Dorong Ketahanan Pangan, Pemerintah Terapkan Teknologi untuk Pengembangan Padi di Merauke

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Pj) Andi Amran Sulaiman bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin meninjau langsung pengembangan lahan pertanian modern di Kecamatan Kurik, Kabupaten Merauke.

Amran mengatakan, Jokowi mendukung penuh pembangunan gudang pangan di Merauke yang dapat memperkuat ketahanan pangan nasional.

Alhamdulillah Pak Presiden mendukung kami menanam padi di Merauke dengan teknologi, mekanisasi penuh, bibit unggul, kalau bisa produksi sampai 10 ton per hektar, kami akan tanam, kata Amran. . pada Rabu (24/7/2024)

Dijelaskannya, pengolahan tanah melibatkan generasi muda dalam menerapkan konsep pertanian cerdas.

Secara bertahap, pertanian modern terus berkembang dengan mengadopsi teknologi pertanian seperti varietas unggul, sensor tanah dan cuaca, alat pemantau tanah dan sistem irigasi otomatis untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Program lumbung pangan di Merauke yang berpotensi besar menjadi hub produksi pangan khususnya beras diharapkan dapat memenuhi tidak hanya kebutuhan dalam negeri namun juga ekspor.

“Di Merauke ini lahannya 63.000 hektare, tahap pertama kita garap 40.000 hektar, terus 1 juta hektar, kita selesaikan secara bertahap.”

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengatakan, mengingat ancaman perubahan iklim seperti kekeringan dan panas berkepanjangan, sektor pangan harus menjadi fokus semua pihak, termasuk pemerintah.

“Saya lihat, mulai dari awal, tabur dengan beberapa varietas, tanam, dan hasilnya terlihat, berapa ton per hektarnya diperiksa, semuanya dilakukan secara ilmiah. “Kamu lihat kebunnya, di sini kebunnya datar, dan di sana. airnya banyak, saya kira ini Indonesia Merauke dan sekitarnya ini peluang untuk dijadikan keranjang pangan,” kata Jokowi.

Selain mengunjungi Distrik Kurik, agenda kunjungan permainan Jokowi juga mencakup penanaman tebu di Desa Sermayam, Kecamatan Tanah Miring, Kabupaten Merauke.

Kabupaten Merauke merupakan penghasil padi terbesar di Provinsi Papua Selatan, luas lahan persawahan Kabupaten Merauke seluas 42.328,42 ha dan luas areal budidaya padi seluas 49.573 ha. Merauke juga bisa menghasilkan 189,2 ribu ton beras pada tahun 2023 (GKG).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *