Koleksi Busana Ini Terinspirasi dari Flora dan Fauna Khas Lampung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pakaian modern dan pakaian adat di Indonesia tidak bisa dipisahkan. Fashion kontemporer di Indonesia seringkali memasukkan unsur budaya tradisional ke dalam siluet dan pola.

Melihat potensi tersebut, beberapa mahasiswa Universitas Binus ikut melestarikannya dengan memperkenalkannya kepada khalayak internasional dan kemudian mengikuti ajang Front Row International 2024 di Paris. Mahasiswa program Fashion Studies menciptakan lini pakaian yang menampilkan budaya tradisional Lampung.

Hal ini dibuktikan dengan penggunaan pola yang terinspirasi dari berbagai hewan dan tumbuhan khas Lampung seperti gajah dan lainnya. Dari segi desain, ia mengakui adanya tantangan dalam menciptakan lini busana khas Lampung.

Anggota FLOR-UNA Gerda Yogi Samudra mengatakan, sulit bagi pihaknya untuk menggabungkan kedua hubungan tersebut menjadi satu yang dirasa tepat.

“Kompaknya juga sangat banyak, jadi harus pintar-pintar mempersiapkan apa yang ingin dibawa ke Paris (baju dan aksesorisnya),” ujarnya, Selasa (10/9/2024).

Sementara itu, Jennifer Marshiela, pendiri brand Dragon Reverie, mengatakan bahwa memodifikasi desain adalah bagian tersulit bagi saya karena harus diulang beberapa kali, namun saya puas dengan hasil akhirnya.

Carmela Regina, rekan Jennifer, mengatakan bagian tersulit baginya adalah memikirkan detail untuk tahap brainstorming dan desain.

“Selain itu, ada tantangan dalam menemukan bahan yang tepat untuk pakaian,” katanya.

Atas partisipasinya di Paris kali ini, Carmela berharap semakin banyak masyarakat yang dapat memahami dan lebih memahami budaya tradisional Indonesia serta cerita yang coba kami sampaikan melalui desain.

Ratna Dewi Paramita, ketua program fesyen Binus University, mengatakan mulai semester lalu seluruh mahasiswa diwajibkan mengikuti proyek Paris Front Row, namun tidak semua karya terpilih untuk ditampilkan di atas panggung.

“Kami kurasi lagi berdasarkan hasil yang ada karena pada acara tersebut hanya ada 12 penampilan sehingga siswa harus membuat brand bersama teman dan membuat desain unik untuk dipilih.

Barisan terdepan di Olimpiade Paris 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *