Jenderal Maruli Simanjuntak Sambangi Pentagon, Bahas Rencana Latihan Bersama dengan KSAD AS

Laporan jurnalis Tribunnews.com Geeta Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kepala Staf Umum (KSAD) TNI Jenderal Maruli Simanjuntak M.Sc. Kepala Staf Angkatan Darat AS (United States Army Chief of Staff) mengunjungi Jenderal Randy A. George pada Senin (20/05/2024) di Markas Besar Angkatan Darat AS, Pentagon, Virginia, Amerika Serikat.

TNI AD mengatakan kunjungan tersebut untuk mempererat kerja sama militer antara TNI AD dan militer AS.

Kunjungan tersebut juga bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral militer kedua negara serta membahas berbagai kerja sama strategis di bidang pertahanan.

TNI AD menyebut ini merupakan pertemuan pertama keduanya di Pentagon setelah Jenderal Maruli menjabat KSAD.

Salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah rencana penyelenggaraan dan peningkatan pelatihan gabungan (LATMA) dan pertukaran personel militer di bidang pendidikan.

Melalui program ini diharapkan kemampuan operasional dan taktis pasukan kedua belah pihak dapat terus ditingkatkan.

Kedua jenderal tersebut mengatakan latihan bersama dan pertukaran personel mampu memperkuat kemitraan strategis dan keamanan di kawasan Pasifik.

Dalam kesempatan tersebut, Maruli mengucapkan terima kasih kepada Jenderal Randi dan jajarannya atas sambutan hangat yang mereka terima.

Maruli juga memuji kerja sama militer kedua negara yang sangat baik selama ini.

Sementara itu, Jenderal Randy kembali menegaskan komitmen Amerika untuk terus mendukung Indonesia meningkatkan kemampuan pertahanannya. Pihaknya juga menyatakan sangat mengapresiasi hubungan erat antara militer AS dan militer Indonesia selama ini.

“Secara umum kerja sama ini tidak hanya bermanfaat bagi kedua negara, tetapi juga sangat penting bagi stabilitas dan keamanan kawasan secara keseluruhan,” kata Randi dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Selasa (21/05). /2024).

TNI AD mengatakan kunjungan dinas tersebut merupakan bagian dari upaya TNI AD untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kapasitas operasional melalui kerja sama internasional.

TNI AD meyakini dengan terjalinnya kerja sama yang erat dapat tercipta hubungan yang saling menguntungkan yang tentunya akan berdampak pada perdamaian dan stabilitas keamanan global.

Dalam kunjungan tersebut, Maruli didampingi Irjen Asintel dan Aslog KSAD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *