Polisi Jerman Tembak Mati Tersangka Teroris di München

Polisi dan jaksa di Munich, Jerman, Kamis sore (9/5) menyatakan yakin insiden tersebut merupakan upaya serangan teroris.

Polisi Munich dan kantor kejaksaan negara bagian Bavaria mengatakan: “Kami saat ini sedang mengerjakan hipotesis percobaan serangan teroris yang melibatkan konsulat Israel, meskipun fokus penyelidikan yang sedang berlangsung adalah motif tersangka.”

Investigasi saat ini sedang dilakukan oleh Unit Penanggulangan Terorisme, kedua layanan tersebut tetap terbuka.

Polisi Munich awalnya melaporkan operasi besar-besaran di pusat kota dekat konsulat Israel, dan petugas menembak dan membunuh seorang tersangka sekitar jam 9 pagi pada hari Kamis.

“Petugas polisi menembaki seorang tersangka di Karolinenplatz yang ditembak, dan dilepaskan dalam proses tersebut,” kata polisi, “area operasi ditutup.”

Beberapa jam setelah kejadian tersebut, polisi mengumumkan bahwa pria tersebut adalah seorang warga Austria berusia 18 tahun.

Belakangan diketahui bahwa tersangka adalah warga negara Austria berusia 18 tahun dan tinggal di Munich. Petugas mengatakan senjata yang dibawanya adalah karabin berlaras tua. Jejak terorisme

Media Jerman dan Austria, Der Spiegel dan Der Standard, juga memberitakan bahwa pelaku diketahui polisi karena terkait dengan kelompok ISIS.

“Petugas menemukan seseorang yang tampaknya memegang pistol,” kata polisi sekitar satu jam setelah pertikaian awal mereka. “Polisi menggunakan senjata dinasnya, ada orang yang tertembak dan terluka.

Menteri Dalam Negeri Bavaria Joachim Hermann kemudian mengatakan tersangka meninggal karena luka-lukanya setelah pertama kali menembak polisi.

“Dia langsung menembak ke arah petugas, mereka membalas tembakan,” kata Herman.

Seorang juru bicara polisi mengatakan lima petugas terlibat dalam penembakan itu dan pria tersebut menggunakan senjata.

Sebuah video yang beredar online, yang dapat diverifikasi oleh DW, menunjukkan seorang pemuda, Edin, memegang sebuah meriam tua dengan peluru di tanah sebelum menembaki polisi.

Konsulat Jenderal Israel di Munich terletak di bundaran Karolinenplatz, di sebelah museum sejarah Pusat Dokumentasi Nazi, NS-Dokumentationszentrum.

Jurnalis DW Lewis Sanders, yang melaporkan dari Munich, menambahkan bahwa “pihak berwenang Austria telah mengumumkan bahwa mereka mengenal pelakunya dan dia diselidiki tahun lalu atas tuduhan ekstremisme dan hubungannya dengan kelompok teroris.”

Sanders mengatakan: “Kami telah melihat laporan media lokal dan sumber keamanan yang mengatakan bahwa serangan itu terjadi di kediaman pelaku tahun lalu dan terkait dengan kelompok al-Nusra yang berbasis di Suriah, yang secara historis memiliki hubungan dengan Al Qaeda. telah menemukan.”

Jerman, seperti banyak negara di Eropa, telah memperingatkan risiko keamanan seputar posisi Israel di pusat konflik Gaza dan ketegangan di Timur Tengah setelah serangan Hamas 7/10. “Bernapaslah Munich”

“Munich perlu bernafas hari ini,” kata Perdana Menteri Bavaria Markus Söder pada hari Kamis. “Untungnya, semuanya berakhir dengan baik.”

Söder menekankan bahwa latar belakang dan motif tersangka masih harus diselidiki, namun mengatakan ada “keraguan kuat” tentang hubungan antara insiden tersebut dan peringatan pemboman tahun 1972 di kota itu pada hari itu.

“Arsitektur keamanan berfungsi,” kata Söder. “Ini berkat kerja sama yang baik antara polisi dan masyarakat.

“Jelas bagi kami bahwa kami akan bertahan melawan serangan apa pun dengan tekad. Investasi pada kepolisian dan peralatan mereka sangat berharga,” katanya. “Ada keraguan serius mengenai motif serangan pada peringatan serangan Olimpiade tahun 1972. Kami memperbarui janji kami untuk melindungi: melindungi kehidupan Yahudi dan negara kami serta rakyat kami adalah prioritas utama kami.”

Berbicara mengenai waktu serangan, Louis Sanders dari DW melaporkan: “Bagi banyak komunitas Yahudi, serangan ini bukanlah suatu kebetulan. Fakta bahwa hal itu terjadi di dekat konsulat Israel di sini hari ini, bagi mereka tidak ada keraguan bahwa ada hubungannya.” Kritik Presiden Israel Mr. Herzog

Presiden Israel Isaac Herzog menulis secara online bahwa dia telah membahas insiden tersebut dengan Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier.

“Dalam percakapan saya baru-baru ini dengan Presiden Jerman, teman saya Frank-Walter Steinmeier, kami menyatakan kekaguman kami atas serangan teroris yang terjadi pagi ini di dekat konsulat Israel di Munich,” katanya.

Herzog berkata: “Pada hari yang ditetapkan di Jerman untuk memperingati 11 atlet Israel yang dibunuh di Olimpiade Munich 52 tahun lalu oleh teroris yang tidak bertanggung jawab, teroris yang penuh kebencian mencoba lagi untuk membunuh orang yang tidak bersalah di Munich.

Ia berterima kasih kepada pihak keamanan atas respons cepat mereka dan berkata: “Bersama-sama kita harus memerangi terorisme dan mengalahkannya.”

Rzn/hp (afp, dpa, DW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *