Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 225 Kurikulum Merdeka: Ilmu Kalam

TRIBUNNEWS.COM – Di bawah ini adalah kunci jawaban Program Studi Mandiri Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas 12.

Soal PAI kelas 12 halaman 225 mengajak siswa belajar tentang ilmu firman.

Sebelum melihat Kunci Jawaban PAI Kelas 12 halaman 225, siswa harus menjawab sendiri soalnya terlebih dahulu.

Kunci jawaban ini digunakan oleh orang tua sebagai pedoman dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anaknya. Kunci Jawaban PAI Kelas 12 Halaman 225

1. Apa manfaat mempelajari ilmu firman mengenai permasalahan keimanan umat Islam saat ini?

Menjawab:

Menyangkal keyakinan yang salah dengan menawarkan penjelasan mengenai masalah dan kemudian mencoba menghindari masalah dengan menciptakan jalur kritik yang masuk akal berdasarkan logika.

Memperkuat landasan keimanan melalui pendekatan filosofis dan logis untuk menjelaskan kebenaran Islam tidak hanya secara teoritis (sebagaimana yang diterima) tetapi secara rasional.

2. Apa tujuan mempelajari ilmu firman tentang permasalahan keimanan umat Islam saat ini?

Menjawab:

Penguatan sistem nilai ajaran Islam yang mencakup tiga hal pokok, antara lain iman sebagai landasan keimanan, Islam sebagai wujud syariat, ibadah dan amal, serta amal sebagai implementasi akhlak.

Menanggapi permasalahan penyimpangan teologi agama lain yang dapat merugikan keimanan umat Islam, apalagi bila Islam berhimpitan dengan teologi agama lain dalam masyarakat yang berbeda (beragam).

3. Sumber ilmu kata ditinjau dari pemikiran di luar Islam paling sedikit ada tiga faktor. Coba sebutkan dan beri komentar!

Menjawab:

– Kebanyakan orang yang menerima Islam setelah penaklukannya pada awalnya diterima dalam agama yang berbeda, yaitu Yudaisme, Kristen, Manu, Zoroastrianisme, Brahmana, Sabian, Atheis, dll. Mereka dilahirkan dan dibesarkan dalam ajaran agama ini

– Kelompok Mu’tazila memberikan perhatian terhadap dakwah Islam dengan cara mengingkari dalil-dalil penentang Islam. Oleh karena itu, mereka tidak dapat menolak lawannya sebelum mereka mempelajari pendapat dan argumentasi lawannya.

– Seperti pada faktor kedua, para teolog sebenarnya membutuhkan filsafat Yunani untuk mengalahkan lawan-lawannya, sehingga mereka terpaksa mempelajari dan mengambil manfaat dari ilmu logika, terutama aspek ketuhanannya. Misalnya, An-Nadam yang merupakan seorang Mu’tazilah mempelajari filsafat Aristoteles dan menolak beberapa gagasannya, seperti Abu’l-Hudzail al-Allaf.

4. Apa pengertian ilmu kata menurut Syekh Muhammad Abduh, mohon penjelasannya secara detail!

Menjawab:

Menurut Syekh Muhammad Abduh, ilmu perkataan diartikan sebagai ilmu yang mengkaji sifat-sifat Tuhan Yang Maha Esa, sifat-sifat penting yang ada bagi-Nya, sifat-sifat jazz yang ada bagi-Nya, dan sifat-sifat yang tidak ada bagi-Nya. , juga membahas tentang Utusan Tuhan untuk membuktikan keaslian pesan mereka.

5. Ruang lingkup pembahasan ilmu kata mencakup banyak hal, salah satunya adalah Spiritual, mohon dijabarkan!

Menjawab:

Spiritual yaitu pembahasan segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia metafisik, seperti malaikat, jin, setan, setan, makhluk halus, dan lain-lain.

*) Penyangkalan:

Jawaban-jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar anak.

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya ada beberapa jawaban yang tidak tetap di atas.

(Tribunnews.com/Ifan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *