Para Pimpinan Negara Bakal Kumpul di Jakarta Awal September 2024 di Jakarta, Ada Apa?

Reporter Tribunnews.com, Ismoyo melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan beberapa pemimpin dari beberapa negara akan datang ke Indonesia untuk membahas isu perubahan iklim.

Para pemimpin negeri ini akan berkumpul dalam agenda International Sustainability Forum (ISF) pada 5-6 September 2024 di Jakarta Convention Center.

Menko Luhut mengatakan para pemimpin dunia dari berbagai sektor dan negara akan bertukar pikiran, mengusulkan solusi dan berbagi praktik terbaik dalam aksi iklim.

“ISF akan menjadi platform yang memfasilitasi kerja sama internasional untuk meningkatkan akses terhadap green financing, serta proses berbagi pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan SDM yang siap menerima net zero future,” kata Luhut dalam konferensi video di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. . Untuk Kantor Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

“Forum tersebut juga akan menjadi forum keberlanjutan yang inklusif bagi setiap lapisan masyarakat,” lanjutnya.

Sambung Luhut, acara ini akan dihadiri oleh lebih dari 8.000 peserta dari lebih dari 50 negara, menjadikannya salah satu acara aksi iklim terbesar di kawasan Asia Pasifik.

Presiden Joko Widodo juga dijadwalkan meresmikan ISF Forum 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kelautan dan Perikanan dengan dukungan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia).

Beberapa tokoh yang akan menjadi keynote speaker pada ISF 2024 antara lain Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Han, Wakil Perdana Menteri Malaysia Fadillah Yusof, Utusan Khusus PBB Kementerian Luar Negeri Prancis Kevin Magron, dan CEO Bezos Earth Fund Andrew Steers.

“ISF kita jadikan momentum untuk memperkuat komitmen menuju masa depan yang lebih hijau dan sejahtera. Bersama-sama, kita dapat menciptakan pembangunan global yang lebih berkelanjutan,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kelautan dan Perikanan Rahmat Kaimudin mengatakan agenda tersebut memperkuat kepemimpinan Indonesia dalam menyelesaikan isu-isu strategis termasuk ekonomi hijau berkelanjutan.

“ISF merupakan bukti komitmen Indonesia yang mengedepankan semangat kerja sama dalam merancang solusi iklim yang adil berdasarkan prinsip saling menghormati,” pungkas Rahmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *