Ini 11 Cara Mengetahui Dia Chat dengan Siapa Saja di WhatsApp

TRIBUNNEWS.COM – WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Aplikasi perpesanan ini digunakan oleh jutaan orang setiap hari untuk berkomunikasi. WhatsApp juga merupakan aplikasi perpesanan yang digunakan masyarakat Indonesia baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun bisnis. 

Namun seiring dengan popularitasnya, banyak orang yang tetap penasaran dengan aktivitas chat seseorang, terutama ketika rasa penasaran atau curiga muncul. Meskipun WhatsApp menawarkan keamanan melalui enkripsi end-to-end, ada beberapa cara untuk mengetahui dengan siapa seseorang berkomunikasi. Nah, berikut 11 cara untuk mengetahui siapa saja yang dihubungi seseorang di WhatsApp.

1. Periksa terakhir terlihat (last seen)

Cara termudah untuk mengetahui apakah seseorang aktif di WhatsApp adalah dengan melihat fitur “Recently Seen”. Fitur ini menunjukkan kapan pengguna terakhir kali online di WhatsApp. Meskipun tidak secara langsung menyebutkan dengan siapa seseorang berkomunikasi, informasi ini dapat memberikan gambaran kapan seseorang aktif di aplikasi. Namun, penting untuk dicatat bahwa pengguna dapat menonaktifkan fitur ini di pengaturan privasi mereka. Jadi, Anda tidak bisa selalu mengandalkan cara ini.

2. Periksa status WhatsApp

Status WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berbagi teks, gambar atau video yang dapat dilihat oleh kontak mereka. Dengan memperhatikan siapa yang paling banyak membalas atau mengomentari status seseorang, Anda dapat mengetahui dengan siapa mereka paling sering berinteraksi. Seringkali, orang yang sering melihat atau merespons status adalah orang yang juga berkomunikasi dalam obrolan pribadi.

3. Gunakan WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp melalui komputer. Jika Anda dapat meminjam perangkat orang lain untuk sementara waktu, Anda dapat dengan mudah membuka WhatsApp Web dan memindai kode QR dari perangkat mereka. Ini memungkinkan Anda melihat semua pesan mereka langsung dari komputer Anda.

4. Lihat perubahan profil dan status

Beberapa pengguna WhatsApp kerap mengganti gambar profil atau statusnya. Mengamati perubahan ini dapat mengungkap dengan siapa mereka paling sering berinteraksi. Misalnya, jika mereka sering mengganti foto profil atau memposting status terkait orang tertentu, bisa jadi ini pertanda adanya komunikasi yang intens di antara mereka.

5. Periksa penggunaan data WhatsApp Anda

Anda dapat mengetahui berapa lama seseorang menggunakan WhatsApp dengan memeriksa penggunaan datanya. Jika Anda memiliki akses ke ponsel orang tersebut, buka pengaturan ponsel dan periksa penggunaan data aplikasi. Penggunaan data yang tinggi mungkin menandakan mereka sering mengirim pesan, gambar, atau video melalui WhatsApp.

6. Lihatlah grup WhatsApp

Jika Anda dan orang yang ingin Anda ketahui aktivitas chatnya berada dalam grup WhatsApp yang sama, Anda dapat menandai aktivitasnya di grup tersebut. Seseorang yang aktif di grup biasanya juga aktif di private chat. Dengan melihat frekuensi postingan mereka di grup, Anda bisa mengetahui kapan mereka sedang online dan kemungkinan berinteraksi dengan orang lain.

7. Gunakan fitur penyalinan pesan

WhatsApp memiliki fitur cadangan pesan yang secara otomatis menyimpan riwayat obrolan pengguna ke Google Drive atau iCloud. Jika Anda memiliki akses ke akun penyimpanan cloud seseorang, Anda dapat melihat salinan percakapannya. Namun, metode ini memerlukan akses tingkat tinggi dan mungkin melanggar privasi mereka, sehingga tidak disarankan tanpa persetujuan.

8. Gunakan program pemantauan

Ada banyak aplikasi pemantauan yang bisa digunakan untuk memantau aktivitas WhatsApp seseorang seperti aplikasi kontrol orang tua. Namun, aplikasi ini sering kali memerlukan akses ke perangkat target dan mungkin melanggar kebijakan privasi atau legalitas. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan aplikasi ini karena dapat menimbulkan masalah hukum jika digunakan tanpa izin.

9. Perhatikan notifikasi WhatsApp

Beberapa orang membiarkan notifikasi WhatsApp mereka tetap aktif. Dengan memperhatikan notifikasi yang muncul di layar kunci ponselnya, Anda bisa melihat siapa pengirim pesan tersebut. Meskipun pesannya tidak dapat dibaca sepenuhnya, setidaknya Anda dapat mengetahui siapa pengirim pesan tersebut, kapan saja.

10. Periksa riwayat panggilan di WhatsApp

Selain chat, WhatsApp juga menawarkan fitur panggilan suara dan video. Anda dapat mengetahui dengan siapa seseorang berbicara dengan melihat riwayat panggilannya di aplikasi WhatsApp. Riwayat ini mencatat setiap panggilan masuk dan keluar dan memberi Anda gambaran tentang dengan siapa Anda paling sering berkomunikasi.

11. Tanyakan langsung

Cara yang jujur ​​dan etis untuk mengetahui dengan siapa seseorang berkomunikasi adalah dengan bertanya secara langsung. Menciptakan komunikasi terbuka dan rasa saling percaya lebih sehat dibandingkan memantau aktivitas digital mereka. Jika ada kekhawatiran atau keraguan, diskusikan secara terbuka dengan yang bersangkutan.

Mengetahui dengan siapa seseorang berbicara di WhatsApp bisa menjadi topik sensitif. Meskipun ada banyak cara untuk memantau aktivitas mereka, penting untuk selalu mempertimbangkan aspek etika dan privasi. Jika Anda merasa perlu memantau aktivitas seseorang di WhatsApp, sebaiknya komunikasikan secara terbuka dan jujur.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara mengetahui siapa yang diajak bicara di WhatsApp, kunjungi PonselPintarInfo. Di sana Anda bisa menemukan panduan lengkap tentang cara memantau aktivitas WhatsApp seseorang dengan aman dan legal. 

Jangan lupa kunjungi PonselPintarInfo: Ini cara terbaru mengetahui chat pasanganmu dengan seseorang di WhatsApp, klik di sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *