil menghindari upaya ketiga.

Pada tahun 2006, dia terluka parah dalam sebuah serangan tetapi selamat, kehilangan kedua kaki dan lengannya.

Pada tahun 2014, tahun Perang Gaza, Israel kembali mencoba membunuh Deif tetapi gagal, malah membunuh istrinya, anak laki-laki dan anak perempuan berusia tiga tahun.

Meskipun Israel awalnya percaya bahwa Deif juga tewas dalam serangan itu, namun kemudian dipastikan bahwa dia selamat. Arti Nama Yahya Sinwar

Media Palestina percaya bahwa terpilihnya Sinwar memiliki makna dan simbolisme yang dalam:

Pertama; Hamas, di semua cabangnya, tetap bersatu.

Lainnya;  Hamas melihat gerakan perlawanan Gaza masih kuat, bersatu, terorganisir dan mampu melancarkan perang jangka panjang melawan pendudukan Israel.

Tiga;  Laporan media, beberapa di antaranya beredar di media arus utama AS, bahwa ada konflik antara kelompok “moderat” dan “garis keras” Hamas tidaklah benar.

Keempat; Hamas terus mendukung strategi perlawanan Sinwar setelah lebih dari 300 hari berperang.

Lima;  Hamas menjadi lebih kuat dan bersatu setelah pembunuhan pemimpinnya Haniya.

Enam;  bahwa meskipun terjadi perang dan pembunuhan, Hamas adalah sebuah gerakan institusional dan bahwa keputusan dibuat melalui proses demokratis yang tetap berlaku meskipun perang Israel dan genosida sedang berlangsung di Gaza.

Sumber: Reuters/ToI/PC*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *