Puluhan Tentara Korea Utara Lintasi Perbatasan, Korea Selatan Lepaskan Tembakan Peringatan

TRIBUNNEWS.COM, Korea – Ketegangan kembali terjadi di Semenanjung Korea.

Dulu, Korea Utara pernah mengirimkan balon udara berisi tanah ke Korea Selatan.

Tentara Korea Utara kini telah melintasi perbatasan dan melepaskan tembakan peringatan ke Korea Selatan.

Korea Utara telah memperkuat perbatasannya sejak membatalkan perjanjian militer dengan Korea Selatan pada November lalu.

Militer Korea Selatan mengumumkan 20 hingga 30 tentara Korea Utara melintasi perbatasan kedua negara pada Selasa pagi (18 Juni 2024).

Namun, pasukan Korea Utara kembali turun ke lapangan setelah pasukan Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 waktu setempat ketika sekelompok tentara Korea Utara melintasi Garis Demarkasi Militer di tengah Zona Demiliterisasi (DMZ).

Hal ini dilansir kantor berita Yonhap, merujuk pada publikasi Kepala Staf Gabungan AS (JCS).

JCS mengatakan kelompok itu kembali tak lama setelah tentara Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan, dan mengatakan mereka yakin penyeberangan itu tidak disengaja.

Kejadian serupa terjadi lebih dari seminggu lalu di zona tengah DMZ.

Militer Korea Selatan juga mengatakan beberapa tentara Korea Utara terluka atau tewas akibat ranjau darat di kawasan perbatasan, namun tidak menyebutkan kapan kejadian tersebut terjadi.

DMZ dan Garis Kontrol di Semenanjung Korea adalah salah satu perbatasan yang dijaga paling ketat di dunia.

JCS mengatakan kepada wartawan: “Banyak korban jiwa terjadi di daerah garis depan akibat ledakan ranjau darat.

Korea Utara mengumumkan pada bulan November bahwa mereka membatalkan perjanjian militer tahun 2018 dengan Seoul dan memindahkan lebih banyak pasukan dan peralatan ke perbatasan setelah Korea Selatan membatalkan sebagian perjanjian tersebut sebagai tanggapan atas keberhasilan peluncuran satelit pertamanya oleh Pyongyang.

Aktivitas di wilayah tersebut meningkat sejak JCS mengatakan Korea Utara telah mematikan lampu jalan dan rel kereta api, memasang penghalang anti-tank dan memasang ranjau untuk menciptakan “lahan terlantar guna meningkatkan kemampuan keamanan”.

Selamat datang Vladimir Putin

Insiden terbaru terjadi saat pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersiap menyambut kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Pyongyang.

Dalam sebuah surat yang diterbitkan hari Selasa oleh surat kabar Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara, Rodong Sinmun, Putin mengatakan kedua negara telah membangun hubungan baik dan kemitraan selama 70 tahun terakhir.

“Kami akan mengembangkan mekanisme perdagangan alternatif dan penyelesaian bersama yang tidak dikendalikan oleh Barat, dan bersama-sama kami akan melawan pembatasan sepihak yang ilegal,” tulis Putin.

Dan pada saat yang sama, kami membangun arsitektur keamanan yang setara dan tidak dapat dipisahkan di Eurasia.”

Putin dan Kim terakhir kali bertemu September lalu di Rusia timur.

Sumber: Berita Al Jazeera/Yonhap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *