Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 32-38 Kurikulum Merdeka: Uji Pengetahuan Akhir

TRIBUNNEWS.COM – Berikut kunci jawaban silabus sosiologi mandiri kelas 11 halaman 32-38.

Pada halaman 32-38, siswa diminta menjawab 10 pertanyaan.

Sebelum menjawab 10 pertanyaan, siswa harus mempelajari bab pertama.

Pertanyaan ini muncul dalam tes pengetahuan akhir. Kunci Jawaban Sosiologi Kelas 11 Halaman 32-38 Tes Pengetahuan Akhir Kurikulum Merdeka

1. Tunjukkan konsep kelompok sosial yang benar dengan memberi tanda centang pada kolom di bawah ini benar/salah!

A: Itu tercipta karena kita mempunyai kesamaan tujuan yang ingin kita capai bersama. (B) Anggota tidak saling mengenal atau berkomunikasi. (S) Bersifat sementara dan dibentuk oleh pengaruh luar. (S)

2. Perhatikan gambar selanjutnya!

Aksi dalam gambar tersebut pantas digolongkan sebagai kerumunan karena. . . .

A. Jumlah anggotanya banyakB. Tidak ada tujuan yang tunggal C. Keberadaannya bersifat sementara d. Tidak ada nilai dan norma sosial E. Dibuat karena pengaruh luar

Jawaban: c

3. Ucok mengikuti program pertukaran pelajar luar negeri. Dia harus beradaptasi dengan sekolah baru. Oleh karena itu, ia berusaha memahami budaya masyarakat setempat dengan membaca berbagai literatur, selalu menciptakan perasaan positif terhadap orang lain dan membina hubungan baik dengan teman-teman sekelasnya. Kondisi tersebut menunjukkan proses pembentukan kelompok dilakukan secara bertahap. . . .

A. NormaB. Formasi C. Storm D. Delay E. Aplikasi

Jawaban:B

4. Tariklah garis yang menghubungkan contoh kelompok sosial (X) dengan motivator pembentukan kelompok sosial (Y) pada tabel di bawah ini! Serikat pekerja mengambil tindakan dengan memutus kerja sama sepihak di dalam perusahaan. Siswa kelas XII mendaftar di lembaga pembinaan untuk ujian masuk perguruan tinggi. Himpunan Mahasiswa Aceh menyelenggarakan pertunjukan Tari Saman di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Pemuda Karang Taruna Desa Sampang merayakan Hari Kemerdekaan Nasional dengan memperebutkan piala.

A. Kesamaan kepentingan B. Kesamaan takdir c. Luas batang. Tempat Tinggal E. Minat yang serupa F. Ideologi yang serupa

Jawaban: 1-B, 2-A, 3-C, 4-D

5. Merupakan dasar pembagian kelompok internal dan eksternal. . . .

A. Ukuran anggota B. Identitas yang dimiliki bersama di antara anggota c. Kekuasaan atau pengaruh diterapkan. Tingkat keintiman antar anggota E. Pembagian kerja atau peran antar anggota

Jawaban:B

6. Perhatikan gambar selanjutnya!

Kegiatan pada gambar menunjukkan tahapan pengembangan tim. . . .

Menjawab:

Tim ini bisa menunjukkan hasil kerja yang baik. Situasi ini dibuktikan dengan hasil produk yang ditampilkan di kelas.

7. Organisasi adalah subkelompok yang bersifat birokratis. Centang () pernyataan yang sesuai dengan kriteria berikut! Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dapat digolongkan sebagai organisasi karena nilai, standar, dan sistem kerja yang terstruktur. Komponen-komponen tersebut dapat dilihat pada tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh kepala desa.  Fan club atau basis penggemar dapat digolongkan sebagai organisasi karena mempunyai jaringan yang luas dan memberikan informasi secara rutin mengenai aktivitas artisnya. Pramuka dapat dibagi menjadi beberapa organisasi karena mempunyai struktur kepengurusan pusat hingga daerah dan program kepemimpinan.

Jawaban : 1 dan 3 memenuhi kriteria.

8. Perhatikan infografis di bawah ini!

Berdasarkan informasi pada infografis, beri tanda centang pada rentang Benar/Salah!

Menjawab:

Penjelasan pada kolom kelompok usaha menunjukkan ciri-ciri kelompok sosial yang berhak menerima KUR (B).

UMKM, Gapoktan dan KUBE menunjukkan contoh kelompok sosial yang diidentifikasi berdasarkan kesamaan ukuran usaha. (S)

Perhatikan gambar di bawah ini untuk menjawab 9-10!

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa intimidasi di sekolah disebabkan oleh berbagai faktor. Menurut Juvita, kerusuhan di sekolah merupakan proses dinamis kelompok. Terdapat pembagian peran dalam hal risiko. Peran-peran tersebut antara lain intimidator, asisten, intimidator, praktisi, korban, pengembara, dan orang luar. Ancamannya adalah siswa yang tergolong pemimpin. Dia proaktif dan proaktif dalam perilaku berisiko. Asisten pelaku intimidasi juga aktif dalam melakukan intimidasi, namun cenderung mengikuti perintah. Pelapor adalah pihak yang hadir ketika ada permasalahan. Mereka mengejek para korban bahkan mengajak siswa lain untuk menonton. Bystander adalah seseorang yang mengetahui sesuatu sedang terjadi namun tampaknya tidak peduli.

9. Apakah Anda setuju dengan pernyataan peneliti bahwa risiko merupakan salah satu bentuk dinamika tim? 

A.Ya B.Tidak.

Sebutkan argumentasimu!

Menjawab:

Ya, kami setuju. Dinamika kelompok muncul dari hubungan sosial yang dibentuk oleh individu dan kelompok. Gagasan ini konsisten dengan temuan penelitian yang menunjukkan bahwa intimidasi bukanlah fenomena yang terisolasi antar individu. Namun, penindasan juga melibatkan orang-orang di sekitar kita, seperti pelaku penindasan, pelaku, korban, pengembang, dan pihak luar.

10. Apakah Anda setuju bahwa inframerah berikut efektif memutus rantai masalah ancaman yang dijelaskan para peneliti dalam artikel tersebut?

A.Ya B.Tidak. Sebutkan argumentasimu!

Menjawab:

Saya tidak setuju dengan Anda. 

Membaca menuntut siswa untuk mengembangkan keterampilan literasi dan pemahaman konsep-konsep yang berkaitan dengan pemecahan masalah yang mengancam. Pertanyaan pertama adalah bagaimana memutus rantai (meringankan masalah). Pada saat yang sama, infografis menunjukkan kemungkinan dan efektivitas petunjuk cara memprediksi (mencegah). Kedua, peneliti mempertimbangkan ancaman dalam konteks permasalahan sekolah (bukan dalam konteks Internet). Meskipun infografisnya berfokus pada pengelolaan ancaman online. Oleh karena itu, penyelesaian permasalahan ini memerlukan strategi yang berbeda. Ketiga, peneliti berpendapat bahwa bullying terjadi karena adanya orang-orang di lingkungan tersebut, seperti pembantu, pemaksa dan pihak luar. Artinya penanganan terhadap bullying harus memperhatikan peran serta pihak-pihak tersebut. Sementara Infografis menawarkan tips melindungi diri dari kejahatan digital.

Penafian:

Orang tua menggunakan jawaban di atas untuk memandu proses belajar anaknya saja.

– Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya masih banyak jawaban yang tidak tetap seperti di atas.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *