Istana Nilai Wajar Jokowi Pakai Innova saat Lepas Kegiatan Misa Akbar Paus di GBK

TRIBUNNEWS.COM JAKARTA – Pihak Istana melalui Kepala Kantor Hubungan Kepresidenan Hassan Nasbi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menggunakan kendaraan Innova dalam beraktivitas.

Pernyataan itu disampaikan Hassan menanggapi Jokowi yang tertangkap kamera sedang mengendarai Innova Genix berwarna hitam saat kembali ke Istana Bogor, Jawa Barat, usai kunjungan Paus Fransiskus tahun lalu.

Presiden selalu menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 berwarna hitam untuk beraktivitas.

Mobil tersebut memiliki sertifikat keamanan yang tinggi.

Mantan presiden juga sering menggunakan mobil ini untuk keperluan pribadi, katanya, Kamis.

Oleh karena itu, kata dia, Presiden biasa menggunakan mobil Innova untuk menghadiri atau berpergian ke Imam Besar yang dipimpin Paus Fransiskus, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, siang ini.

“Kalau datang ke reli Paus dengan mobil, itu juga wajar karena Paus “Pop juga pakai mobil yang sama.”

Menurutnya, lebih baik mengupayakan kesederhanaan dalam komunikasi atau diplomasi dibandingkan menunjukkan perbedaan. Hal serupa juga dilakukan Presiden dengan mengenakan pakaian yang senada dengan warna pesta.

Seperti saat menghadiri pesta, presiden selalu mengenakan pakaian yang sesuai dengan warna pesta, tutupnya. “Jadi dia merasa lebih dekat dan komunikasinya lebih hangat.”

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertangkap kamera mengendarai Innova Genix berwarna hitam saat kembali ke Istana Bogor, Jawa Barat usai menerima kunjungan Paus Fransiskus pada Rabu, 4 September. Bukan baru kemarin, Presiden akan menggunakan Innova pada Kamis (5/9/2024).

Besok (hari ini) beliau (Presiden) akan menggunakan mobil ini (Innova), kata Yusuf Permana, Wakil Direktur Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Rabu (4/9/2024). Viral foto Jokowi pulang ke Bogor dengan pengawalan Black Innova usai bertemu Paus Fransiskus di Istana Negara. (Spesial)

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo rencananya akan menghadiri acara Imam Besar yang akan dipimpin oleh Paus Fransiskus. Presiden akan meninggalkan kegiatan tersebut.

Gambar Innova hitam berplat RI 1 tersebar di media sosial. Mobil melintasi jalur penjagaan.

Wakil Presiden Yusuf Permana dari Sekretariat Pers dan Media menyatakan, kendaraan tersebut diangkut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kendaraan tersebut digunakan Presiden saat kembali ke Istana Bogor, Jawa Barat, usai menerima kunjungan Paus Fransiskus pada Rabu, 4 September.

“Iya betul. Itu mobilnya,” kata Yusuf, Rabu (4/9/2024).

Mengganti kendaraan adalah hal biasa, kata Yusuf. Presiden menggunakan mobil Innova untuk aktivitasnya, terutama mobil misterius.

“Benarkah Presiden juga dulu menggunakan kendaraan Innova, apalagi saat melakukan kegiatan sembunyi-sembunyi. Untuk beberapa kegiatan sembunyi-sembunyi selalu menggunakan kendaraan Innova,” ujarnya.

Tak hanya mobil Innova, Yusuf menambahkan, Fortuner selalu digunakan Presiden saat menjalankan fungsinya, terutama saat melewati jalanan kasar atau jalanan.

“Fortuner sering digunakan saat inspeksi pekerjaan saat kondisi lapangan sulit,” ujarnya. Artinya mengganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan.”

Belakangan ini Innova menjadi perbincangan karena digunakan oleh Paus Fransiskus di Indonesia. Para pemimpin Katolik terkemuka dunia mengendarai Innova Genix berwarna putih dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. Paus juga menggunakan mobil yang sama saat mengunjungi Istana Kepresidenan di Jakarta, Rabu pekan lalu.

Paus memilih Innova berwarna putih saat berkunjung ke Indonesia, Selasa (4/9/2024). Pemilihan mobil menunjukkan kesederhanaan Paus Fransiskus. Innova Xenix Hybrid yang dibawa Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia. (Tangkapan layar YouTube Komisaris Sosial Keuskupan Agung Semarang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *