Kanada Pungut Tarif 100% untuk Impor Mobil Listrik Cina

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Senin (26/8) mengumumkan kenaikan bea masuk sebesar 100% atas impor kendaraan listrik buatan China menyusul keputusan Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa (UE). tarif serupa. bea masuk.

Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap apa yang disebut Kanada sebagai upaya perusahaan-perusahaan Tiongkok untuk menciptakan kelebihan pasokan global. PM Kanada: Tiongkok tidak bermain dengan aturan yang sama

“Pemain seperti Tiongkok telah memilih untuk memberikan diri mereka keuntungan yang tidak adil dengan membanjiri pasar global,” kata Trudeau pada pertemuan kabinet di Halifax, Nova Scotia.

Ottawa juga akan mengenakan tarif 25% pada impor baja dan aluminium dari Beijing, tambah Trudeau. Pungutan tersebut dilakukan setelah konsultasi publik selama 30 hari mengenai kendaraan listrik Tiongkok dan produk terkait.

“Saya pikir kita semua tahu bahwa Tiongkok tidak menerapkan aturan yang sama,” kata Trudeau.

“Hal terpenting dalam hal ini adalah kita melakukannya secara harmonis dan paralel dengan perekonomian lain di seluruh dunia,” katanya.

Ottawa sedang mencoba memposisikan Kanada sebagai bagian penting dari rantai pasokan mobil listrik global dan menghadapi tekanan domestik untuk bertindak melawan Tiongkok. Untuk memperkuat pusat manufakturnya, Kanada telah menandatangani kontrak senilai miliaran dolar dengan produsen mobil Eropa di semua tahap rantai pasokan. Tiongkok tidak senang

Tarif 100% Kanada terhadap kendaraan Tiongkok telah menimbulkan “ketidakpuasan mendalam” dari kedutaan besar Tiongkok di Beijing.

“Keputusan ini tipikal proteksionisme perdagangan dan keputusan bermotif politik,” kata kedutaan dalam pernyataan di situs resminya.

“Hal ini akan merugikan perdagangan dan kerja sama ekonomi antara Tiongkok dan Kanada, merugikan kepentingan konsumen dan dunia usaha Kanada, serta memperlambat transisi ekologi Kanada.” Respons terhadap “ancaman ekstrem”

Dalam beberapa bulan terakhir, baik AS dan UE telah memberlakukan kenaikan bea masuk pada mobil listrik dari Tiongkok, masing-masing sebesar 100% dan 38%.

Pada konferensi pers di Halifax, di pantai Atlantik Kanada, Trudeau mengatakan kelebihan produksi kendaraan listrik di Tiongkok dan subsidi besar-besaran kepada industri otomotif “memaksa kita untuk bertindak.”

“Kecuali jika kita ingin turun, kita harus naik, dan itulah yang kita lakukan,” kata Trudeau. Pemerintah Kanada menyebut kenaikan tarif tersebut sebagai respons terhadap “ancaman ekstrim.”

Beijing mengancam akan melakukan pembalasan terhadap tingginya bea masuk yang diberlakukan oleh Brussel, yang dapat berdampak pada Jerman.

Jerman, pasar utama Tiongkok, abstain dalam pemungutan suara pada bulan Juli ketika anggota Uni Eropa memberlakukan tarif sementara pada kendaraan buatan Tiongkok.

Produsen mobil Jerman, yang menyumbang sepertiga penjualan mereka di Tiongkok pada tahun lalu, sangat khawatir dengan dampak kenaikan tarif impor. Berlin sedang berusaha mencapai konsensus yang akan membuat langkah-langkah tarif awal ini dicabut.

Kp/ha (AP, Reuters)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *