Kegagalan Iran Melindungi Ismail Haniyeh dari Serangan Bisa Mendorong Teheran untuk Ambil Tindakan

Kegagalan Iran melindungi Ismail Haniyeh mungkin mendorong Teheran untuk bertindak

TRIBUNNEWS.COM- Kegagalan Iran melindungi Ismail Haniyeh mungkin mendorong Teheran untuk bertindak.

Abbas Aslani, seorang peneliti di Pusat Studi Strategis Timur Tengah di Teheran, sebelumnya berbicara kepada Al-Jazeera tentang implikasi keamanan bagi Iran setelah pembunuhan pemimpin politik Hamas Haniyeh di ibu kota negara tersebut.

“Apa yang terjadi di Teheran adalah hal buruk bagi aparat keamanan Iran… dan itulah mengapa Iran merasa berkewajiban untuk menanggapinya,” kata Aslani kepada Al Jazeera.

“Ini bukan kabar baik bagi pasukan keamanan di Teheran,” kata Aslani.

“Jadi saya pikir pembalasan atau tanggapan dari pihak Iran mungkin tidak bisa dihindari…tapi saya tidak yakin dengan kualitasnya [respons apa pun],” katanya.

“Saya kira masih perlu dikonfirmasi,” imbuhnya.

Namun, dari sudut pandang keamanan, ini sangat penting bagi Iran. Serangan udara menargetkan Nye pada dini hari.

Media di Iran melaporkan bahwa pemimpin Hamas terbunuh oleh “rudal berpemandu udara” yang menghantam kediamannya di utara ibu kota Teheran.

Menurut laporan, serangan itu terjadi sekitar pukul 02:00 waktu setempat pada hari Selasa) di sebuah kediaman yang diperuntukkan bagi veteran militer di utara kota. Pengingat bagi seluruh warga, semuanya adalah tujuan di Israel

Pembunuhan Haniyeh sekali lagi menjadi pengingat bagi seluruh warga Palestina bahwa mereka semua adalah sasaran Zionis Israel.

Dan dari sudut pandang Palestina, dalam konteks perang ini, Israel tidak berhenti – mereka menyerang di mana saja, kapan saja mereka bisa.

Ada perasaan di kalangan rakyat Palestina bahwa satu-satunya respons logis adalah bersatu dan menghadirkan pendekatan politik yang berbeda.

Kini muncul pertanyaan, mampukah faksi-faksi Palestina bangkit dan menghadirkan pendekatan berbeda kepada publik Palestina?

Sejauh ini, pihak-pihak tersebut belum mampu mencapai kesepakatan persatuan yang sesungguhnya. Sentimen yang populer adalah bahwa alih-alih berbicara tentang persatuan, orang-orang Palestina seharusnya mewujudkannya dan membentuk pemerintahan konsensus dan menghadapi perang ini bersama-sama. Hal ini sangat sulit untuk dicapai. Karena berbagai alasan – termasuk tekanan eksternal.

Ingatlah bahwa ada banyak veto yang menentang persatuan Palestina.

Di satu sisi, Amerika Serikat mengklasifikasikan Hamas sebagai kelompok teroris dan menekan Mahmoud Abbas untuk tidak memasukkan dia ke dalam pemerintahan persatuan jika dia ingin menerima uang. Dan uang sangat terbatas bagi Otoritas Palestina karena Israel mengambil sebagian besar pendapatannya dari Hamas. pajak dan bergantung pada bantuan keuangan.

Oleh karena itu, di satu sisi, Otoritas Palestina membutuhkan semua dukungan Barat yang dapat diperolehnya, dan di sisi lain, Otoritas Palestina gagal mempertahankan harapan rakyat untuk mencapai persatuan dan bertindak sebagai front persatuan untuk menghadapi perang dan mengakhirinya. . apa yang orang Palestina lihat sebagai genosida disiarkan langsung di depan mata mereka di Gaza, namun juga di Tepi Barat yang diduduki. Mahmoud Abbas mengutuk pembunuhan Haniyeh

Mahmoud Abbas mengutuk pembunuhan Ismail Haniyeh, menyerukan Palestina untuk bersatu.

Pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh tewas dalam dugaan upaya pembunuhan Israel di ibu kota Iran, Teheran, menurut pernyataan dari organisasi Palestina.

Presiden Otoritas Palestina, Abu Mazen, mengeluarkan pernyataan yang mengutuk keras serangan tersebut, menyebutnya sebagai tindakan pengecut dan perkembangan yang berbahaya.

Ia juga mengimbau masyarakat Palestina untuk bersatu dan bersabar serta tegas dalam menghadapi pendudukan Israel.

Presiden Palestina Abbas “mengutuk keras” pembunuhan pemimpin Hamas Haniyeh

Presiden Palestina Abu Mazen “mengutuk keras” pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dalam serangan Israel terhadap kediamannya di Teheran, kantor berita Palestina WAFA melaporkan pada hari Rabu.

“Presiden Abu Mazen dari Negara Palestina mengutuk keras pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, dan menganggapnya sebagai tindakan pengecut dan eskalasi serius,” kata kantor Abbas dalam sebuah pernyataan.

“Dia memerintahkan rakyat dan pasukan mereka untuk bersatu, tetap bersabar dan berdiri teguh melawan pendudukan Israel.”

Dalam sebuah pernyataan kepada Al Arabiya, penasihat presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan: “Pembunuhan Ismail Haniyeh adalah kejahatan baru Israel. Kami mendukung Hamas dan sekarang kami harus bersatu.”

Dalam pernyataan terpisah, Hamas berduka atas kematian Haniyeh, yang dikatakannya tewas dalam “serangan Zionis yang berbahaya terhadap kediamannya di Teheran.”

Pengawal Revolusi Paramiliter Iran juga mengonfirmasi kematian seorang pemimpin Hamas di Teheran saat menghadiri pelantikan presiden baru negara itu.

Haniyeh berada di Teheran untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden Iran Masoud Pazhkian pada hari Selasa, dan terbunuh bersama salah satu pengawalnya.

“Kediaman Ismail Haniyeh, kepala kantor politik Perlawanan Islam Hamas, diserang di Teheran, dan akibat insiden ini, dia dan salah satu pengawalnya terbunuh,” kata pernyataan Korps Garda Revolusi Islam. . . Situs berita Spah.

Garda Nasional mengatakan serangan itu sedang diselidiki.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, namun kecurigaan segera tertuju pada Israel, yang telah bersumpah untuk membunuh Haniyeh dan para pemimpin Hamas lainnya sebagai antisipasi serangan kelompok tersebut pada 7 Oktober terhadap Israel, yang menewaskan 1.200 orang dan menyebabkan sekitar 250 sandera lainnya.

Haniyeh dan salah satu pengawalnya terbunuh

Ismail Haniyeh dan salah satu pengawalnya terbunuh setelah kediaman mereka menjadi sasaran di Teheran, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Garda Revolusi.

“Menyampaikan belasungkawa kepada kepahlawanan bangsa Palestina dan bangsa Islam serta kepada para pejuang front perlawanan dan bangsa Iran yang mulia, pagi ini (Rabu) dari kediaman Bapak Dr. Ismail Haniyeh, Kepala Kantor Politik Palestina Perlawanan Islam, Hamas, diserang di Teheran, dan setelah kejadian ini, dia dan salah satu pengawalnya terbunuh,” kata pernyataan itu.

Investigasi lebih lanjut atas insiden ini sedang berlangsung.

Hamas mengatakan Haniyeh terbunuh “dalam serangan udara Zionis di kediamannya di Teheran” setelah menghadiri pertunjukan Presiden Iran Masoud Pazhakian pada hari Selasa.

“Hamas mendeklarasikan kepada rakyat besar Palestina dan rakyat negara-negara Arab dan Islam, serta kepada seluruh rakyat merdeka di dunia, pemimpin Ismail Ismail Haniyeh sebagai seorang syahid,” kata Hamas dalam sebuah pernyataan, menurut laporan AP.

Dalam pernyataan lain, kelompok tersebut mengutip Haniyeh yang mengatakan bahwa perjuangan Palestina memiliki “biaya” dan “kami siap menanggung biaya ini: kemartiran demi Palestina, demi Tuhan Yang Maha Kuasa, dan demi kehormatan bangsa ini.”

Di Tepi Barat, Presiden Palestina Abu Mazen mengutuk pembunuhan Haniyeh, dan menyebutnya sebagai “tindakan pengecut dan perkembangan yang berbahaya”.

Faksi politik di wilayah pendudukan menyerukan pemogokan untuk memprotes pembunuhan tersebut.

Dalam perang Israel melawan Hamas sejak serangan Oktober, lebih dari 39.360 warga Palestina tewas dan lebih dari 90.900 orang terluka, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang perhitungannya tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan.

Sumber: Al Jazeera, Al Arabiya, Tehran Times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *