Wawancara Eksklusif – Ridwan Kamil: Prabowo Menang, Investor IKN Makin Banyak Datang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kurator Ibu Kota Indonesia (IKN) sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ritwan Kamil menyebut kesuksesan pasangan 02 Prabowo Subianto-Kibran Rakabuming Rakka semakin menarik minat investor.

Investor yang tadinya secara politik enggan berinvestasi kini bertekad berinvestasi di IKN.

“Ada banyak investor sejak ’02 sukses. “Jadi kami menunggu karena pasangan berusia 02 tahun itu menentangnya sebelum pemilihan presiden.)

Menurutnya, Jodi 02 sangat bertekad melanjutkan rencana jangka panjang pemerintahan Presiden Jokowi. Kang Emil mengatakan, investasi swasta non APBN lebih dari Rp 40 triliun.

“Jadi logika investornya sederhana. Jika dia menang, mengapa saya menyiapkan uang? Ternyata pemenangnya tetap ada. “Jadi timing pemilu presiden sangat bagus,” ujarnya.

Hal ini juga menunjukkan bahwa perspektif keberlanjutan terhadap investasi menjadi teredam.

Kang Emil menjelaskan, dirinya tidak ditugaskan dalam tur promosi investasi, namun memerlukan persetujuan setiap investasi yang masuk.

Peran utamanya sebagai kurator IKN adalah misi Presiden Jokowi untuk membangun kota masa depan berkelas dunia.

Berikut wawancara antara News Manager Triban Network Rachmad Hidayat dan Anchor Triban Network Geok Mengwan Ridwan Kamil:

Banyak yang belum tahu kalau Kang Emil akan menjadi kurator IKN karyanya, ya, bukankah keputusan IKN itu bersejarah? Dan ini bukan lagi keputusan presiden, melainkan keputusan negara yang disetujui Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Karena pasti akan terus berlanjut siapa pun presidennya, termasuk Pak Prabowo. Ok Maklum, ini bukan ide IKN Pak Jokowi.

Sejarah IKN ini bermula pada zaman Belanda. IKN ingin pindah ke Bandung dan beberapa kementerian dipindahkan ke Bandung. Jepang tiba tiba-tiba pada tahun 1942. I.K.N. Bandung tidak akan menjadi IKN kan? Bukankah gagasan ini juga lazim di zaman Bang Karno? Kebebasan tidak punya uang, tidak punya apa-apa.

Pak Hardo Jongol kalau Pokor mau berangkat ya? Cepatlah melakukan reformasi. Namun pada periode Pak Jokowi ini, visi pembangunan harus menjadi world champion. Forest City, Green City, Smart City, Net Zero Carbon dan masih banyak lagi, bukan? Ia membutuhkan seseorang yang memiliki pengetahuan arsitektur perkotaan yang dapat mewakili dirinya dalam penyaringan. Sungguh bercanda bahwa proyek bangunan ini berkelas dunia. Jadi presiden tidak menginginkannya. Semuanya harus berkelas dunia.

Saya dilantik, siapa gubernurnya ya? Jadi tugas saya besok Rabu, setiap Rabu-Kamis saya punya hotel, kantor, kebun raya, pabrik sampah jadi energi. Karena IKN sedang sibuk saat ini. Makanya saya senang melakukan wawancara ini karena tahap pertama hampir selesai karena belum ada promosi nyata di lapangan ya? IKN, termasuk Festival Augustan tahun ini. Jadi jabatan saya pada dasarnya bertanggung jawab. Begitulah cara saya melakukan kurasi. Ridwan Kamil, mantan Gubernur Pengembangan Ibu Kota Kepulauan (IKN) dan Jawa Barat, berpose usai wawancara eksklusif dengan Tribun News di kantor Jaringan Tribun di Jakarta, Selasa (28/5/2024). Tribannews/Irwan Rizmawan (Tribannews/Irwan Rizmawan)

Kalau kita mau mengurutkan bahasa, itu saja, kita mengurutkan bahasa yang terbaik, yang terburuk, dan yang kurang baik, kita bilang bahasa-bahasa itu perlu diperbaiki, lalu kita kembali ke ibu kota. Buat kami lebih terlibat di Asia. Apa perbedaan konsep kota hutan? Dibandingkan dengan ibu kota negara Asia Tenggara seperti Forest City? Kota hutan itu seperti kota.

Jadi kalau ada pilihan pekarangan yang pohonnya besar, pilihlah lahan, tunggu pohonnya besar, jadi terjemahannya untuk lapangan, disekitarnya harus ada pohon besar, muka bangunan harus hijau. Selain itu, sebaiknya terdapat area hijau di dalam bangunan dan taman di atap bangunan. Jakarta, Sudirman dan Tamrin berlomba menampilkan wajah arsitektural mereka saat bangunan tersebut menghilang di balik pohon. Di IKN justru sebaliknya.

Dorongan untuk memperlihatkan bangunan sebaiknya dikurangi karena yang dilihat mata manusia adalah pepohonan, jalan, halaman, fasad bangunan, atap bangunan, dan lain-lain. bukan? Bagian dalamnya secara teknis berwarna hijau. Otomatis, ditenagai oleh sel surya, air limbah didaur ulang, bahan berasal dari sumber rendah karbon, dll. Oleh karena itu, ini berbeda dari yang lain. Itu sebabnya disebut Kota Hutan Hijau.

Tak hanya hijau, Hutan Kota juga tidak hanya terdiri dari rerumputan tapi juga pepohonan kan Kang Emil?

Kayaknya ada lahan yang mau dijadikan lapangan golf, berarti hijau juga ya? Ya, tapi tidak ada hutan seperti itu. Tapi tidak ada pohon besar. Kalau kota hutan, kebetulan pak, saya salah paham, tidak ada pohon tropis, yang ada hanya potongan kayu yang terbuat dari kertas.

Jadi setiap 6 bulan sekali pohon kayu putih harus ditebang untuk dijadikan kertas tisu. Jadi sebenarnya bukan seperti itu, maksudku sebenarnya itu adalah taman. Menurut Pak Jokowi, perkebunan berbentuk pohon untuk produk kertas akan dihutankan kembali. 21 juta benih sedang dipersiapkan untuk ditanam. Bukti apa? Jika Anda pergi ke sana sekarang, tidak ada binatang di sana. Karena ini monokultur. Itulah yang dilakukan taman. Tidak ada bunga. Artinya tidak ada bunga, tidak ada serangga, tidak ada kupu-kupu, tidak ada serangga, tidak ada burung. Tidak ada burung, tidak ada mamalia, tidak ada apa-apa. Kini gagasan untuk kembali ke hutan tropis, flora dan fauna akan kembali muncul. Pembangunan Ibukota Kepulauan (IKN) dan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjawab pertanyaan saat wawancara eksklusif dengan Tribune News di kantor Tribune Network di Jakarta, Selasa (28/5/2024). Tribannews/Irwan Rizmawan (Tribannews/Irwan Rizmawan)

Tapi bukankah di IKN ada nyamuk? Hal ini tidak terjadi sebelumnya karena monokultur.

Benarkah infrastruktur transportasi di IKN akan menggunakan listrik? Jadi, mobil non-listrik tidak diperbolehkan di sana karena tidak ada polusi. Jadi dia sewa mobil dari Balikpapan, kemudian mobilnya mobil bensin, parkir dulu di perbatasan IKN. Lalu saya diminta memilih bus.

Apakah ada feeder seperti itu atau haruskah saya menyewa mobil dengan stiker EV? Nah, kalau mau mandiri dari Balikpapan, sewalah mobil EV ya? Itu saja. Namun kabar baiknya, gardu tol tersebut sudah dibongkar dalam 2 bulan terakhir. Bagi masyarakat Balikpapan, perjalanan yang biasanya memakan waktu hampir 2 jam kini hanya membutuhkan waktu 40 menit.

Kemudian bandara sudah siap. Hal ini jarang dilaporkan. IKN memiliki bandara, jadi tidak perlu langsung dari Jakarta menuju Balikpapan, jantungnya IKN. Hanya 15 menit dari jantung IKN menuju Istana Kepresidenan. Idenya adalah untuk tidak menggunakan terlalu banyak mobil pribadi. Di transportasi umum. Jadi bus listrik sudah siap, trotoar sudah seperti Singapura, pohon-pohon besar yang nyaman sudah siap, termasuk jembatan antar gedung.

Jadi misalnya saya ke Kementerian A dan ingin ada rapat di kantor sebelah, saya tidak perlu keluar atau keluar. Saya naik ke lantai atas, ada jembatan antar gedung, apakah bisa dikalikan 10 gedung? Tidak perlu berkendara dari gedung nomor 1 ke gedung nomor 10, cukup berjalan kaki. Inilah konsep pergerakan lalu lintas yang sehat. Jadi IKN hanya mempunyai 2 listrik yaitu sinar matahari, matahari dan air. Meskipun seluruh batubara yang ada di lingkup IKN adalah batubara, namun tidak membakar batubara. Tapi menggunakan itu sebagai bukti tetap berarti kotor. Inilah yang disebut kelas dunia.

Dari segi transportasi umumnya terdapat bus berukuran sedang, dan rata-rata sebagian besar adalah bus. Bus yang diuji merupakan kendaraan tanpa awak. Memanfaatkan bulan, sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Yakin bisa merayakan Hari Kemerdekaan di IKN? Modal tidak akan habis dalam 5, 10, 15 tahun. Hanya Washington DC yang mendapat 100 poin. Washington DC adalah contoh yang bagus untuk hal ini. 0, dirayakan dan tetap menjadi ibu kota Amerika Serikat seperti yang kita lihat sekarang. Butuh waktu ratusan tahun dan cincin istana selesai dibangun. Yakni istana kepresidenan, alun-alun, lalu beberapa kementerian dan beberapa hotel. Demikianlah apa yang dimaksud dengan bulan Agustus.

Baru 5 tahun ke depan sudah ada rumah sakit, empat di antaranya dibangun, kementerian, kantor BI, dalam tahun-tahun ini, kira-kira pada masa Pak Prabowo. Jadi di zaman Pak Jokowi itu hanya sentral saja. Istana, Kantor Presiden, Kementerian Persatuan, Menteri Luar Negeri, banyak acara publik. Namun karena populasinya sudah banyak, kini seluruh 40 tower yang berisi apartemen ASN sudah hampir siap.

Apakah kalian semua sudah siap Kang Emil? Jadi permasalahan terbesar bagi IKN sebenarnya adalah bagaimana cara memindahkan orang karena IKN tidak melahirkan seperti IKN Dubai. impor. Artinya memaksa masyarakat Jawa atau Sumatera untuk pergi ke sana. Bagaimana memberikan insentif, insentif bagi masyarakat untuk berada di sana?

Akankah Tamu Negara Hadiri HUT RI ke-79 di IKN? Media harus menutupi hal ini. Ini adalah peristiwa bersejarah di republik ini; Upacara ini bukan kali pertama digelar di Jakarta.

Kalau bicara kapasitas, berapa orang seperti Jakarta yang bisa ikut? Mengingat pilihan akomodasi, ini sebenarnya adalah VV Baja. Tapi pemandangannya indah. Dulu kita adalah bangsa kolonial ya Pak Presiden? Jadi dalam perspektif Renaissance, secara konseptual semua bangunan merupakan representasi nusantara.

Jadi ruang Papua, ruang Bali, ruangan apa saja di Rumah Presiden. Tapi sekarang ada orang Yunani-Romawi di istana. Sebuah bangunan kolonial dengan arsitektur barat. Jadi kutipan masa kini sepertinya masih terjajah oleh bangunan-bangunan peninggalan tersebut. Hal ini sekarang memusingkan karena keragaman budaya kita begitu kaya. kebingungan, kebingungan. Berapa banyak suku bangsa yang hanya mempunyai karya seni dan patung? Itu sebabnya saya mengukur. Tidak apa-apa, tidak apa-apa, tapi ini bukan di tingkat istana. Posisinya ada di sini. Ritwan Kamil, Kurator Ibu Kota Kepulauan (IKN) (Tribunnews.com)

Jadi bukan hanya gedung pemerintah saja? Jika gedung lain seperti mall dan hotel diharuskan mewakili nusantara, apakah perlu izin dari saya untuk mewakili presiden mengikuti IKN? Baik dana APBN maupun dana swasta.

Desainnya harus mewakili kandidat, oke? Seperti wasit. Kalau tidak salah, Bakh Djokavi rencananya akan menggelar pelantikan yang ke-6, bukan? Jadi saya ada di sana pada tanggal 4 dan tinggal di kamp sepanjang malam. Tinggal 2 hari lagi sampai tanggal 5.

Bagaimana kelanjutan pertumbuhannya kang Emil. Ada bank baru, ada hotel baru. Namun mayoritas menginginkan sektor swasta. Kalau di swasta Rp 40 triliun di atas lho. Kalau swasta asing belum tahu tapi investor non-APBN coba, itu sudah Rp 40 triliun. Maafkan aku, aku khawatir aku melakukan kesalahan.

Akankah universitas negeri hadir di sana di masa depan? Salah satu cara untuk menyibukkan pegawai IKN adalah dengan membuat universitas yang banyak perumahan. Ada banyak hostel. Tadi sudah saya sampaikan, ajaran Rahmi adalah mengimpor manusia. Ini adalah cara untuk mengimpor sekolah.

Sekarang belum menjadi universitas. Tapi masuk dulu ke TK, SD, SMP, dan sekolah anak perwira. Universitas mulai mengikuti hal ini, namun tidak pada tahun ini.

Atau seperti ini, Pak. Dia pasti sudah berkampanye di banyak negara, bagaimana tanggapannya di Singapura kemarin? Saya sedang dalam pembicaraan. kuliah di Universitas Nasional Singapura. Bicara soal IKN detail sekali ya. Apakah benar memulai dari sejarah? 15 orang bertanya, oke? Jadi informasi yang salah adalah kegembiraannya tinggi.

Di akhir perkuliahan ada yang pulang dan berkata, Saya kurang suka mendengar Konsep IKN selama ini. Karena saya dengar itu berantakan. Jadi sepertinya kita punya lebih banyak prasangka, tapi ketika Anda menjelaskannya, saya akhirnya mengerti. Sepertinya Anda melindungi nilai-nilai lingkungan, bukan? Tangani itu. Kemudian saya dipanggil kembali. Apakah benar mengatakan ini? Lagunya satu, penyanyinya beda. Jadi efeknya berbeda.

Sampai saat ini masyarakat masih memperdebatkan apa yang dibutuhkan IKN. Masih ada di sana, bukan? Jadi ya, itu saja. Jika saya benar-benar melindungi negara, bukan? Jadi ini sudah diputuskan. Misalnya, tidak ada tugas perwalian. IKN masih jalan ya? Tapi tiba-tiba maaf, dibangun, tapi dibongkar. Pengejaran cepat, bukan kualitas. Sungguh memalukan bangsa ini. Mimpi tentang bangunan itu tidak diterima. Itu sebabnya saya bekerja sambil melindungi tanah air. Saya harap Anda tidak akan malu dengan keputusan berharga ini, bukan?

Kang Emil tentu saja akan mendatangkan banyak investor. Apa jadinya tugas Kang Emil jika Bagh Djokvi memerintahkan investor untuk mengendalikan investor? Saya berbicara secara informal ketika menelepon investor. Saya akan memberi tahu Anda jika ada situasi yang mungkin terjadi, tetapi saya tidak berinvestasi. Tentang ini. Sekarang. Pertama-tama, saya akan berbicara sedikit tentang politik. Karena ada hubungan. Dengan kemenangan 02, ada banyak investor.

Jadi, pemilihan pra-presiden diharapkan terjadi. Karena pasangan non-02 keberatan dengan hal ini. Jadi logika investornya sederhana. Jika dia menang, mengapa saya menyiapkan uang? Ternyata pemenangnya tetap ada. Jadi bom adalah pilihan terbaik untuk pemilihan presiden. Stabilitas menunjukkan adanya kelegaan dalam hal investasi. (TribunNetwork/Reynas Abdila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *