Joe Biden mundur dari persaingan Pilpres AS, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres

Presiden Joe Biden mengejutkan masyarakat Amerika pada hari Minggu (21/07) ketika dia mengumumkan bahwa dia menarik diri dari pencalonannya sebagai presiden AS.

Meski ia akan menjalani sisa masa jabatannya sebagai presiden, ia mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai calon presiden AS dari Partai Demokrat.

Keputusan ini menimbulkan beberapa pertanyaan karena Konvensi Nasional Partai Demokrat tinggal sebulan lagi.

Ini adalah panduan untuk apa yang terjadi selanjutnya. Apa yang telah terjadi?

Presiden AS Joe Biden memutuskan untuk mengakhiri kampanye pemilihan presiden AS sebagai kandidat petahana. Dia kemudian mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Biden, 81 tahun, mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Minggu bahwa merupakan “kehormatan terbesar” untuk mengabdi tetapi dia mengundurkan diri “demi kepentingan partai dan negara saya.”

Biden mengatakan dia akan tetap menjadi presiden hingga Januari.

Harris, 59, mengatakan dia “merasa terhormat” didukung oleh Biden. Dia menambahkan bahwa dia akan “mengambil nominasi ini dan menang” dan menyatukan Amerika Serikat melawan Donald Trump.

“Kita punya waktu 107 hari hingga hari pemilihan,” katanya. “Kami akan berjuang bersama dan menang bersama.

Presiden Biden memenangkan 3.896 delegasi untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat; Jumlah ini lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan untuk menjamin pencalonan partai tersebut.

Namun, hanya karena Biden memutuskan untuk mengakhiri kampanye dan mendukung Kamala Harris tidak berarti seluruh anggota partai mendukung keputusan tersebut.

Menjadi anggota Partai Demokrat untuk akhirnya memilih seseorang di Kaukus di Chicago pada 19 Agustus 2024. Apa yang mungkin terjadi di Kongres Partai Demokrat?

Konvensi Nasional Partai Demokrat dijadwalkan pada 19 Agustus.

Kecuali jika Partai Demokrat bersatu untuk mendukung kandidat baru, hal ini dapat membuka jalan bagi diadakannya konvensi terbuka untuk pertama kalinya sejak tahun 1968.

Artinya, para delegasi bebas menentukan siapa yang akan dipilih di antara para kandidat.

Agar seorang kandidat dapat tampil dalam pemungutan suara, diperlukan tanda tangan dari setidaknya 300 delegasi.

Akan ada putaran awal pemungutan suara yang melibatkan 3.900 delegasi, termasuk pemilih setia Partai Demokrat.

Jika tidak ada calon yang memperoleh suara terbanyak pada putaran pertama, maka akan diadakan pemilihan putaran kedua.

Putaran pemilu ini akan menampilkan delegasi super (pemimpin partai dan pejabat terpilih) yang akan memberikan suara hingga seorang kandidat terpilih.

Untuk mengamankan nominasi partai, seorang kandidat harus memperoleh 1.976 suara delegasi. Siapa calon kuat Partai Demokrat?

Gubernur Michigan Gretchen Whitmer

Gretchen Whitmer, gubernur Michigan yang menjabat selama dua periode, adalah politisi Partai Demokrat yang semakin populer. Banyak ahli memperkirakan dia akan menjadi presiden pada tahun 2028.

Dia pernah berkampanye untuk Biden dan tidak menghindar dari ambisi politiknya.

Dia mengatakan kepada New York Times bahwa dia ingin melihat presiden Generasi X pada tahun 2028, namun dia belum secara terbuka menyatakan akan mengambil peran tersebut.

Pada tahun 2022, ia memimpin kampanye yang memberikan Partai Demokrat Negara Bagian Michigan kendali atas badan legislatif negara bagian dan kursi gubernur.

Kontrol politiknya memungkinkan dia untuk memberlakukan sejumlah kebijakan progresif di Michigan, termasuk melindungi akses terhadap aborsi dan memberlakukan langkah-langkah keamanan senjata.

Whitmer dengan cepat menyatakan setelah pengunduran diri Biden bahwa pekerjaannya “akan tetap sama… melakukan segala yang kami bisa untuk memilih Partai Demokrat dan menghentikan Donald Trump.”

Meski demikian, pernyataan tersebut bukan berarti Harris menyetujuinya.

Gubernur Kalifornia Gavin Newsom

Gubernur California Gavin Newsom adalah salah satu politisi paling berkuasa di pemerintahan Biden. Tapi dia juga punya tujuan politiknya sendiri.

Ia kerap digadang-gadang akan menjadi calon presiden pada pemilu 2028, namun kini banyak pakar yang menyebut ia bisa menggantikan Biden.

Newsom telah terkenal dalam beberapa tahun terakhir sebagai perwakilan utama partai tersebut di media konservatif dan setelah berdebat dengan Gubernur Florida Ron DeSantis tahun lalu.

Dia berdiri di samping presiden sebelum pengumuman. Pada bulan Juli, ia melakukan perjalanan ke Washington untuk bertemu dengan Biden dan gubernur Demokrat lainnya dan menjadi pembicara utama pada acara kampanye Biden di Michigan pada tanggal 4 Juli.

Menyusul pengumuman pengunduran dirinya, Newsom kembali memuji Biden sebagai presiden yang “tidak mementingkan diri sendiri”. Namun pernyataan di Twitter itu hanya singkat dan tidak mengandung maksud atau komentar apa pun yang mendukung Harris.

Menteri Transportasi Pete Buttigieg

Bukan rahasia lagi kalau Menteri Perhubungan Pete Buttigieg punya cita-cita presiden.

Dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020 dan sering disebut sebagai salah satu pembicara terkemuka di pemerintahan Biden.

Buttigieg telah menangani sejumlah krisis publik selama masa jabatannya sebagai Menteri Transportasi.

Dia membantu mengawasi tanggapan pemerintah terhadap tergelincirnya kereta East Palestine di Ohio, runtuhnya Jembatan Baltimore, dan krisis penjadwalan Southwest Airlines pada tahun 2022.

Buttigieg mengatakan di Twitter/X bahwa Biden “adalah salah satu presiden terbaik dan paling efektif dalam sejarah Amerika.”

Dia tidak mengomentari dukungannya terhadap Harris.

Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro

Josh Shapiro telah mencapai popularitas tinggi sejak terpilih pada tahun 2022 di negara bagian yang dimenangkan Trump pada tahun 2016.

Gubernur yang sebelumnya menjabat Jaksa Agung negara bagian ini telah bekerja lintas partai selama masa jabatannya.

Dia menjadi berita utama nasional tahun lalu setelah membangun kembali jembatan yang runtuh di jalan raya Philadelphia; Ini merupakan kemenangan politik besar bagi gubernur periode pertama.

Perbaikan cepat ini dipuji oleh banyak orang sebagai topik pembicaraan infrastruktur yang sempurna untuk calon presiden 2028.

Setelah Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pencalonan, Shapiro mengatakan Biden adalah salah satu “presiden paling efektif dalam sejarah modern”, tetapi seperti kebanyakan calon penggantinya, dia tidak mengatakan apa pun tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Gubernur Illinois JB Pritzker

Gubernur Illinois JB Pritzker telah membangun reputasinya dengan membela Biden dalam beberapa tahun terakhir.

Pengusaha miliarder, pewaris jaringan hotel Hyatt, dengan cepat mengunggah kritiknya terhadap Trump di media sosial.

Setelah debat, dia menyebut Trump sebagai “pembohong” dan mengatakan dia adalah “penjahat berusia 34 tahun yang hanya peduli pada dirinya sendiri.”

Seperti Whitmer, Pritzker memiliki sejarah memperjuangkan agenda progresif Partai Demokrat mengenai isu-isu seperti hak aborsi dan pengendalian senjata.

Dia tidak segera mengomentari keputusan Biden untuk mundur dari pencalonan. Apa komentar Trump?

Sementara itu, Trump dikukuhkan sebagai calon presiden AS dari Partai Republik pada konvensi partai di Milwaukee pekan ini, lima hari setelah selamat dari upaya pembunuhan.

Trump mengatakan pada hari Minggu bahwa Biden “tidak layak untuk mencalonkan diri dan tentu saja tidak layak untuk menjabat.”

Dalam waktu satu jam setelah pengumuman Biden, dana kampanye super PAC pro-Trump, Make America Great Again, merilis iklan yang menyerang Kamala Harris, dengan mengatakan bahwa dia “menutupi gangguan mental Joe.”

Donald Trump menambahkan: “Dia akan menjadi orang yang dikedepankan oleh kelompok kiri sekarang.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *