OCA Sematkan AI untuk Perluas Layanan Chatbot yang Lebih Pintar dan Efisien

TRIBUNNEWS.COM – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen memberikan layanan terbaik yang diwujudkan melalui penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada produk dan layanan digitalnya. Yang pertama adalah memasukkan AI ke dalam OCA Indonesia, produk unggulan dari Leap Telkom Digital.

Teknologi AI tersebut akan diimplementasikan pada chatbot OCA Indonesia yang diberi nama OCA Automated Interaction (OCA AI). Teknologi terbaru OCA AI mampu merespons chat secara cerdas dan otomatis, sehingga mengurangi keterlibatan manusia dalam merespons pesan atau menangani keluhan. Kehadiran AI chatbot di OCA dapat menjadi solusi bagi para pelaku bisnis untuk membuat penggunaan karyawan menjadi lebih efisien. Dengan begitu, para pelaku usaha bisa lebih fokus menempatkan karyawannya untuk menangani hal-hal yang lebih strategis dan memberikan manfaat lebih bagi perusahaan dan institusi pengguna OCA Indonesia.

Kehadiran OCA AI juga akan membantu pelaku ekonomi untuk mengembangkan chatbot sendiri sesuai kebutuhan. Dengan dukungan penuh omnichannel, OCA AI memungkinkan pengguna mengimplementasikan chatbot dengan mudah di berbagai saluran komunikasi. Dengan menggunakan metode ini, bisnis dapat lebih meningkatkan layanan pelanggan, yang berdampak positif pada bisnis. Selain itu, OCA AI juga dapat digunakan untuk mengotomatisasi komunikasi di banyak sektor, termasuk pendidikan.

“Di Telkom, kami selalu berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik melalui produk dan layanan digital kami, seperti mengintegrasikan AI ke dalam chatbot OCA yang kami namakan OCA AI. Nantinya, OCA AI dapat digunakan untuk memperlancar arus komunikasi perusahaan untuk memberikan manfaat yang lebih banyak lagi,” kata Telkom Komang Budi Aryasa, Executive Vice President Digital Business and Technology.

Chatbot AI milik OCA memungkinkan civitas akademika ITS dengan mudah menangani berbagai permintaan dan keluhan 

Manfaat chatbot AI yang dibangun OCA Indonesia sudah dirasakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Penggunaan sistem chatbot OCA mengubah proses komunikasi ITS secara signifikan dengan menghadirkan otomatisasi. Kini chatbot OCA dapat menangani berbagai keluhan, permintaan, dan pertanyaan yang disampaikan sivitas akademika ITS. Selain itu, ketika OCA AI yang didukung kemampuan generative AI selesai dibangun, chatbot OCA Indonesia akan menjadi lebih pintar dan memudahkan pengguna.

Sebelumnya civitas akademika ITS sendiri harus bertanya melalui web dan memilih unit sasaran dengan tepat. Cara ini sering kali menemui kendala, karena terkadang pengguna salah dalam memilih unit sehingga penyelesaian permasalahan yang dihadapi membutuhkan waktu lama atau bahkan tidak terselesaikan sama sekali.

Setelah menggunakan chatbot OCA yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp, setiap pertanyaan umum kini dikategorikan sehingga mahasiswa, dosen, dan staf pengajar dapat memilih sesuai kategori pertanyaannya. Misalnya, mahasiswa baru program sarjana (sarjana) akan mempunyai pilihan soal yang berbeda dengan mahasiswa magister (pascasarjana). Layanan chatbot OCA menghilangkan kebingungan yang sebelumnya terjadi pada proses komunikasi di ITS dan mampu merespons keluhan dengan lebih maksimal. Setelah peluncuran resmi OCA AI, chatbot OCA dapat belajar secara mandiri dan menjawab pertanyaan yang diajukan tanpa menyesuaikan kategorisasi.

Dengan menggunakan layanan chatbot OCA, ITS dapat mengirimkan hingga 30.000 pesan kepada mahasiswa baru setiap tahunnya. Dengan teknologi yang tersedia di OCA Indonesia, ITS dapat memperbarui dan meningkatkan kualitas komunikasi kampus dengan mahasiswa, orang tua, dan alumni melalui chatbot otomatis.

“Chatbot OCA terbukti lebih mudah dan bermanfaat bagi tim help desk kami dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh calon mahasiswa, mahasiswa, dosen, alumni, dan individu di luar kampus secara efisien dan cepat,” ujar manajer hubungan pelanggan ITS. dan Divisi Perencanaan Bisnis Dini Adni Navastara.

Keputusan OCA Indonesia untuk mengintegrasikan AI ke dalam layanan chatbotnya merupakan upaya tulus OCA Indonesia untuk terus mendorong inovasi solusi digital guna membantu pengguna mengoptimalkan performa kerjanya. Penerapan OCA Indonesia terbukti berperan penting dalam mengelola dan mengefektifkan proses komunikasi digital di lingkungan ITS.

Melalui OCA Indonesia, komunikasi digital ITS menjadi lebih responsif, efektif dan tepat waktu terhadap permasalahan sivitas akademika, termasuk penyebaran informasi yang lebih efektif. Tak hanya OCA Indonesia, Leap Telkom Digital juga mencakup beragam produk dan layanan digital premium Telkom lainnya, sebagai solusi berbagai permasalahan di semua sektor.

#ElevatingYourFuture

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *