Menteri Kesayangan RI 1, Jika Bahlil Jadi Ketua Umum Golkar Intervensi Jokowi Tak Bisa Dibantah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengangkatan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sebagai calon utama Ketua Umum Partai Golkar menggantikan Airlangga Hartart dinilai sebagai bentuk intervensi Presiden Joko Widodo.

Ubedilah Badrun, sosiolog politik Universitas Nasional Jakarta (UNJ), mengatakan ada dua indikasi pengunduran diri Airlangga yang mencurigakan atas kegagalan Joko.

Jadi tanda campur tangan (penguasa) bukan hanya Airlangga yang melawan kekuasaan, tapi nama Bahlil adalah Ketum Golkar dan sekaligus Bahlil adalah menteri favorit Joko Widodo, itu tanda jelas adanya campur tangan, kata Ubed. ujarnya, Selasa (13/8/2024) saat diwawancarai Kompas TV.

Jika benar Bahlil terpilih sebagai Ketua Umum Golkar hasil munas akhir Agustus 2024, kata dia, tudingan adanya campur tangan tidak bisa dipungkiri lagi.

Ubed juga mengungkapkan, hal ini merupakan tanda berbahayanya demokrasi.

“Dalam situasi seperti ini, ada tanda-tanda berbahaya bagi demokrasi, apalagi proses demokrasi tidak berjalan dengan baik. Ini berbahaya di masa mendatang. Semakin banyak periode kekuasaan baru yang terus berlanjut, demokrasi menjadi tidak sehat, tidak ada lagi keseimbangan kekuasaan,” ujarnya. Idrus Marham mendukung Bahlil

Politisi senior Partai Golkar Idrus Marham mengungkapkan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia layak menjadi calon Ketua Umum Partai Golkar pengganti Airlangga Hartart.

Untuk mendukung tuntutan Ketum Golkar tersebut, Idrus menunjukkan Surat Keputusan (SC) tentang kepemimpinan Bahlil sebagai anggota Partai Golkar.

Pada masa kepemimpinan Aburizal Bakrie, Bahlil Golkar merupakan Bendahara DPD Papua.

Dengan demikian, Bahlil memenuhi syarat untuk menjadi pengurus DPP 1 kali atau pengurus DPD 1 Golkar sebagai calon ketua umum.

“Waktu saya sekjen dan ketua umum, Aburizal Bakrie bekerja, kami pernah menjadi bendahara DPD 1 Partai Golkar di Provinsi Papua,” kata Idrus dalam jumpa pers di kawasan Matraman, Jakarta, Selasa (13/8). . /2024).

Idrus pun membantah anggapan Bahlil tak memenuhi syarat calon ketua umum partai berlambang pisang itu.

“Iya, Saudara Bahlil memenuhi syarat, secara organisasi, jadi kalaupun kita bandingkan dengan kader yang ada, sebenarnya Saudara Bahlil adalah kader plus,” kata Idrus.

Mantan Menteri Sosial itu juga mengatakan, Bahl punya pengalaman memimpin Golkar karena memahami kepemimpinan di tingkat daerah.

Bahl sebenarnya dikatakan memiliki peluang besar.

“Hal lainnya, dia tampil sebagai kader Golkar yang bisa berbisnis dimanapun, dia menjadi pengusaha, dia menjadi ketua umum HIPMI dan seterusnya, kemudian dia aktif sebagai pimpinan HMI, kemudian sebagai pekerja muda. . ketua. ada nilai plusnya dari masjid ini, oh. Tanyakan pada yang lain yang sudah melalui prosesnya, kata Idrus.

Bahlil juga menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kemauannya sendiri, bukan atas usulan partai politik.

Artinya modal sosialnya banyak sekali, selain di Golkar sekarang jadi Menteri Investasi, dan memang kalau jadi Menteri Investasi itu karena profesional, bukan karena Golkar, jelas Golkar kepada Bappil. ketua dewan. Dewan Penasehat. Dewan direksi. Profil Bahlia Lahadalia

Bahlil Lahadalia adalah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kelahiran Maluku Utara.

Sebelumnya, Bahlil Lahadalia merupakan anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tingkat daerah, provinsi, dan pusat.

Setelah mendapatkan pengalaman kerja di berbagai organisasi, Bahlil memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri.

Dikutip dari website Kementerian Investasi/BKPM, Bahlil Lahadalia membuka kemungkinan membuka usaha di Papua.

Memiliki 10 perusahaan di berbagai bidang di bawah bendera PT Rifa Capital sebagai holding company. Dia adalah seorang konduktor

Jauh sebelum menduduki jabatannya saat ini, Bahlia adalah seorang kondektur dan pengelola angkutan umum.

Dikutip dari TribunnewsWiki.com, Memiliki sifat mandiri sejak Sekolah Dasar (SD).

Saat itu, Bahlil membantu keluarganya.

Diketahui, ayahnya saat itu adalah seorang kuli bangunan sedangkan ibunya adalah seorang tukang cuci.

Semasa kuliah, Bahlil juga bekerja sebagai pemasar asuransi.

Beliau juga merupakan pegawai kontrak di Sucofindo.

Setelah lulus kuliah, Bahlil Lahadalia dan kawan-kawan memulai sebuah perusahaan.

Kami memulai dari perusahaan konsultan keuangan dan teknologi informasi (IT).

Peran Bahlil di perusahaan tersebut adalah direktur wilayah Papua.

Hingga Bahlil Lahadalia memutuskan keluar dari perusahaan. Ketua HIPMI periode 2015-2019

Pada tahun 2015, Bahlil diangkat menjadi Ketua HIPMI periode 2015-2019.

Beliau juga memimpin delegasi perdagangan pengusaha muda ke Jepang pada tahun 2016 dan ke Eropa pada tahun 2018 (HIPMI-Europe Trade Mission 2018). Pendidikan Bahlil Lahadalia

Semasa kecil, Bahlil Lahadalia mengenyam pendidikan di Maluku.

Ia bersekolah di SD N 1 Seram Timur dan SMP N 1 Seram Timur.

Sebelum pindah ke Fakfak, Bahlil melanjutkan sekolahnya di SMA Fakfak di YAPI.

Bahlil kemudian melanjutkan pendidikan tingginya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay di Jayapura, Papua.

Di bangku kuliah, Bahlil Lahadalia juga dikenal sebagai aktivis. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ditemui pada Kamis (27/06/2024) di Kantor Kementerian Investasi/BKPM di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. (Endrapta Pramudhiaz)

Pada semester ketiga, Bahlil Lahadalia menjadi ketua senat mahasiswa.

Bahkan, ia beberapa kali dipenjara karena ikut demonstrasi pada 1997-1998. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *