Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 228: Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI

TRIBUNNEWS.COM – Artikel ini menyediakan Kunci Jawaban Silabus PKN Kelas 10 2013 di Halaman 228.

Materi PKN ini membahas tentang konsep-konsep Kepulauan dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebelum melihat kunci jawabannya, siswa diminta menjawab pertanyaan dan pertanyaan terlebih dahulu sebagai bagian dari pembelajarannya.

Kunci Jawaban Mata Pelajaran Silabus PKN Kelas 10 2013 yang diberikan pada artikel ini dapat menjadi referensi belajar atau panduan bagi siswa. Kunci Jawaban PKN Kelas 10 Halaman 228 Silabus 2013

1. Wawasan Nusantara merupakan pandangan dan cara pandang kritis masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungan hidup berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menjawab:

Dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia, Wawasan Nusantara merupakan konsep nasional negara Indonesia dan mewakili nusantara sebagai satu kesatuan.

Oleh karena itu, Wawasan Nusantara sangat penting dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia, karena merupakan pedoman yang mendasari cara berpikir, berperilaku, dan bertindak dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bermasyarakat.

2. Konsep nusantara sebagai visi nasional menjadikan negara Indonesia sebagai negara yang wilayahnya tunggal dan utuh. Berdasarkan hal tersebut jelaskan kedudukan, fungsi dan tujuan konsep Wawasan Nusantara bagi negara Indonesia!

Menjawab:

Posisinya, Wavasan Nusantara diposisikan sebagai perspektif negara. Sesuai konsepsi nusantara, visi negara Indonesia adalah menjadi negara kesatuan wilayah dan berdaulat serta merupakan salah satu konsep ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal ini menjadi landasan visioner bagi penyelenggaraan kehidupan berbangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara baik bagi pemerintah pusat, daerah, maupun bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tujuannya adalah untuk menerapkan nasionalisme yang tinggi dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia, dengan mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan individu, golongan, suku atau daerah.

3. Stabilitas nasional terutama bergantung pada kemampuan negara dan negara dalam memanfaatkan sumber daya alam secara efektif. Jelaskan aspek trigatra Vavasan Nusantara!

Menjawab:

Aspek Trigatra Wawasan Nusantara :

1) Letak dan bentuk geografis Indonesia, terletak pada 6 Lintang Utara – 11 Lintang Selatan, 95 Bujur Timur – 141 Bujur Timur.

2) Kondisi dan kemampuan penduduk, kemampuan penduduk yang tidak sesuai dengan pertumbuhan penduduk dapat menimbulkan ancaman terhadap pertahanan negara.

3) Kondisi alam dan kekayaan yang terbatas jumlahnya dan tidak merata dapat menimbulkan ketergantungan terhadap negara lain dan negara lain.

4. Stabilitas nasional bergantung pada kemampuan negara dalam mengubah situasi dinamis menjadi kekuatan dalam mengatur kehidupan nasional. Berdasarkan hal tersebut jelaskan aspek pankagatra dalam Vavasan Nusantara!

Menjawab:

Pankagatra Aspek Wawasan Nusantara :

1) Ideologi

Ideologi adalah pengetahuan atau nilai-nilai dasar. Ideologi merupakan konsep mendalam tentang apa yang ingin dijalani dan diperjuangkan seseorang dalam kehidupan nyata.

2) Politik

Dalam konteks ini, kebijakan diartikan sebagai prinsip, arah, atau kebijakan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kewenangan.

3) Ekonomi

Kegiatan perekonomian adalah segala kegiatan pemerintah dan masyarakat untuk mengelola faktor-faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kepentingan rakyat.

4) Sosial budaya

Sosial budaya merupakan keadaan dinamis kebudayaan nasional yang mempunyai daya mengembangkan kekuatan nasional untuk melawan dan mengatasi ATHG yang mengancam stabilitas sosial Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

5) Pertahanan dan keamanan

Pertahanan dan keamanan diartikan sebagai keadaan dinamis kehidupan pertahanan dan keamanan bangsa Indonesia yang mempunyai kekuatan dan stabilitas untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam melawan dan mengalahkan ATHG.

5. Penyelenggaraan Wawasan Nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan masyarakat dan wilayah tanah air secara menyeluruh dan komprehensif. Jelaskan implementasi Wawasan Nusantara bidang IPLEKSOSBUDHANKAM bagi masyarakat Indonesia!

Menjawab:

1) Dalam kehidupan politik menciptakan lingkungan penyelenggaraan publik yang sehat dan dinamis. 

2) Dalam kehidupan perekonomian, kita menciptakan struktur perekonomian yang benar-benar menjamin terwujudnya dan berkembangnya kesejahteraan dan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata.

3) Dalam kehidupan bermasyarakat, kebudayaan menimbulkan sikap internal dan eksternal yang mengakui, menerima dan menghargai segala perbedaan atau keberagaman.

4) Pertahanan dan Keamanan dalam kehidupan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air dan negara, yang selanjutnya akan menumbuhkan sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia. 

*) Penafian:

– Kunci jawaban hanya digunakan sebagai acuan pembelajaran anak.

– Kunci jawaban di atas digunakan orang tua hanya untuk memandu proses belajar anaknya.

– Siswa hendaknya mengerjakan sendiri soal sebelum melihat kunci jawabannya.

(Tribunnews.com/Oktavia WW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *