Ridwan Kamil Diberi Gelar Doktor Honoris Causa oleh University of Glasgow

Tribunnews.com Laporan Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali mendapat pengakuan internasional.

Kali ini, pria bernama Kang Emil mendapat gelar kehormatan dari Universitas Glasgow. 

Gelar ini diberikan oleh salah satu universitas terbaik di dunia atas kepemimpinan dan inovasi di bawah kepemimpinan Kang Emil.

Termasuk saat RK menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. 

Dalam keterangan yang dikeluarkan Universitas Glasgow untuk menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada Ridwan Kamil, Universitas Glasgow menyebut pria yang akrab disapa RK itu merupakan sosok yang memiliki banyak talenta. 

RK dikenal sebagai sosok pemimpin yang visioner, pemimpin yang penyayang dan penyayang serta sosok yang tak kenal lelah memperjuangkan pembangunan masyarakat. 

“Perjalanannya dimulai di kota Bandung,” kata Wakil Rektor dan Wakil Rektor Universitas Glasgow Frank Coton, Rabu (6/12/2024).

Setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ridwan Kamil memulai karirnya sebagai insinyur konstruksi dengan bekerja di salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Amerika Serikat. 

Suami Atalia Praratya ini melanjutkan studinya di University of California dan meraih gelar master di bidang desain perkotaan. 

Dalam pernyataannya, Universitas Glasgow menyinggung pengalaman RK sebagai arsitek di Hong Kong dan awal mula Urbane Indonesia. 

Urbane Indonesia adalah perusahaan konstruksi yang berbasis di Bandung. Dimama, Ridwan Kamil mendirikan Urbane Indonesia bersama rekan-rekannya. 

Menurut Universitas Glasgow, cakupan perusahaan konstruksi ini luas dan menarik. Bersama Urbane Indonesia, RK telah mengerjakan banyak proyek besar di dalam dan luar negeri. 

Hal ini termasuk proyek besar Marina Bay di Singapura, yang merupakan salah satu portofolio global terbesar Ridwan Kamil bersama Urbane Indonesia. 

Sadar akan situasi sosial masyarakat Indonesia, Ridwan Kamil tak segan-segan menggunakan keahliannya untuk membantu. 

“Beliau semakin dikenal sebagai ‘The People’s Architect’ karena proyek-proyek kesejahteraan bono yang menciptakan ruang-ruang publik di kawasan dengan lalu lintas tinggi di seluruh Indonesia,” kata Frank Coton. 

Ridwan Kamil dengan keinginan besarnya untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat, memutuskan untuk terjun ke dunia politik. 

Pada tahun 2013, ia mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) di kota Bandung. 

Meski tidak tergabung dalam partai mana pun dan hanya mengandalkan media sosial dan dari rumah ke rumah, Ridwan Kamil memperoleh 45% suara dan memenangkan pilkada.

Keberhasilannya memimpin Kota Bandung mengantarkannya pada pemilihan gubernur (pilgub) RK 2018 dan membuat kepercayaan masyarakat padanya memimpin Jawa Barat. 

Saat menjabat gubernur, Ridwan Kamil juga menghadapi situasi sulit di masa mewabahnya Covid-19. RK telah membuat banyak kemajuan untuk menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin. 

“Komitmen Anda terhadap pendidikan, keberlanjutan, dan keadilan sosial sungguh menginspirasi,” kata Frank Coton.

Diketahui, Ridwan Kamil merupakan satu dari sepuluh nama peraih gelar kehormatan dari Universitas Glasgow. 

Selain Kang Emil, masih banyak hero hebat lainnya yang mendapatkan gelar tersebut. Mereka berasal dari berbagai negara seperti Great Britain (UK), Ghana dan Australia. Ini termasuk Profesor Sir William Blair, Veronica Crosbie dan Brian McBride.

Mereka yang menerima gelar kehormatan tersebut berasal dari latar belakang ilmu yang berbeda-beda.

Melalui akun Instagramnya, Ridwan Kamil mengunggah sebelum dan sesudah menerima gelar kehormatan dari Universitas Glasgow. 

Menudingnya, ia menyebut prestasinya tak lepas dari kiprahnya sebagai seorang ibu. 

Ridwan Kamil menulis “Terima kasih Mac ibu dan ayah, apapun kekurangan anakmu, semoga Tuhan memberkati hidupmu, amin.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *