Alasan Kenapa Alat Komunikasi Pager Masih Dipakai di Lebanon? Indonesia Tinggalkan Itu 20 Tahun Lalu

Mengapa peralatan komunikasi pager masih digunakan di Lebanon? Indonesia berhenti 20 tahun lalu

TRIBUNNEWS.COM- Pager adalah perangkat komunikasi dengan faktor bentuk kecil yang memungkinkan pengguna menerima peringatan teks dan audio. 

Pager, alat komunikasi kecil, mulai populer di Indonesia pada tahun 90an. Pager kini dianggap sebagai teknologi jadul di Indonesia.

Namun, di Lebanon dan banyak negara Timur Tengah, serta di Amerika Serikat, pager masih digunakan sebagai alat komunikasi.

Kemarin, Selasa (17/9/2024), pager meledak hampir bersamaan di Lebanon. 

Menurut CNN, ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai lebih dari 2.800 orang, termasuk sedikitnya 170 orang yang sakit parah.

Faktanya, banyak orang di dunia yang masih menggunakan teknologi ini hingga saat ini. 

Alasannya adalah perangkat ini menggunakan frekuensinya sendiri sehingga dianggap lebih andal karena dapat melewati telepon seluler yang dapat mengalami gangguan, masalah koneksi, atau gangguan komunikasi.

Karakteristik ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Hizbullah terus menggunakannya.

 

    Masa kejayaan Pager pada tahun 1980an dan 1990an

Diposting di Kompas.com. Pager mencapai masa kejayaannya di Barat pada tahun 80an dan 90an. Menurut produsen pager Amerika, Spok, sebanyak 61 juta pager digunakan di seluruh dunia pada tahun 1994. 

Meski ponsel pintar mendominasi pasar, pager masih digunakan di beberapa sektor, seperti rumah sakit, khususnya di Amerika Serikat. 

Menurut sebuah penelitian di Journal of Hospital Medicine yang diterbitkan pada tahun 2017, hampir 80 persen dokter rumah sakit yang disurvei menggunakan pager dan setengah dari pesan tersebut diterima dari pager terkait dengan perawatan pasien. 

Pager juga digunakan di bidang negatif dunia kriminal, seperti perdagangan narkoba.

Produsen pager Amerika, Spok, mengiklankan produknya sebagai perangkat “yang sinyalnya dapat menembus logam dan logam, sementara ponsel cerdas dapat diblokir”. 

Produsen pager lainnya, Discover Systems, mengatakan bahwa sistem pager adalah cara yang lebih baik untuk berkomunikasi, misalnya saat Wi-Fi atau telepon mati. 

Menurut Spock, pager pertama dipatenkan di Amerika Serikat pada tahun 1949 oleh penemu Alfred Gross, pionir komunikasi nirkabel, sebelum digunakan di rumah sakit di New York.

Seperti dilansir AFP, kata “pager” didaftarkan pada tahun 1959 oleh perusahaan Motorola, yang merupakan pemimpin pasar selama beberapa dekade. 

Pager pertama Motorola, Pageboy 1 yang dibuat pada tahun 1964, memungkinkan pemberitahuan suara dikirim ke telepon sebelum teknologinya sempurna dan, mulai tahun 80-an, memungkinkan pengiriman pesan teks.

  Pager meledak, 9 tewas, 170 kritis, ribuan luka-luka

Ribuan pager atau alat komunikasi kecil milik anggota Hizbullah meledak serentak di Lebanon pada Selasa (17/09/2024). 

Dalam ledakan ini, sedikitnya 9 orang tewas dan lebih dari 2.800 orang luka-luka, dan sedikitnya 170 orang di antaranya luka berat.

Israel berada di balik pemboman ribuan pager di Lebanon dalam operasi gabungan Mossad-ISIS.

Israel berada di balik serangan yang menyebabkan ribuan pager Hizbullah meledak secara bersamaan di Lebanon pada hari Selasa, menurut informasi yang diterbitkan oleh CNN.

Operasi yang melukai ribuan orang di seluruh Lebanon itu merupakan hasil operasi gabungan antara dinas intelijen Mossad Israel dan tentara Israel.

Israel memasang bahan peledak di beberapa pager buatan Taiwan di Lebanon dan ditujukan ke Hizbullah, New York Times melaporkan, mengutip AS dan pejabat lainnya yang tidak ikut serta dalam operasi tersebut.

Situasinya adalah: Bom ditempatkan di sebelah baterai di setiap pager, dan sebuah tombol digambar untuk membukanya dari jarak jauh, menurut New York Times. 

Perangkat itu meledak secara bersamaan setelah menerima pesan tersebut pada Selasa sore, menewaskan sedikitnya 9 orang dan melukai lebih dari 2.800 orang – termasuk sedikitnya 170 orang yang sakit parah, menurut pemeriksaan kesehatan pengawas resmi Lebanon.

Hizbullah dan pemerintah Lebanon menyalahkan Israel atas serangan itu. Israel belum berkomentar.  Banyak darah di jalan, saksi mata menggambarkan pembantaian di Beirut setelah halaman tersebut pecah. 

Para saksi mata menunjukkan berapa banyak orang yang terluka di jalan-jalan ibu kota Lebanon setelah penembakan mematikan pada hari Selasa.  

Seorang saksi, yang berbicara di luar Pusat Medis Universitas Amerika di Beirut dan meminta untuk tidak disebutkan namanya karena khawatir akan keselamatannya, dijelaskan di luar di pinggiran selatan Beirut setelah membaca tentang ledakan tersebut secara online. 

“Kami turun ke jalan dan menemukan bahwa kawasan perkotaan itu seperti desa zombie,” katanya. Korban luka-luka tergeletak di jalan, tambahnya, banyak temannya yang terluka.  

Saksi lain, yang juga meminta untuk tidak disebutkan namanya karena alasan keselamatan, mengatakan bahwa dia sedang mengemudi ke tempat kerja ketika dia melihat ambulans Palang Merah dan orang-orang tergeletak di tanah. 

“Kami kaget karena banyak sekali orang.. ada darah di jalan dan orang-orang dibawa dengan ambulans ke rumah sakit. Namun, kami tidak tahu apa yang terjadi coba,” ujarnya. 

Saksi kedua mengatakan dia pergi ke rumah sakit untuk menemui temannya yang memakai pager ketika dia pergi. 

“Alat-alat ini bukan di tangan mereka yang tergabung dalam [Hizbullah], tapi di tangan semua orang. Ada aparat keamanan yang menggunakan alat-alat itu dan mereka juga terluka,” tambahnya. 

  Hizbullah bersumpah akan membalas dendam

Hizbullah bersumpah akan membalas dendam pada Israel atas pembantaian di Lebanon.

Pendiri perusahaan Taiwan tersebut mengatakan bahwa pager yang digunakan dalam serangan Lebanon dibuat oleh distributor Eropa.

Halaman-halaman yang digunakan dalam serangan terkoordinasi terhadap kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon dibuat oleh pemasok Eropa untuk produsen Apollo Gold, kata pendiri dan direktur Taiwan pada hari Rabu. 

Beberapa gambar dari Lebanon di media sosial tampak menunjukkan pager Apollo yang rusak.   Pager Emas Paling Meledak Apollo AR924

Foto itu diunggah pada Selasa, hari yang sama dengan ledakan. 

Setidaknya satu foto adalah model Apollo AR924 berwarna emas. 

Pendiri Gold Apollo Hsu Ching-kuang mengatakan kepada wartawan pada Rabu pagi bahwa perusahaannya telah menandatangani perjanjian dengan distributor Eropa untuk menggunakan merek Gold Apollo.   

Hsu mengatakan, penjual yang belum disebutkan namanya itu menjalin hubungan dengan Gold Apollo sekitar tiga tahun lalu.  

Pada awalnya, perusahaan Eropa tersebut hanya menjual pager Gold Apollo dan peralatan komunikasi lainnya, katanya. 

Setelah itu, perusahaan tersebut mengatakan kepada Gold Apollo bahwa mereka ingin membuat pager sendiri dan meminta hak untuk menggunakan merek perusahaan Taiwan tersebut, katanya.   

Hsu mengatakan Gold Apollo telah menemukan setidaknya satu kejanggalan dalam transaksinya dengan pemasok, yaitu penyelesaian pengiriman uang yang memakan waktu lama. 

Israel dituduh menyembunyikan bahan peledak di beberapa halaman yang dipesan oleh Gold Apollo dan ditujukan untuk Hizbullah, New York Times melaporkan pada hari Selasa. Sebuah bola dirancang untuk menjauhkannya, tambahnya. 

  Itu pecah hampir bersamaan

Ratusan pager yang dibawa oleh anggota Hizbullah di Lebanon meledak hampir bersamaan pada hari Selasa dalam sebuah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang telah disusul oleh perang rahasia dan serangan siber di beberapa wilayah tahun lalu dalam pengukuran dan penembakan.

Kelompok militer yang didukung Iran mengatakan peralatan nirkabel tersebut mulai meledak pada pukul 15.30 waktu setempat dalam serangan terhadap sasaran Israel yang menargetkan anggota Hizbullah.

CNN mengetahui bahwa Israel berada di balik serangan itu, yang merupakan operasi gabungan antara dinas intelijen Mossad Israel dan militer Israel. Pemerintah Lebanon mengutuk serangan itu sebagai “agresi kriminal Israel”.

Tentara Israel, yang terlibat dalam bentrokan dengan Hizbullah sejak dimulainya perang dengan kelompok militan Palestina Hamas yang didukung Iran di Gaza tahun lalu, menolak berkomentar secara terbuka mengenai ledakan tersebut.

Pager yang meledak itu baru dan dibeli oleh Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir, kata sumber keamanan Lebanon kepada CNN. Yayasan tidak memberikan informasi mengenai tanggal kedaluwarsa pembelian pager atau modelnya.

Para ahli mengatakan bahwa ledakan tersebut, yang skala dan sifatnya belum pernah terjadi sebelumnya, menunjukkan ketidakmampuan Hizbullah karena komunikasinya telah terganggu hingga mati.

The New York Times melaporkan pada hari Selasa bahwa Israel telah menyembunyikan bahan peledak di beberapa halaman yang dipesan oleh produsen emas Taiwan Apollo dan ditujukan untuk Hizbullah. Sebuah bola dirancang untuk menjauhkannya, tambahnya.

Setidaknya sebagian dari pesan kepada Hizbullah: “Kami dapat menghubungi Anda di mana saja, kapan saja, pada hari dan waktu yang kami pilih, dan kami dapat melakukannya hanya dengan mengklik sebuah tombol,” menurut kepala intelijen dan inspektur polisi John. Tukang giling.

  Gambar yang Beredar Viral

Foto halaman yang dirobek muncul online setelah serangan di Lebanon.

Foto-foto pager Apollo Gold yang rusak telah muncul di media sosial, dengan klaim bahwa pager tersebut rusak akibat gelombang ledakan pager pada hari Selasa di Lebanon.

Setidaknya satu halaman yang memiliki gambar adalah model Apollo AR924 berwarna emas. 

Pabrikan Taiwan telah dihubungi untuk memberikan komentar.

The New York Times melaporkan pada hari Selasa bahwa Israel menyembunyikan bahan peledak di beberapa halaman yang dipesan oleh Gold Apollo dan ditujukan untuk Hizbullah. 

Sebagian besar pager tersebut adalah AP924 standar perusahaan, tetapi tiga model Apollo keren lainnya disertakan dalam pengiriman, Times melaporkan.

Pager tersebut dibeli oleh Hizbullah dalam beberapa bulan terakhir, menurut sumber keamanan Lebanon.

  Ratusan orang terluka

Ratusan orang terluka di Lebanon setelah ledakan alat komunikasi Duta Besar Iran untuk Lebanon adalah satu dari lebih dari 1.000 orang yang terluka dalam serangan misterius itu.

Ratusan orang terluka di Lebanon dan Suriah pada tanggal 17 September setelah serangan yang diduga menargetkan sistem telekomunikasi negara tersebut menyebabkan pager meledak.

Laporan lokal menunjukkan bahwa sebagian besar korban adalah anggota gerakan Hizbullah. Menurut hitungan tidak resmi, sekitar 1.200 orang terluka, beberapa di antaranya luka-luka. 

Kantor berita semi-resmi Iran Mehr melaporkan bahwa perdana menteri Lebanon, Mojtaba Amani, juga terluka oleh salah satu bahan peledak.

“Beberapa jenis komunikasi nirkabel telah terputus di banyak wilayah Lebanon, terutama di pinggiran selatan, sehingga menyebabkan cedera… Oleh karena itu, pasukan keamanan dalam negeri telah meminta masyarakat untuk membantu merawat dan memindahkan korban luka ke rumah sakit,” ungkap Internal Lebanon. Layanan Keamanan mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Kesehatan negara tersebut telah meminta siapa pun yang memiliki perangkat komunikasi serupa untuk menjauhinya sampai penyelidikan menentukan penyebab ledakan tersebut.

Ledakan dan korban luka dilaporkan terjadi di Beirut selatan Dahiyeh, Lembah Bekaa dan banyak tempat di Nabatieh, Al-Hush, Bint Jbeil, Tirus dan dekat Damaskus di Suriah.

“Israel membobol sistem salah satu komunikator dan merusaknya,” kata seorang pejabat keamanan kepada Sputnik pada hari Selasa.

Dalam siaran pers yang telah dihapus, sekretaris pers dan mantan penasihat Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Topaz Luk, mengatakan bahwa Tel Aviv berada di balik penarikan tersebut.

“Ini tidak akan bertahan lama,” kata Luke kepada publikasi X, dengan alasan bahwa presiden tidak akan melakukan sesuatu yang penting di Lebanon sebelum kunjungannya ke New York minggu depan. Pesan itu kemudian dihapus.

“Topaz Luk tidak menjadi penasihat presiden selama beberapa bulan dan tidak berpartisipasi dalam diskusi mendalam,” kata kantor presiden kepada media Ibrani.

Awal tahun ini, Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah memperingatkan anggota oposisi tentang risiko yang terkait dengan penggunaan ponsel pintar, menyerukan mereka untuk “mengendalikan perangkat mata-mata” dan meminta para pejuang untuk “menyingkirkannya.”

“Kami meminta saudara dan saudari kami di selatan: singkirkan ponsel Anda!” Buang saja, kubur, masukkan ke dalam kotak logam dan buang! Ponsel itu berbahaya!” kata seorang pemimpin Hizbullah pada bulan Februari.

 

SUMBER: KOMPAS.COM, CNN, THE CRADLE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *