Kemenlu RI Telusuri Pekerja Migran Bentuk Geng di Jepang, Dikabarkan Bikin Resah Masyarakat

TRIBUNNEWS.COM- Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia segera menyelidiki kabar Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jepang membentuk geng yang meresahkan masyarakat setempat.

Beredar informasi di media sosial mengenai sekelompok orang yang diduga WNI yang melakukan kegiatan yang meresahkan masyarakat setempat. Tempat kejadian diperkirakan di Osaka, Jepang, kata Direktur Perlindungan WNI. Kementerian Luar Negeri RI, Juda Nugraha, dikutip TribunTangerang, Senin (2/9/2024).

Menurutnya, KBRI Tokyo dan KJRI Osaka sedang menyelidiki kebenaran dan keakuratan informasi tersebut.

Termasuk komunikasi dengan simpul-simpul masyarakat Indonesia di Jepang, jelasnya.

Kabar geng pekerja migran Indonesia di Jepang ramai diperbincangkan di media sosial X bahkan banyak video tentang aksi geng PMI di Jepang.

Di akun X @minako_satou, ia mengunggah beberapa video termasuk akun media sosial geng tersebut.

“Beberapa elemen PMI di Jepang membuat onar dengan membentuk geng, mengganggu ketertiban, dan menyulitkan masyarakat untuk lewat. Hal memalukan seperti ini tidak boleh dibawa ke negara orang lain. Malangnya warga Indonesia lainnya yang akan terkena dampaknya,” tulisnya.

Geng PMI di Jepang rutin mengunggah aktivitasnya di akun Instagram pemulih_harga_diri_Japan, namun akun dengan 16 ribu pengikut itu kini di-private.

Tak hanya itu, banyak akun media sosial seperti akun X @PersonalS***** yang menyebut komplotan ini selalu membawa senjata tajam yang dinilai menakutkan.

“Meski media Jepang tidak meliputnya, orang Indonesia membentuk geng di Jepang dan berkumpul dengan pisau dan memposting tentang hal itu. Sejak kecil, mereka sering nongkrong di Osaka sambil mengendarai sepeda dan tidak menimbulkan insiden besar. , tapi kalau di Indonesia diberitakan, cepat atau lambat akan jadi masalah. Beda pengertian dengan kriminal Jepang.

Mereka berkumpul untuk memblokir orang yang lewat dan mengancam orang-orang yang mengomentari postingan mereka. Lebih baik hancurkan sekarang. Apakah Polisi Prefektur Osaka tahu?

“Saya juga akan menghubungi Polisi Prefektur Osaka,” tulisnya.

Unggahan tersebut pun mendapat komentar dari netizen lainnya.

“Saya berharap Yankees di Osaka akan membasmi pasukan pencuri Indonesia ini daripada mencoba meredakan ketegangan mereka dengan menyerang polisi.” Hancurkan geng Indonesia,” kata akun @totototo*****.

“Ini mengkhawatirkan! Geng-geng Indonesia yang dibentuk di Jepang mempersenjatai diri dengan pisau dan mempostingnya secara online. Ini mungkin belum menimbulkan masalah besar, tapi sebelum keadaan menjadi lebih buruk. Perilaku mereka sudah menimbulkan kekhawatiran, termasuk menghalangi pejalan kaki dan memberikan ancaman agar komentator bertindak sesegera mungkin. Sebaiknya Anda menghubungi mereka kembali – semoga mereka menanggapi masalah ini dengan serius sebelum menjadi masalah yang lebih besar. ditulis oleh @uxe* *.

“Hal seperti ini terjadi di Jepang saat ini. Mengerikan sekali kalau banyak sekali orang Asia di Namba, Osaka. Sekelompok orang yang membawa pisau itu berbahaya dan kita tidak bisa pergi begitu saja,” tulis @Ouchino_ *** *

Artikel ini telah tayang di Tribuntangerang.com dengan judul Viral Pekerja Migran Indonesia Bikin Geng Resahkan di Jepang Kemlu RI Bakal Ambil Posisi Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *