Perkuat Pasokan, PGN Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Gas Bumi dari Blok Natuna

Wartawan Tribunnews.com, lapor Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT PGN Tbk Premier Oil Tuna B.V. sedang menjajaki peluang kolaborasi untuk menjajaki potensi komersialisasi gas bumi dari Wilayah Kerja Tuna (WK Tuna) di Kepulauan Natuna.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Parmata Sr mengatakan, peluang bisnis tersebut adalah jual beli gas bumi dari kedua belah pihak.

Rosa mengatakan, sejauh ini PGN telah memberikan layanan gas kepada pelanggan yang dipasok dari beberapa WK.

Namun tantangannya kini adalah sumber pasokan PGN semakin menipis.

“Meski ada surplus di beberapa daerah, namun tidak semuanya terkait infrastruktur. Dengan adanya peluang kerja sama dengan WK Tuna, kami yakin bisa menambah pasokan,” kata Rosa, Selasa (23/7). ) o’ Dalam pernyataan z. penyataan. /2024).

Kemitraan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara PGN dengan Steve Cox selaku Chairman Premier Telu Tuna yang disampaikan oleh Rosa Parmata Sr.

Menurut dia, PGN sebagai Subholding Gas Pertamina bermaksud memanfaatkan gas Tuna WK untuk mengisi bauran pasokan gas sesuai dinamika volume gas yang dilakukan banyak produsen karena kondisi kekurangan gas alam.

“PGN membutuhkan pasokan gas yang andal dari pemasok hulu untuk disalurkan ke seluruh konsumen melalui jaringan pipa transmisi dan distribusi,” kata Rosa.

Saat ini PGN mengoperasikan lebih dari 12.000 KM pipa gas bumi untuk melayani lebih dari 5.000 pelanggan komersial dan industri serta hampir 1 juta pelanggan.

Oleh karena itu, pasokan yang dapat diandalkan diperlukan untuk mempertahankan pertumbuhan di masa depan.

Selain itu, peluang pemanfaatan gas dari Tuna WK tidak hanya untuk membuka pasar di Indonesia saja. Namun PGN juga bisa membuka pasar di Asia atau Asia Tenggara.

Sementara itu, Chairman Premier Oil Tuna Steve Cox mengatakan pihaknya melihat peluang untuk mengembangkan proyek Tuna WK bersama PGN untuk memasok gas ke Indonesia.

Sebagai operator KKS yang merupakan bagian dari Tuna Harbor Energy Group, Premier Oil mencakup wilayah kerja Blok Tuna (KKS Tuna).

Oleh karena itu, proyek WK Tuna akan memperluas operasi Harbour Energy di Indonesia.

“WK Tuna penting bagi pelabuhan karena merupakan proyek penting yang ingin kami lanjutkan. Meski menghadapi sejumlah tantangan, kami sudah move on. Steve mengatakan: “Kami bekerja sama dengan PGN. “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *