Hamas Mengatakan Tidak Ada Negosiasi Nyata untuk Dilaksanakannya Gencatan Senjata, Netanyahu Ogah

Hamas mengatakan tidak ada pembicaraan nyata mengenai gencatan senjata

TRIBUNNEWS.COM- Seorang pejabat senior Hamas mengatakan belum ada negosiasi nyata mengenai perjanjian gencatan senjata​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​Depan dengan Israel untuk mengakhiri perang di Gaza dan bertukar tahanan.

Khalil Al-Hayya, anggota biro politik yang membidangi urusan rekonsiliasi, mengatakan gerakan tersebut siap mencapai kesepakatan jika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menginginkannya.

Al-Hayya mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa Hamas ingin Israel menarik diri sepenuhnya dari Jalur Gaza, Philadelphia dan Netzarim.

“Netanyahu telah menegaskan bahwa tidak akan ada penarikan diri dari Netzarim dan Philadelphia, dan saya di sini untuk memperjelas bahwa tidak akan ada kesepakatan sampai ada penarikan penuh dari Jalur Gaza.”

Dia mengatakan Netanyahu ingin perang terus berlanjut dan tidak ingin mencapai kesepakatan. “Karena kontrak itu memiliki harga sebenarnya, dan dia tidak mau membayar harga itu.”

Pejabat Hamas mengkritik persyaratan baru Netanyahu, dan mencatat bahwa dalam proposalnya kepada para mediator, ia ingin mendeportasi 50 warga Palestina segera setelah mereka dibebaskan, namun jumlah tersebut meningkat menjadi 150 setelah tanggal 2 Juli.

Dia juga menjelaskan bahwa di antara persyaratan baru yang ditambahkan oleh Netanyahu, tidak ada tahanan Palestina yang menjalani hukuman seumur hidup yang akan dibebaskan meskipun mereka sakit atau tua, yang bertentangan dengan usulan Israel yang ada sebelumnya.

“Setiap saat, Netanyahu menerapkan situasi baru yang bertentangan dengan proposal yang dia buat, termasuk Philadelphia dan Netzarim,” kata Al-Hayya.

“Tidak akan ada kesepakatan sampai para tahanan Palestina dibebaskan, perang berakhir, dan pendudukan Israel dicabut, terutama dari Philadelphia.” Dia mencatat bahwa hambatan saat ini untuk mencapai kesepakatan sangat besar.

Ketika ditanya tentang enam tahanan Israel terakhir yang terbunuh, juru bicara Hamas menyalahkan negara pendudukan Israel atas pembunuhan tersebut.

“Enam tahanan dan tahanan yang tersisa dapat dibebaskan ke keluarga mereka sebagai bagian dari kesepakatan pertukaran nyata ketika mereka masih hidup, namun kelangsungan tentara pendudukan dan teroris pemerintah menjadi alasan orang-orang ini meninggal bersama dengan puluhan orang lainnya. Jumlah orang yang tewas langsung akibat pengeboman properti negara, beserta orang-orang yang duduk bersama mereka, melindungi dan tinggal bersama mereka.

Al-Hayya membenarkan bahwa beberapa tahanan dibunuh dengan “peluru tajam langsung”.

Dia menuduh pemerintah Israel tidak peduli dengan nasib musuh-musuhnya dan mengutip Netanyahu yang mengatakan bahwa poros Philadelphia lebih penting daripada musuh-musuhnya, mengutip bukti bahwa Israel tidak benar-benar mencapai kesepakatan pertukaran.

Demonstrasi meletus di beberapa kota Israel menuntut pembebasan sandera Hamas di Jalur Gaza seiring dengan meningkatnya seruan untuk pemogokan umum.

SUMBER: SURVEI TIMUR TENGAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *