China Dukung Iran Serang Israel, Pengamat: Tiongkok Makin Dekat dengan Kubu Pro-Perlawanan

TRIBUNNEWS.com – China menyatakan dukungannya terhadap Iran untuk mempertahankan “kedaulatan, keamanan, dan kebanggaan nasional” setelah kematian Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi memberitahu Penjabat Menteri Luar Negeri Iran Ali Bagheri Kani melalui telepon pada Minggu (8/11/2024).

Dalam panggilan tersebut, Wang menekankan bahwa Beijing mengutuk pembunuhan Haniyeh di Teheran pada 31 Juli 2024.

Wang mengatakan Beijing memandang serangan itu sebagai pelanggaran kedaulatan Iran dan ancaman terhadap stabilitas regional.

Berbicara kepada Kanye, Wang mengatakan pembunuhan Haniyeh “secara langsung merusak proses negosiasi gencatan senjata di Gaza dan merusak perdamaian dan stabilitas regional,” Reuters mengutip pernyataan Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Iran dan Hamas diketahui menyalahkan Israel atas serangan terhadap Haniya.

Namun, Israel tidak mengaku atau menyangkal bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Namun, Iran berjanji akan “menghukum berat Israel” atas pembunuhan Haniya.

Terkait hal ini, Wang mengatakan China mendukung segala tindakan yang diambil Iran untuk melindungi kedaulatan dan keamanannya, termasuk menanggapi Israel yang membunuh pemimpin Hamas.

“Tiongkok mendukung Iran dalam upayanya menegakkan kedaulatan, keamanan, dan harga diri nasional sesuai dengan hukum, serta menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan,” tambahnya.

“Kami (China) juga siap menjaga hubungan dekat dengan Iran,” jelas Wang.

Mengenai pernyataan Wang, Ramzi Baroud, peneliti senior non-residen di Center for Islam and Global Affairs (CIGA), menilai Tiongkok belum secara jelas menyatakan dukungannya.

Hal ini, menurut Baroud, terlihat dari tidak adanya kata “menahan diri” atau “mencegah eskalasi lebih lanjut” dari pernyataan Wang.

Lebih lanjut, Baroud melontarkan pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa kebijakan luar negeri Tiongkok selalu mengedepankan kehati-hatian.

“Posisi resmi Tiongkok tidak mencakup frasa seperti menahan diri atau mencegah eskalasi lebih lanjut. Hal ini sangat penting,” katanya pada Minggu, dikutip oleh surat kabar Palestine Chronicle.

“Mengingat sifat hati-hati dalam kebijakan luar negeri Tiongkok, Tiongkok belum secara terbuka menyatakan bahwa Iran berhak menyerang Israel sebagai respons terhadap pelanggaran kedaulatan Iran yang dilakukan Tel Aviv dengan membunuh pemimpin Hamas,” jelas Baroud.

Namun, Baroud menambahkan, jika merujuk pada pernyataan Wang, Tiongkok dapat yakin bahwa pihaknya bersedia menerima dan bahkan mendukung pembalasan Iran terhadap Israel.

Namun, jika kita mencermati pernyataan Wang, nampaknya Tiongkok bersedia mengakomodasi dan bahkan mendukung pembalasan Iran terhadap Israel.

Karena tindakan pembalasan ini dapat dilihat sebagai bagian dari upaya Iran untuk melindungi kedaulatan, keamanan, dan harga diri nasionalnya, jelas Barood merujuk pada pernyataan Wang.

Dia mengatakan perkembangan antara Iran dan Tiongkok menunjukkan dua hal.

Salah satunya menunjukkan bahwa Tiongkok semakin mendekati kubu pro-perlawanan di Timur Tengah.

Baroud yakin hubungan Tiongkok dengan kubu perlawanan dapat menggagalkan rencana AS di wilayah tersebut.

“Perkembangan ini menunjukkan dua hal: Pertama, Iran telah berhasil memobilisasi dukungan internasional yang cukup untuk respons yang diharapkan (serangan balasan) terhadap pembunuhan Haniyeh.”

Kedua, Tiongkok mendekati kubu perlawanan di Timur Tengah, yang tentunya akan menggagalkan rencana Washington di wilayah tersebut. Tiongkok juga mendukung pembalasan Iran terhadap Israel pada bulan April

Pada pertengahan April 2024, Wang Yi sebelumnya pernah mengatakan kepada mendiang Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdullahi, “Tiongkok menyatakan bahwa tindakan Iran (terhadap Israel) adalah tindakan membela diri.

Pada saat yang sama, Wang mengutuk serangan Israel terhadap kompleks konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024.

Sekadar informasi, seorang komandan senior Korps Garda Revolusi Iran tewas dalam serangan tersebut, sehingga Iran membalas Israel pada 13 April 2024.

Wang juga mengatakan Tiongkok menghormati keputusan Iran untuk tidak menargetkan negara-negara regional dan tetangga.

Kantor Berita Republik Islam Iran mengutip Wang yang mengatakan bahwa Iran “menangani situasi dengan baik dan melindungi kawasan dari kekacauan lebih lanjut dengan menjaga kedaulatan dan martabat.” Khamenei bersumpah akan membalas dendam terhadap Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei (X/Ayatollah Ali Khamenei/@khamenei_ir).

Ketegangan meningkat di Timur Tengah setelah Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menjanjikan “hukuman berat” kepada Israel sebagai tanggapan atas kematian Haniya.

Dalam pernyataannya pada Rabu (31/7/2024) dilansir Al Jazeera, Khamenei mengatakan, “Rezim kriminal dan teroris Zionis membunuh tamu-tamu tercinta di rumah kami (Iran) dan meninggalkan kami dalam keadaan berduka.”

Dia menambahkan: “Rezim Zionis juga membuka jalan bagi hukuman berat bagi dirinya sendiri.”

Khamenei menekankan bahwa adalah tugas Iran untuk membalas dendam atas pembunuhan Haniyeh.

Khamenei berkata: “Kami menganggap tugas kami untuk membalas darahnya (kemartiran Hania) dalam insiden pahit dan sulit di wilayah Republik Islam ini,” menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Haniya dan faksi-faksi Palestina.

Sekadar informasi, Haniyeh tewas dalam serangan di Teheran pada Rabu dini hari saat dalam perjalanan menghadiri pelantikan Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian.

Pelantikan Pezeshkian diketahui menjadi penampilan terakhir Haniyeh.

Selain Haniyeh, pengawalnya sekaligus wakil komandan Brigade Al-Qassam, Waseem Abu Shaaban, juga tewas dalam penyerangan tersebut.

Haniya dimakamkan di Qatar pada Jumat (8/2/2024).

Setelah pembunuhan Haniyeh, Hamas menunjuk Yahya Sinwar sebagai kepala Politbiro yang baru.

(Tribunnews.com/Pravitri Retno W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *