Apa Itu Refer System yang Diterapkan PSSI untuk Wasit di Liga Indonesia?

PSSI Kenalkan Sistem Rujukan Wasit di Liga Indonesia, Apa Itu?

Laporan reporter Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan menerapkan sistem kualifikasi di Liga 1 2024/25.

Sistem rujukan merupakan program untuk mengevaluasi kinerja wasit sepanjang musim.

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Yoshimi Ogawa mengatakan sistem tersebut akan memudahkan pihaknya memantau kerja wasit lebih detail.

Nantinya juri akan dinilai oleh tim penilai juri.

“Sistem Refer ini merupakan sistem penilaian wasit yang terakhir, karena wasit harus mengoreksi penilaian ahli kami yang disebut wasit wasit,” kata Ogawa.

“Tidak sekedar menilai, tapi juga memberi masukan,” lanjutnya.

Menurut definisi PSSI, Sistem Rujukan adalah sistem penandaan otomatis yang dapat mengevaluasi kinerja seorang wasit secara berkala.

Penampilan para juri dapat diakses melalui website yang terbuka untuk umum.

Beberapa aspek yang ditampilkan dalam website adalah keakuratan keputusan, performa teknis, kebugaran, manajemen permainan, kerja tim, sebelum dan sesudah pertandingan.

Sistem rujukan direncanakan di Liga 1 dan Liga 2. Nantinya masing-masing klub bisa mengirimkan kritik dan saran melalui situs tersebut.

Lebih lanjut Ogawa menyampaikan, sistem referensi ini diharapkan akurat dalam menilai kinerja juri.

Jika tidak ada kendala, sistem ini akan efektif diterapkan pada Desember 2024.

“Sistem ini sangat akurat, tidak hanya penilaian, kami juga dapat menyediakan bahan pelajaran yang diperlukan,” kata Ogawa.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Eric Tahir (Ketua PSSI) dan Exco PSSI yang telah menyediakan sistem ini. Kami pasti bisa melihat perkembangan wasit kami di setiap pertandingan dan bisa kami tingkatkan lagi,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *