Muncul Informasi NIK Sudah Terdaftar saat Daftar CPNS 2024, Berikut Solusinya

TRIBUNNEWS.COM: Berikut solusi jika muncul informasi “NIK sudah terdaftar” saat proses pendaftaran CPNS 2024.

Perlu diketahui, pendaftaran CPNS dibuka mulai 20 Agustus hingga 6 September 2024 dan dapat dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id.

Namun tak jarang beberapa calon menemui kendala saat mendaftar CPNS 2024.

Salah satunya masalah data pribadi seperti NIK KTP.

Apa jadinya jika muncul keterangan “NIK sudah terdaftar” saat proses pendaftaran CPNS 2024?

Berdasarkan informasi pada FAQ SCASSN BKN, untuk mengatasi kendala tersebut, penggugat dapat mengunjungi halaman pengaduan helpdesk-sscasn.bkn.go.id.

Selanjutnya, kandidat harus mengisi formulir yang disediakan.

“Masuk ke halaman SSCN Helpdesk di https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id. Kemudian pilih menu “NIK yang didaftarkan orang lain” dan isi formulir yang tersedia.” informasi di FAQ SCASSN BKN.

Selengkapnya beberapa kendala lain yang muncul saat mendaftar CPNS dan PPPK serta cara mengatasinya:

1. Data diri tidak ditemukan/tidak sesuai. Kandidat menghubungi Dinas Dukcapil kabupaten/kota masing-masing untuk melakukan konsolidasi data dan berkomunikasi dengan call center Halo Dukcapil, mengirimkan data dengan format sebagai berikut:

#NIK#Nama_lengkap#Nomor_kartu_keluarga#Nomor_telepon# Masalah

Pelayanan Klaim Dukcapil Direktorat Jenderal: Call Center: 1500537WA: 08118005373SMS: 08118005373E-mail: [email protected]: Direktorat Jenderal DukcapilTwitter: @ccdukcapilWebsite: www.dukcapil.kemendagri.go.id

2. Data tempat lahir tidak tersedia dalam referensi.

Data tempat lahir yang digunakan adalah untuk wilayah tingkat II (Kabupaten/Kota) pada saat lahir dan bukan data pemekaran wilayah atau nama kecamatan/kabupaten/desa saat ini.

Apabila tempat lahir yang tertera pada ijazah adalah nama kecamatan/kabupaten/desa, dituliskan nama daerah tingkat II (kabupaten/kota).

Harap pastikan bahwa rincian tempat lahir yang dimasukkan sudah benar.

Jika Anda masih memerlukan referensi tambahan (misalnya kelahiran di luar Indonesia), Anda dapat meminta data tempat lahir tambahan dengan masuk ke halaman helpdesk SCASN di https://helpdesk-sscasn.bkn.go id di Tempat lahir. Menu Tidak ditemukan.

3. Pendidikan tinggi tidak tersedia dalam referensi. Akses halaman Helpdesk SCASSN di https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id. Kemudian pilih menu “Universitas tidak ditemukan”. Isi formulir yang disediakan. Syarat mendaftar CPNS 2024

Bagi yang ingin mengikuti seleksi, berikut 10 syarat mendaftar CPNS 2024.

Persyaratan tersebut dikeluarkan sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) tentang Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 320 Tahun 2024 Tentang Mekanisme Seleksi Pengangkatan Pejabat Publik Tahun Anggaran 2024, sebagai berikut: Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar; Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih; Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan Saudara atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta; Tidak menjadi calon pegawai negeri sipil, pegawai negeri sipil, prajurit TNI, atau anggota Polri; Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik (partai politik) atau terlibat dalam praktik politik; Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan; Memiliki kompetensi yang ditunjukkan dengan sertifikasi keterampilan yang sah yang diterbitkan oleh lembaga profesi yang berwenang untuk jabatan yang diminta; Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar; Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia atau di negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah; Persyaratan lain berdasarkan kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh PPK.

(Tribunnews.com/Latifah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *