Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 76 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan

TRIBUNNEWS.COM – Kunci IPA Kelas 7 Page 76 Kurikulum Mandiri Edisi Revisi Ayo uji kemampuanmu kenapa Titanic bisa mengapung di lautan.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 76 Belajar Mandiri Versi revisi terdapat pada Buku IPA Kelas 7 Semester 1 Belajar Mandiri SMP/MT Bab 2 beserta perubahannya.

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban Kurikulum Mandiri Kelas 7 yang telah diupdate, sebuah pertanyaan untuk menguji kemampuan Anda tentang mengapa Titanic bisa mengapung di laut.

Jawaban IPA kelas 7 halaman 76 RPP Semester I Modifikasi dapat diberikan kepada orang tua atau wali untuk koreksi hasil belajar. Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 76 Revisi Rencana Belajar Mandiri

Ayo, ayo, uji kemampuanmu

Setelah anda memahami massa jenis materi dan diagram di bawah ini,

A) Jelaskan mengapa Titanic berbobot 46.328 ton dapat terapung di laut! Kunci jawaban:

Artinya dengan menggunakan prinsip membandingkan massa jenis suatu benda, disini perahu, dengan massa jenis mediumnya, disini adalah air laut, maka kapal dapat terapung di laut karena massa jenisnya lebih kecil dari air laut.

Meskipun Titanic berbobot berat, Titanic juga berukuran besar karena lambungnya yang dapat ditiup.

Oleh karena itu, membagi berat kapal dengan volumenya menghasilkan massa jenis yang sama atau di bawah massa jenis air laut.

B) Pukul 23.40 tanggal 14 April 1912, Titanic menabrak gunung es dan tenggelam 3 jam kemudian.

Mengapa kapal tenggelam saat menabrak gunung es? Gunakan berbagai sumber online untuk menemukan informasi lebih lanjut yang menjelaskan hal ini! Kunci jawaban:

Ketika Titanic menabrak gunung es di laut, lambung Titanic yang memiliki rongga udara di depannya lambat laun terisi air laut, dan kepadatannya terus meningkat.

Ketika lambung kapal terisi air laut, massa jenis kapal menjadi lebih besar daripada massa jenis air laut, sehingga kapal tenggelam.

C) Ketika kapal tenggelam, minyak yang ada di kapal tersebut terlepas sehingga menyebabkan pencemaran air laut.

Pencemaran ini mengganggu ekosistem perairan tersebut.

Rancanglah alat yang dapat digunakan untuk memerangi pencemaran tumpahan minyak di air laut, dan jelaskan cara kerja alat tersebut. Kunci jawaban:

Jawaban siswa akan berbeda-beda untuk pertanyaan tingkat tinggi yang membutuhkan kreativitas.

Tidak ada jawaban yang salah.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam tanggapan siswa adalah cara kerja perangkat.

Untuk merangsang proses berpikir mereka, guru dapat mengingatkan mereka tentang massa jenis zat cair yang berbeda, termasuk minyak dan air laut, serta mendemonstrasikan atau mendiskusikan cara menghilangkan lapisan minyak saat mencuci piring dengan alat penyerap.

Namun tidak sebatas itu, Anda juga bisa menggunakan pompa untuk memompa minyak ke perahu Anda.

Jika perlu, berikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara terlebih dahulu untuk mendapatkan ide dan masukan. Buku Ajar IPA Belajar Mandiri Edisi Revisi Kelas VII. (Buku Ajar IPA Kelas Tujuh, Revisi Rencana Belajar Mandiri)

*) Penafian: Artikel ini hanya ditujukan bagi orang tua untuk membimbing pendidikan anaknya.

Siswa harus menjawabnya sebelum melihat jawabannya, dan menggunakan teks tersebut untuk menandai pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Mohammed Alvian Faka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *