Elite PDIP Sebut Jokowi Cetak Sejarah Jadi Presiden yang Gencar Majukan Keluarga ke Politik Aktif

Laporan reporter Tribunnews.com Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Djarot Saiful Hidayat mengatakan, Joko Widodo (Jokowi) telah mengukir sejarah dengan menjadi satu-satunya presiden yang paling aktif memajukan keluarga dekatnya di dunia politik.

Awalnya, Djarot menanggapi menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution yang mendapat dukungan banyak pihak untuk mencalonkan diri pada Pilgub Sumut (Sumut) 2024.

Bahkan, Bobby bisa saja berjuang di sarang kosong karena didukung 7 parpol.

Djarot mengaku PDIP tak ingin Bobby tampil kosong di Pilgub Sumut 2024.

Kita melihat sejarah yang perlu dicatat, sejarah politik yang perlu kita catat bersama, sejak zaman Pak Jokowi, anak-anak dan menantu serta keluarga dekatnya sudah banyak terlibat aktif dalam politik, kata Djarot di Kompleks Parlemen. Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/2024).

Pada masa berdirinya Indonesia, kata Djarot, tidak ada presiden yang mengangkat keluarga dekatnya seperti Jokowi. Selain anak, Jokowi juga mengangkat menantu dan saudara kandungnya ke posisi penting.

“Dari Presiden Sukarno, Bung Karno, Pak Harto, Habibie, Gus Dur, Bu Mega, Pak SBY, ini yang pertama. Anaknya, menantunya, mungkin cucunya, mungkin saudaranya akan siap.” dikatakan.

Yang lebih buruk lagi, Jokowi terus mempromosikan keluarga dekatnya sambil menentang prosedur demokrasi. Ia mengatakan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun tak segan-segan melanggar etika dan moral.

“Dalam demokrasi prosedural boleh saja, tapi dalam demokrasi politik ada etika dan moralitas, asalkan mengikuti aturan boleh saja, tapi begitu aturan dibuat, menurut saya kesalahan etika adalah kesalahan moral. Itu pendidikan politik yang kurang bagus, selama puluhan tahun Pak Harto. “Tahun itu anak-anaknya tidak pernah terjun ke politik praktis, dia hanya berbisnis. Sekarang politik adalah bisnis ya,” tutupnya.

Sekadar informasi, keluarga dekat Presiden Jokowi telah dan akan menduduki posisi-posisi strategis di Tanah Air. Jabatan tersebut dijabat saat Jokowi masih aktif menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Diantaranya adalah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang saat ini terpilih menjadi Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, kemudian dikabarkan bakal mencalonkan diri pada Pilkada Jakarta atau Jawa Barat.

Kemudian, menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution yang juga Wali Kota Medan masuk nominasi Pilkada Sumut 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *