Gaza Butuh Waktu 15 Tahun untuk Membersihkan 40 Juta Ton Puing-puing Perang, Kata UNRWA

Gaza akan membutuhkan waktu 15 tahun untuk membersihkan 40 juta ton puing perang, kata UNRWA

TRIBUNNEWS.COM- Gaza membutuhkan waktu 15 tahun untuk membersihkan 40 juta ton puing perang, kata UNRWA.

Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan pada hari Senin bahwa dibutuhkan waktu 15 tahun untuk membersihkan 40 juta ton puing-puing perang di Gaza. Perkiraan ini didasarkan pada data dari Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP).

Badan tersebut menjelaskan bahwa program pembersihan besar-besaran akan membutuhkan lebih dari 100 truk dan biaya lebih dari $500 juta.

Mereka memperingatkan bahwa puing-puing tersebut merupakan “ancaman mematikan” bagi penduduk Jalur Gaza karena “adanya persenjataan yang tidak meledak dan bahan-bahan berbahaya”.

Sejak 7 Oktober tahun lalu, Israel telah memulai perang dahsyat melawan warga Palestina di Gaza, dengan dukungan Amerika Serikat.

Negara pendudukan menewaskan 39.000 orang dan melukai sedikitnya 90.000 orang, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak dan perempuan.

Diperkirakan 10.000 warga Palestina masih hilang, diperkirakan tewas, di bawah reruntuhan rumah yang dihancurkan oleh Israel, yang juga menghancurkan infrastruktur penting sipil dan menciptakan kondisi kelaparan yang merenggut nyawa puluhan anak-anak yang meninggal.

SUMBER: MONITOR TIMUR TIMUR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *