Air Bersih Akhirnya Tersedia di IKN, Tahap Satu Bersumber dari Intake Sepaku

Laporan reporter Tribunnews.com Endrapta Pramudhiaza

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Air baku tersedia di ibu kota nusantara (IKN).

Hal itu dibenarkan Danis X Sumadilaga, Ketua Satgas IKN Bidang Pembangunan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“IKN sudah memiliki sumber air baku, dan selain itu ada sumber lain yaitu bendungan Sepaku Semoy,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20 Juli 2024).

“Secara teknis kapasitas tangki sepak adalah 3.000 liter per detik. Sedangkan Bendungan Sepak Semoy debitnya 2.500 liter per detik,” lanjutnya.

Danis mengatakan, air baku yang digunakan pada tahap pertama akan berasal dari waduk Sepak.

“Akan diolah dengan memurnikan air bersih di dekat waduk ini dan kemudian dikirim melalui pipa sepanjang 16 km ke pusat pemerintahan,” kata Danis.

“Dari situ airnya didistribusikan ke setiap bidang tanah, setiap bangunan, kemudian menjadi air bersih yang digunakan di IKN,” lanjutnya.

Selain air, Danis juga memberikan update ruas Tol Balikpapan hingga IKN. Menurut dia, peluncurannya direncanakan pada 17 Agustus 2024.

Saat ini PPRM sedang membangun ruas tol 3A, 3B dan 5A, rata-rata tingkat penyelesaiannya mencapai 90%.

“Kami akan operasikan tiga lajur satu arah dan dua lajur menuju IKN,” kata Danis.

Saat ini perjalanan dari Balikpapan menuju IKN memakan waktu kurang lebih dua setengah jam.

Tol baru ini bisa ditempuh melalui jalur darat dalam waktu satu jam.

“Saya berharap tanggal 17 Agustus bisa dilaksanakan,” pungkas Danis.

Keyakinan tersebut disampaikannya saat peninjauan kemajuan pembangunan bersama tim penghubung antar kementerian/lembaga.

Kelompok Penghubung Antar Kementerian/Lembaga meliputi Pemerintahan Presiden, Sekretariat Negara, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PUPR, dan Badan IKN.

Kunjungan kerja berlangsung di beberapa tempat yang telah disiapkan pemerintah, antara lain: di Lapangan Upacara, Gedung Rektorat Presiden dan waduk di Sungai Sepak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *