Kunci Jawaban IPS Kelas 7 SMP Halaman 181: Aktivitas Kelompok

TRIBUNNEWS.COM – Di bawah ini adalah kunci jawaban SMP Kelas 7 Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Halaman 181 tentang Kewirausahaan.

Pada halaman 181 kegiatan kelompok terdapat soal esai yang hanya terdiri dari 4 paragraf.

Walaupun sudah ada kunci jawabannya, namun ada baiknya siswa mengerjakan soal terlebih dahulu.

Kunci jawaban ini hanya sebagai perbandingan atau alat bagi orang tua dalam membimbing putra-putrinya dalam menempuh pendidikan.

Kegiatan Kelompok Soal Esai Ilmu Pengetahuan Sosial

1. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang berkontribusi terhadap munculnya jiwa kewirausahaan?

Jawaban : Punya keinginan untuk bertahan hidup Punya keinginan untuk memperbaiki kehidupan Punya keinginan untuk menjadi seorang wirausaha.

2. Apa hubungan lemahnya jiwa kewirausahaan dengan produktivitas yang tidak kompetitif?

Menjawab:

Ketika jiwa wirausaha lemah, maka hasil produksi tidak mampu bersaing di pasar.

Hal ini terjadi sebagai akibat dari menurunnya produktivitas tenaga kerja dan menurunnya kualitas produk yang dihasilkan, penurunan tersebut tidak serta merta membawa hasil produksi tersebut bersaing.

3. Apakah kolonialisme negara-negara Barat berdampak pada rendahnya harga diri dan apakah rendahnya harga diri tersebut berdampak pada semangat berwirausaha?

Menjawab:

Ya, itu berpengaruh.

Penjajahan yang dilakukan oleh negara-negara Barat telah berdampak pada rendahnya harga diri masyarakat Indonesia, sehingga banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa negara-negara Barat lebih baik dari bangsanya sendiri.

Hal inilah yang mempengaruhi semangat berwirausaha. Jika seorang pengusaha mempunyai sikap seperti ini, ia sering kali menyerah dalam menjalankan bisnisnya.

Selanjutnya, sikap harga diri yang rendah mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang pada akhirnya mempengaruhi produktivitas usaha.

4. Bangsa Indonesia adalah negara yang sebagian besar penduduknya masih bergerak di bidang pertanian dan perkebunan. Apa saja peluang bisnis di bidang pertanian dan perkebunan di Indonesia?

Menjawab:

Pengusaha di bidang pertanian dan perkebunan di Indonesia mempunyai peluang yang besar. Oleh karena itu, kedua bidang ini menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia yang membutuhkannya setiap hari.

Misalnya saja hasil perkebunan berupa kopi. Pengusaha bisa mengolah kopi ini menjadi produk menarik seperti kopi kemasan yang bisa dijual ke luar negeri.

(Tribunnews.com/Bangkit N)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *