Janji PM Bangladesh dalam Pidatonya: Lindungi Pengungsi Rohingya dan Hidupkan Lagi Industri Garmen

Tribun News.com – Perdana Menteri sementara Bangladesh Muhammad Yunus berjanji akan melindungi pengungsi Rohingya dan menghidupkan kembali industri garmen yang dilanda protes beberapa pekan lalu.

“Pemerintah kami akan terus memberikan dukungan kepada lebih dari satu juta warga Rohingya yang mengungsi ke Bangladesh,” kata Yunus, Minggu (18/8/2024), seperti dilansir France24.

“Kami memerlukan upaya berkelanjutan dari komunitas internasional untuk aksi kemanusiaan bagi etnis Rohingya dan pemulangan mereka ke negara mereka sendiri, Myanmar, dengan aman, bermartabat, dan penuh keadilan,” tambahnya.

Bangladesh menampung sekitar satu juta pengungsi Rohingya.

Banyak dari mereka melarikan diri setelah operasi militer di Myanmar pada tahun 2017.

Tindakan kekerasan tersebut kini sedang diselidiki oleh Pengadilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kerusuhan selama berminggu-minggu dan protes besar-besaran yang menggulingkan mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina juga menyebabkan gangguan besar terhadap sektor tekstil yang bergantung pada negara tersebut.

Pemasok mengalihkan pesanan ke luar negeri. Peraih Hadiah Nobel Perdamaian Muhammad Yunus (CL) turun dari panggung saat upacara pelantikan sebagai kepala penasihat pemerintah transisi Bangladesh, hari dimana pemberontakan yang dipimpin mahasiswa mengakhiri 15 tahun pemerintahan Sheikh Hasina di Dhaka pada 8 Agustus 2024. (Foto oleh Munir Uz Zaman/AFP)

“Kami tidak akan mentolerir segala upaya yang mengganggu rantai pasokan tekstil global, di mana kami adalah pemain kuncinya,” kata Yunus.

Sebanyak 3.500 pabrik garmen di Bangladesh menyumbang 85 persen dari ekspor tahunannya sebesar $55 miliar.

Yunus memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 2006 atas karya pionirnya di bidang keuangan mikro, yang dianggap membantu mengangkat jutaan warga Bangladesh keluar dari kemiskinan ekstrem.

Dia saat ini menjabat Perdana Menteri sementara Bangladesh, gelar resminya adalah “Kepala Penasihat”.

Yunus mengatakan, ada rencana menggelar pemilu dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, sebelum penggulingannya, pemerintahan Hasina dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang serius, termasuk penahanan massal dan pembunuhan sewenang-wenang terhadap lawan politik.

Hasina dipaksa keluar dari jabatannya pada 5 Agustus setelah pengunjuk rasa menyerbu ibu kota, Dhaka, setelah melarikan diri dari Bangladesh ke negara tetangga, India.

Selama masa jabatan Hasina, India menjadi pelindung dan donor politik terbesarnya. Muhammad Yunus: Negara sedang kacau, tapi setidaknya satwa liar sudah punah

Dalam pidatonya yang lain pekan lalu, Yunus mengakui negaranya sedang kacau tapi setidaknya “dagingnya” sudah habis.

“Hukum dan ketertiban adalah prioritas pertama bagi masyarakat untuk menetap atau mulai bekerja,” kata Yunus pada konferensi pers di ibu kota Dhaka.

Yunus berjanji akan mengawasi reformasi besar-besaran seperti penguatan kebebasan berekspresi.

Pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintahan Bangladesh digambarkan hampir otoriter sehingga menyebabkan kekacauan.

“Bahkan pemerintah, apa yang mereka lakukan, apa yang mereka lakukan sama sekali tidak berarti bagi saya,” katanya merujuk pada pemerintahan Hasina.

“Mereka tidak tahu apa itu tata kelola yang baik.”

“Tetapi sekarang masih ada harapan.”

“Kami adalah wajah baru bagi negara ini.”

“Akhirnya, kali ini monster itu hilang.”

Yunus dipenjara dalam beberapa kasus bermotif politik selama masa jabatan Hasina sebagai perdana menteri.

Yunus dijatuhi hukuman enam bulan penjara awal tahun ini setelah mengaku bersalah melanggar undang-undang ketenagakerjaan negara tersebut.

Namun, dia dibebaskan dengan jaminan.

Dia baru saja dibebaskan sebelum mengambil alih kepemimpinan baru.

(TribuneNews.com, Tiara Shelawi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *