60 Soal ANBK 2024 Kelas 8 SMP Sederajat Lengkap Literasi dan Numerasi, Disertai Kunci Jawaban

TRIBUNNEWS.COM – Ini Soal ANBK 2024 untuk Kelas 8 SMP, MT, Literasi Paket B dan Materi Digital.

Soal ANBK 2024 dan kunci jawaban SMA kelas 8 sederajat dapat dijadikan sebagai bahan belajar siswa untuk praktek di rumah.

Siswa SMP dan MT kelas 8 akan mengikuti Badan Penilaian Komputer Nasional (ANBK) yang dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 12 September 2024.

Tribunnews.com telah mengumpulkan 60 soal ANBK 2024 untuk siswa kelas 8 SMA dan sederajat yang berisi materi literasi dan digital dari pusmendik.kemdikbud.go.id. Contoh Soal ANBK Kelas 8 SMA 2024 : Soal #1-2 Pemahaman Membaca Hobi Unik Menulis Jurnal Kreatif Gambar 1. Diagram Penulisan Jurnal Kreatif

Kata jurnal kreatif memang terdengar cukup asing ditelinga orang Indonesia, namun jika dijadikan istilah untuk menulis buku harian pastinya semua orang pasti mengetahuinya. Jika Anda masih menganggap menulis jurnal adalah hobi yang sederhana, Anda mungkin ingin berpikir ulang. Karena menulis diari yang menarik membutuhkan banyak tips dan alat. Semakin menarik dekorasi majalahnya, maka semakin bersemangat pula penulisnya untuk mengisinya. Karena bagi orang-orang yang menyukai keindahan visual namun tidak memiliki estetika dalam hidupnya, memajang koran bisa memberikan rasa kepuasan. Semakin indah buku hariannya, semakin ingin penulis menghiasi dan mengisinya.

Perlengkapan yang diperlukan untuk menulis diary adalah dengan menggunakan buku yang kertasnya cukup tebal dan seratnya kokoh agar saat menulis dengan spidol tidak luntur ke halaman berikutnya. Jurnalis kreatif biasanya menggunakan pulpen yang harganya masing-masing sekitar Rp 20.000 untuk keperluan menulis. Selain itu, majalah kreatif memiliki keunikan tersendiri yaitu dekorasi digunakan untuk menghiasi halaman buku. Penggunaan ornamen bukanlah suatu pilihan. Anda benar-benar perlu memikirkan tema dan kombinasi warna yang ingin Anda gunakan pada majalah Anda. Padahal, dekorasi merupakan hasil kreativitas masing-masing orang. Kalau mau tema yang penuh warna dan campur aduk juga boleh. Pada akhirnya, ini masalah preferensi dan Anda dapat menyesuaikannya dengan peralatan yang sudah Anda miliki.

Kebanyakan penghobi cenderung mengisi buku harian mereka dengan ornamen dekoratif. Ini pasti cocok jika Anda bisa menulis dan menghiasi buku harian Anda secara rutin, karena akan lebih hemat daripada membeli barang baru setiap kali Anda menulis di dalamnya. Meski terkesan sederhana, namun creative journaling memiliki manfaat sebagai terapi pelepas penat dan sarana meningkatkan kreativitas. Jika Anda terbiasa menulis di buku harian, jadwal dan rencana Anda akan menjadi lebih teratur, dan bagi orang yang sering lupa, buku harian ini bisa menjadi pengingat untuk mengingat pekerjaan.

1. Informasi apa yang dapat Anda peroleh tentang penulisan jurnal kreatif dari wacana ini? Klik pada setiap pilihan jawaban yang benar. Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Menulis diary yang kreatif bukanlah hobi yang mudah karena membutuhkan banyak peralatan saat menulis. Pemilihan dekorasi saat menulis diary kreatif sebaiknya disesuaikan dengan tema dan kombinasi warna. C. Saat mendekorasi buku harian kreatif, penulis harus mengikuti aturan dekorasi yang diterapkan. D. Menyimpan stok ornamen dalam jumlah besar dapat menghemat biaya pembuatan jurnal kreatif.

Jawaban: A. Menulis diary yang kreatif bukanlah suatu hobi yang mudah karena membutuhkan banyak alat dalam proses penulisannya. B. Pilihan dekorasi saat menulis diary kreatif hendaknya disesuaikan dengan tema dan kombinasi warna. D. Menyimpan barang-barang dekoratif dalam jumlah besar dapat menghemat biaya saat memproduksi majalah kreatif.

2. Mengapa ilustrasi dalam wacana sesuai dengan isi wacana “Hobi Unik Menulis Majalah Kreatif”?

A. Buku-buku yang digunakan dalam foto terlihat lebih menarik jika dihias. B. Kami memiliki banyak stok dekoratif untuk menghiasi majalah foto. C. Gambar ini menunjukkan banyak alat yang dibutuhkan untuk penjurnalan kreatif. D. Jurnal kreatif foto menggunakan jenis kertas yang sama dengan buku catatan biasa.

Jawaban : A. Buku yang digunakan pada foto terlihat lebih menarik jika dihias. B. Kami memiliki banyak stok ornamen untuk menghiasi majalah foto. C. Foto ini menunjukkan banyak alat yang dibutuhkan untuk penjurnalan kreatif. Baca soal nomor 3-6 Lennon Betaoui

Lennon merupakan seni teater tradisional Betawi. Lennon Betawi mulai berkembang di kalangan masyarakat Jakarta atau yang saat itu masih bernama Batavia sejak awal abad ke-20, tepatnya sejak tahun 1920-an. Pada dasarnya kesenian ini berfungsi sebagai sarana penyampaian pesan terkait dengan apa yang terjadi di masyarakat. Pada tahun 1940, Lennon menjadi instrumen perjuangan kolonial Belanda. Namun, pada tahun 1960-an, minat terhadap kesenian Betawi menurun. Lennon Betaoui berbeda dengan teater lainnya. Meskipun seni teater memiliki naskah untuk memandunya, Lennon Betaoui tidak memiliki alur yang jelas dan sering kali dipentaskan dalam semalam. Kesenian ini dipertunjukkan dengan alat musik krom yang disebut gambaga. Jumlah pemain dalam pertunjukan ini tidak terbatas tergantung kebutuhan cerita.

Isi cerita Lennon biasanya mengandung pesan-pesan moral, seperti cerita orang kuat membantu yang lemah, atau penggambaran keserakahan dan perilaku memalukan yang sebaiknya dihindari. Cerita Lennon terbagi dalam dua jenis: Lennon’s Diner dan Lennon’s Thugs. Lennon Dines bercerita tentang seorang raja zaman dahulu yang membimbing rakyatnya dengan bijaksana. Nama Yeats berasal dari kostum yang dikenakan para pemainnya, pakaian kebesaran yang mirip dengan pakaian resmi atau pakaian sultan. Sedangkan Lennon Preman menyajikan kisah sebuah keluarga layaknya anak pekerja keras dan penurut, dengan kostum yang mirip dengan keseharian masyarakat Betawi. Tidak ada cerita yang ditampilkan tanpa humor. Biasanya tamu Lennon menggunakan bahasa lembut (Melayu Tinggi), sedangkan preman Lennon menggunakan bahasa sehari-hari.

Lennon mencapai puncaknya pada tahun 1970-an. Pada tahun 2014, kesenian ini ditayangkan sebagai program reguler di stasiun TV. Ada interaksi antara pemain di studio dan penonton. Selain itu juga terdapat wadah bernama Lennon Anak yang bertujuan untuk melestarikan seni tradisional untuk generasi penerus. Mengingat banyaknya pilihan hiburan saat ini sehingga karya seni Lennon semakin hari semakin tidak menarik. media. Masih eksis hingga saat ini karena kesenian ini selalu melibatkan pengalaman kenaikan dan berbagai perubahan. Tidak mudah bersaing di antara beragam pilihan hiburan modern. Namun cahayanya akan terus bersinar di Betawilenong karena masih banyak warga yang menunggu.

3. Berdasarkan teks, cocokkan peristiwa yang terjadi pada kesenian Lenong Betawi sebelah kiri dengan tahun terjadinya peristiwa di sebelah kanan. Lihat foto Berdasarkan teks, cocokkan peristiwa yang terjadi di Kesenian Betawi Lennon di sebelah kiri dengan tahun terjadinya peristiwa di sebelah kanan.

Jawaban: Tampilkan karya seni Lennon Betaoui sebagai program televisi reguler. (2014) Penggunaan seni oleh Lennon Betaoui sebagai alat perjuangan. (1940) Menurunnya minat terhadap kesenian Lennon Betawi. (1960) Puncak kejayaan artistik Lennon Betaoui. (1970)

4. Apa nama alat musik yang digunakan sebagai pengiring karya seni Lennon Betaoui?

Menjawab: Gamban Cromon

5. Jika Anda menginginkan informasi tentang sejarah perkembangan Lennon Betaoui, apa yang bisa Anda ketik di mesin pencari Internet? Klik pada setiap pilihan jawaban yang benar. Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Ciri-ciri Lenong Betawi B. Lenong Betawi dan Jenis-Jenisnya C. Perkembangan Lenong Betawi.D Kadang-kadang Lenong Betawi.

Jawaban : C. Perkembangan Lennon Betaoui. D.Lennon Betaoui.

6. Mengapa karya seni Lennon Betaoui semakin kehilangan penggemarnya?

A. Lennon Betaoui memiliki konspirasi yang jelas dan panjang. B. Lennon Betaoui hanya memiliki kisah tentang raja. C. Lennon Betaoui hanya berbicara tentang persoalan sehari-hari. D. Lennon Betaoui kalah bersaing karena hiburan lain berlimpah.

Jawaban: D. Lennon Betawi kalah bersaing karena banyaknya hiburan lain. Bacaan Soal #7-12 Bullus Raksasa Berwajah Katak Gambar 1. Ilustrasi Bullus Raksasa Berwajah Katak

Penyu tempayan raksasa merupakan salah satu jenis penyu air tawar berukuran besar. Spesies ini tersebar di Asia Barat Daya dan Asia Tenggara. Habitat utama kura-kura raksasa adalah danau, pantai, dan dekat muara sungai besar. Oleh karena itu, kura-kura raksasa merupakan salah satu spesies yang teridentifikasi dalam publikasi penyu Semenanjung Kampar yang disusun oleh tim Restorasi Ekosistem Riau (RER). Massa raksasa ini juga merupakan salah satu dari 101 spesies reptil dan amfibi yang teridentifikasi di kawasan RER.

Boo raksasa dapat tumbuh hingga panjang karapas 60 hingga 100 cm dan berat 50 kg. Karapasnya cenderung rata, lembut, dan halus, tidak memiliki sisik kulit terluar yang biasa ditemukan pada penyu, tanpa tanda khusus, dan memiliki karapas keras berwarna abu-abu kehijauan. Tubuh bagian bawah berwarna putih, kemerahan, atau kekuningan. Kepalanya cukup lebar dan lehernya panjang, dengan beberapa benjolan kecil di sekitar lehernya. Hidungnya menyerupai tubuh pendek. Sekilas terlihat seperti katak. Itu sebabnya disebut kura-kura raksasa berwajah katak. Boa raksasa jantan dan betina dapat dibedakan berdasarkan bentuk ekornya, jantan memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan betina.

Kura-kura raksasa juga tergolong omnivora, artinya mereka memakan segala sesuatu (tumbuhan dan hewan). Saat kura-kura raksasa berburu, mereka membuka mulutnya untuk menangkap mangsa dan dengan cepat menjulurkan kepalanya keluar dari cangkangnya. Saat merasa terancam, ia dapat melakukan serangan “pukulan tanpa gigitan” dengan kepalanya. Great Boo bisa bertelur tiga kali setahun. Penyu raksasa mengubur telurnya di kantung telur di pasir. Satu kantung telur rata-rata berisi 24 hingga 70 butir telur, dan rata-rata masa inkubasi telur adalah sekitar 60 hari.

Jumlah kura-kura raksasa di alam liar telah menurun drastis akibat rusaknya habitat alami mereka dan meningkatnya perburuan liar. Di wilayah Camper Peninsula, tim RER terus memberikan fokus pada praktik penangkapan ikan berkelanjutan kepada masyarakat lokal, termasuk konservasi spesies penyu.

7. Mengapa banteng raksasa merupakan salah satu spesies yang teridentifikasi dalam publikasi penyu Semenanjung Kampar?

A. Penyu raksasa hidup di sekitar danau dan pantai. Panjang selubung bulu raksasa mencapai 100 cm. Massa raksasa tersebar di Asia Barat dan Asia Tenggara. Kura-kura raksasa tergolong omnivora.

Jawaban: A. Penyu raksasa hidup di sekitar danau dan pantai.

8. Apa ciri-ciri cangkang kura-kura raksasa? Klik pada setiap pilihan jawaban yang benar! Ada lebih dari satu jawaban yang benar.

A. Cangkang halus tanpa sisik pada bagian luar cangkang. B. Kulit batangnya cenderung rata dan lunak. C. Kulit batangnya berwarna putih, kemerahan, atau kekuningan. D. Kulit kayu berwarna abu-abu kehijauan tanpa tanda yang jelas.

Jawaban: A. Penyu raksasa hidup di sekitar danau dan pantai. B. Ikan busur raksasa mempunyai panjang karapas yang mencapai 100 cm. D. Penyu raksasa tergolong omnivora.

9. Berapa kali dalam setahun penyu raksasa bertelur?

A. 3 kali B. 24 kali C. 50 kali D. 70 kali

Jawaban : A. 3 kali

10. Bagaimana perilaku penyu raksasa ketika diburu atau diancam? Klik pilihan Diburu atau Terancam untuk setiap pernyataan berikut.

A. Lepaskan kepala dari cangkangnya. (Berburu/Intimidasi) B. Menyerang menggunakan kepala. (Berburu/Intimidasi) C. Buka mulutmu dan bersiaplah. (Perburuan/Intimidasi)

Jawaban: A. Berburu B. Intimidasi C. Berburu

11. Apa penyebab berkurangnya jumlah kura-kura raksasa? Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut.

A. Sebagian besar habitat alami kura-kura raksasa telah rusak. (Benar/Salah) B. Perburuan kura-kura raksasa secara besar-besaran. (Benar/Salah) C. Masa inkubasi telur kura-kura raksasa terlalu lama. (benar/salah)

Jawaban: A. Benar B. Benar C. Salah

12. Perhatikan gambar berikut. Gambar 1. Ilustrasi gumpalan raksasa berwajah katak (pusmendik.kemdikbud.go.id)

Mengapa gambar mendukung informasi yang disampaikan dalam wacana? Klik pada setiap pilihan jawaban yang benar. Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Foto penyu raksasa di atas pasir menunjukkan habitat di sekitar pantai. B. Gambar menunjukkan cangkang kura-kura raksasa berbentuk pipih C. Gambar cangkang kura-kura raksasa berwarna abu-abu kehijauan D. Gambar cangkang kura-kura raksasa mempunyai pola tertentu.

Jawaban: A. Foto penyu raksasa di pasir menunjukkan habitatnya di sekitar pantai. B. Gambar menunjukkan bentuk cangkang penyu raksasa yang pipih. C. Gambar cangkang penyu raksasa berwarna abu-abu kehijauan. Bacalah soal nomor 13-16 Kisah Kero dan Manusia

Di lautan luas, hiduplah sepasang kakak beradik kelomang bernama Kero dan Man. Keduanya tidak pernah terpisah dan saling mendukung. Suatu hari, Kero merasa lapar.

“Hmm, aku lapar…ayo, kita makan sesuatu!”

“Oke…tapi tidak, tidak ada mayat yang tersisa untuk dimakan di sini!”

“Mari kita mulai dengan berenang di dekat sini. Kuharap ada mayat yang bisa kita makan,” saran Kero, dan Mann menyetujui. Mereka berenang tidak jauh dari titik awal, namun setelah mencari beberapa saat mereka tidak menemukan makanan. Tiba-tiba Mangu mencium aroma makanan yang sangat menggoda. Dia segera memberi tahu Kel, yang dengan cepat menggunakan indra penciumannya untuk menemukan sumber bau tersebut.

“Ayo ke sana!” ajak Mangu.

“Tunggu, Mang, apakah itu benar-benar makanan kita? Aku takut, tapi mungkin yang jadi makanan kita itu hanya sampah plastik yang berbau mayat?”

Mangu teringat perkataan ayahnya bahwa ia harus berhati-hati dalam mencari makanan karena sekarang banyak sampah plastik yang berbau makanan. Kata Ayah, banyak kelomang yang tertipu karena sampah plastik mengandung oleamida, senyawa yang molekulnya sama dengan hewan yang membusuk.

“Jangan biarkan aku berenang jauh dan hanya menemukan sampah plastik!”

“Iya benar, tapi tidak bisakah ada makanan jika kamu lapar?” tanya Mangu.

“Ya, tapi bagaimana jika tidak?”

“Baiklah, ayo pulang, kuharap kita punya makanan sesampainya di rumah!”

Mereka akhirnya sepakat untuk mendekati aroma tersebut. Jarak yang harus mereka tempuh begitu jauh sehingga mereka menjadi lelah dan rasa lapar semakin tak tertahankan. Namun setelah berenang cukup jauh, yang mereka temukan hanyalah tumpukan sampah plastik.

“Begitukah?” Kero kesal.

“Maafkan aku!” kata Mangu, merasa bersalah.

“Mang, jangan khawatir, tidak apa-apa, ayo kita pulang. Semoga kita bisa menemukan makanan di perjalanan!”

Mereka akhirnya pulang ke rumah dengan perasaan sedih dan lapar.

13. Kenapa Kero kesal di akhir cerita?

A. Saya tidak bisa berenang cukup jauh. B. Mencium bau binatang yang mati. C. Saya tidak mendengarkan perintah ayah saya. D. Saya menemukan tumpukan sampah plastik.

Jawaban : D. Saya menemukan tumpukan sampah plastik.

14. Anda ingin mencari informasi tentang ekologi kelomang menggunakan mesin pencari Internet. Apa kata kunci yang tepat untuk mencari informasi ini? Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Habitat kelomang. B.Resep Kepiting.C.Ciri-ciri Kepiting.D. makanan kelomang.

Jawaban: A. Habitat kelomang. C. Ciri-ciri Kelomang. D. Makanan kelomang.

15. Setelah membaca cerita, periksalah karakter penjual mana yang sesuai dengan yang ada di teks. Klik pilihan Sesuai atau Tidak Sesuai untuk setiap pernyataan, bergantung pada isi teks.

A. Luar biasa (pantas/tidak pantas) B. Niat yang mengesankan (pantas/tidak pantas) C. Pertimbangan yang patut (pantas/tidak pantas)

Jawab : A. Sesuai B. Tidak Sesuai C. Sesuai

16. Saat aku selesai meminum minuman dari botol plastik dan hendak membuangnya, aku teringat cerita Kepiting Kelo dan Kepiting Mangga yang tersesat mencari makan karena sampah plastik. Apa yang Anda lakukan dengan botol plastik? Botol plastik Klik pilihan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan, tergantung pada isi teks.

A. Mohon dibuang ke tempat sampah yang termasuk kategori sampah anorganik agar dapat diolah kembali. (Benar/Salah) B. Buang botol plastik yang termasuk dalam kategori sampah organik untuk dibakar. (Benar/Salah) C. Mendaur ulang botol plastik menjadi kerajinan fungsional. (benar/salah)

Jawaban: A. Benar B. Salah C. Benar (Baca Pertanyaan #17-19) Potret Seorang Remaja

Klik…Klik…

Maysa dan Jinga pun asyik mengambil dan mengunggah foto selfie serta menikmati reaksi berbagai komentar di postingan mereka.

Kesunyian.

Tidak ada percakapan yang bisa dilakukan. Meisa dan Zinga sibuk dengan bidadari kecilnya, ponsel pintarnya. Semua perbuatan baik dan buruk kita mungkin terekam di ponsel pintar kita. Setiap kali mereka bernapas, itu adalah perangkat yang selalu setia menemani langkah mereka.

Keakraban dan hangatnya persahabatan kini mulai memudar, tergantikan oleh keseruan bermain media sosial. Perhatian terhadap orang-orang terdekat mulai memudar seiring sibuknya Anda dengan dunia baru yang terhubung dalam jemari Anda. Kita merasa dekat dengan mereka yang jauh, namun mengabaikan mereka yang dekat dengan kita.

“Setiap kali saya mengelus perangkat, jari telunjuk saya bergerak maju mundur seperti baja. Apakah Anda tidak khawatir tangan Anda bengkok?”

“Gila, Dinda!” jawab Maysa singkat. Matanya masih terfokus pada alat yang ada di tangannya.

“Wah…halo, banyak yang suka dengan statusku,” kata Zinga.

“Apakah kamu tidak takut untuk menyombongkan diri dengan sia-sia?” Pertanyaan saya tidak mengalihkan perhatian mereka dari benda kecil di jari mereka.

“Kenapa kamu menggeleng, Din?” Tiba-tiba aku mendengar suara di belakangku. Saat aku berbalik, Disti sudah berdiri tepat di belakangku sambil memegang semangkuk sup.

Aku menatap Disti dan tersenyum. Maysa dan Jinga masih sibuk dengan aktivitas media sosialnya dan mengabaikan sup yang mereka pesan. Disti membacakan doa basmala dan memakan sotonya perlahan bersamaku.

17. Siapa yang membawakan supnya?

A. Meisa. B. Oranye. C. Disty D. Tepat.

Jawaban: C. disti.

18. Apa yang dilakukan Dinda setelah melihat teman-temannya asyik bermain gadget? Klik pilihan Benar atau Salah pada setiap pernyataan berdasarkan isi cerita. Potret seorang remaja!

A. Biarkan mereka mengatasi jadwal sibuk mereka. (Benar/Salah) B. Nikmati reaksi terhadap komentar yang Anda dapatkan dari postingan Anda. (Benar/Salah) C. Memesan dan membayar sup yang Anda pesan. (benar/salah)

Jawab: A (benar) B (salah) C (salah)

19. Apa perbedaan tokoh dalam teks narasi? Potret Seorang Remaja Klik pada setiap pilihan jawaban yang benar. Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Dinda perhatian dan menghargai teman-temannya. Maysa menjadi sombong jika menggunakan gadget baru. C. Orange rajin mencatat di ponsel pintarnya. D. Disti tak lupa berdoa sebelum makan tanpa terganggu oleh ponsel pintarnya.

Menjawab:

A. Dinda perhatian dan peduli terhadap teman-temannya.

D. Disti tak lupa berdoa sebelum makan tanpa terganggu oleh ponsel pintarnya. (Silakan baca soal nomor 20-24) Saya bangga menjadi orang Bataka

Sore itu terjadi hujan ringan. Ukok sedang jogging ketika kembali ke rumah. Dia melindungi kepalanya dengan tas sekolahnya. Dari kejauhan saya bisa melihat banyak warga berkumpul di teras rumahnya. Ukok mengalami disorientasi dan kesulitan berjalan untuk memasuki rumahnya. “Permisi, permisi, saya ingin berpapasan dengan ibu,” ucapnya sambil berpapasan dengan beberapa wanita paruh baya.

Tak lama kemudian, sang ibu mendengar suara Ukok memanggil dari dalam rumah. Rupanya ibuku sedang memasak di dapur. “Sekarang nak, jangan melalui pintu depan, silakan masuk ke rumah melalui pintu belakang.” Ukok mengikuti petunjuk ibunya dan masuk ke dalam rumah melalui pintu belakang yang langsung menuju ke dapur.

“Bu, apa yang mereka lakukan di rumah kita?” Rumah kami penuh dan sempit sehingga kami bahkan tidak bisa lewat. Ukok bertanya pada ibunya dengan nada sedikit kesal. “Oh, minggu depan adikmu akan menikah, jadi para tetangga mau membicarakannya dulu,” jawab ibu.

“Untuk apa, Bu? Kami yang pergi ke pesta, lalu kenapa mereka bertengkar?” Ukok semakin penasaran.

Asosiasi adalah kumpulan orang-orang yang tinggal di satu wilayah yang saling membantu dalam suka dan duka. Mereka sekarang sedang mengerjakan pekerjaan rumah di pesta adikmu untuk memutuskan pembagian kerja,” jelas Ibu. Gambar Soal Pemahaman Membaca ANBK SMA Kelas 8 (pusmendik.kemdikbud.go.id)

“Bu, apa yang dimaksud dengan pembagian kerja? Apakah ibumu membayar seluruh biaya untuk membantu kami?” Ukok tidak mengerti.

Biasanya bapak mendirikan tenda, menata kursi, dan memasak sapi. Ibu-ibu menyiapkan bumbu , memasak makanan, dan menyiapkan minuman yang akan disuguhkan pada acara tersebut. Entah itu saat acara bahagia seperti pernikahan adikmu, atau saat sedih seperti saat pamanmu meninggal dunia, tradisi ini disebut marusiadapari, atau gotong royong dalam suku batak. tradisi. Ini sudah berlangsung sejak lama. “Sudah berlangsung sejak zaman kakek-nenek kita,” kata ibuku panjang lebar. Gambar Soal Bacaan ANBK Kelas 8 SMA. (pusmendik.kemdikbud.go.id)

“Wah, bagus sekali, Bu! Kami tidak perlu bersusah payah memesan makanan atau membayar ini atau itu untuk mengadakan suatu acara, karena semua anggota serikat ini membantu kami,” kata Ukok , terdengar terkejut.

“Betul. Sekarang mandi dan ganti bajumu dulu. Nanti setelah kamu mandi, ikutlah ayahmu dan dengarkan diskusi mereka di teras,” kata ibunya. Itu mengingatkanku.

“Siap, Bu!” Ukok segera bersiap-siap untuk mandi. Dia tidak sabar untuk mendengar lebih banyak tentang berbagi tugas pesta dengan ayahnya nanti. Ukok senang dan semakin bangga menjadi anggota suku Batak yang selalu membantu satu sama lain.

20. Dimanakah Ukok melihat orang-orang berkumpul?

Jawaban: Di teras rumahnya

21. Apa yang akan Anda ketik di mesin pencari jika Anda ingin mencari informasi tentang Marcia da Paris?

A. Persatuan Adat Bataka. B. Tradisi gotong royong Batak. C. Perayaan pernikahan menurut tradisi Batak. D. Kegiatan pembantu berdasarkan tradisi Batak.

Jawaban: A. Berhubungan dengan adat istiadat Bataka. B. Tradisi gotong royong Batak. D. Kegiatan penunjang dalam adat Bataka.

22. Apa yang terjadi pada Ukok di awal dan akhir cerita? Klik pilihan Mulai atau Akhir untuk setiap pernyataan di bawah ini.

A. Ukok bingung karena banyak sekali orang yang berkumpul di rumahnya. (Awal/Akhir) B. Ukok mulai memahami tradisi Marcia da Paris yang berlanjut hingga saat ini. (awal/akhir) C. Ukok senang mendengarkan pembagian pekerjaan bersama ayahnya. (mulai/akhir)

Jawaban : A (awal) B (akhir) C (akhir)

23. Apa saja tokoh Ukok dalam cerita tersebut? Klik pada setiap pilihan jawaban yang benar! Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Rajin karena Ukok membantu ibunya memasak di dapur sambil mendengarkan cerita ibunya. B. Ukok sopan karena mengucapkan “permisi” ketika berpapasan dengan orang yang lebih tua sambil berjalan. C. Ukok patuh karena mengikuti petunjuk ibunya untuk segera mandi dan berganti pakaian. Ukok ingin mengetahui lebih jauh tentang tradisi masyarakat Batak.

Jawaban : B. Sopan karena Ukok mengucapkan “Permisi” ketika sedang berjalan dan berpapasan dengan orang yang lebih tua. C. Ukok patuh karena menuruti perintah ibunya untuk segera mandi dan berganti pakaian. D. Ukok ingin mengetahui lebih jauh tentang tradisi masyarakat Batak.

24. Gambar pertama dalam teks tidak mewakili isi teks secara akurat. Mengapa Anda mengklik setiap pilihan jawaban yang benar? Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Pada teks tersebut disebutkan bahwa warga berkumpul di teras rumah, namun pada foto terlihat warga berkumpul di ruang keluarga yang ada di dalam rumah. Pada kalimat tersebut tertulis ayah dan ibu sedang berdiskusi secara terpisah, namun pada foto tersebut terlihat ayah, ibu, dan anak adalah satu. Dalam teks tersebut disebutkan bahwa pada sore hari warga berkumpul di rumah Ucock, namun dalam foto terlihat masih malam. Dalam teks tersebut tertulis bahwa ibumu sedang memasak di dapur, namun di foto tersebut kamu tidak dapat melihat orang yang ada di dapur.

Jawaban: A. Pada teks dikatakan warga berkumpul di teras rumah, namun pada foto terlihat warga berkumpul di ruang keluarga dalam rumah. C. Dalam teks disebutkan bahwa pada sore hari warga berkumpul di rumah Ucock, namun dalam foto terlihat sudah malam. Teks D. mengatakan bahwa ibumu sedang memasak di dapur, tetapi di foto kamu tidak dapat melihatnya di dapur. (Pertanyaan #25-28) Wayan Entales: Wayan Modern yang terinspirasi dari Wayan Jepang

Wayan dikenal sebagai budaya khas Indonesia yang telah ada selama beberapa abad. Jenis Wayan di tiap daerah bermacam-macam, seperti Wayan Krit di Jogujakarta, Wayan Gorek di Jawa Barat, dan Wayan Oran di Chubu Java. Namun di antara beberapa jenis Wayan Indonesia, muncullah Wayan modern baru yang unik di Bali, yaitu Wayan Entales. Wayan Ental merupakan inovasi terbaru di dunia Wayan. Dari segi pembuatannya, Entre Wayan berbeda dengan Wayan biasa yang terbuat dari daun lontar. Sedangkan dari segi bentuk, Wayan Ental mempunyai bentuk tiga dimensi dan mempunyai performa tersendiri.

Entaldol dirancang khusus agar seluruh tubuh boneka terlihat hingga tangan, kaki, dan kepala, semuanya dapat digerakkan. Berbeda sekali dengan Wayan pada umumnya yang hanya menampilkan bayangan. Entaldol, selain pemodelan tiga dimensinya, dibuat jauh lebih tinggi dari boneka pada umumnya. Biasanya Marionet Entali berukuran tinggi 1 meter dan lebar 30 cm. Salah satu keunikan Wayan Ental adalah ekspresi setiap tokoh Wayan.

Wayan Ental lahir pada tahun 2016 dari pemikiran kreatif I Gustimade Dalma Putra. Wayan Ental menjadi bagian pertama dalam tugas akhir wisuda Universitas Seni Indonesia Bali. Saat pertunjukan pertama dipentaskan, Wayan Ental tidak langsung tiga dimensi, melainkan dua dimensi. Untuk pertama kalinya pada tahun 2018, Entre Wayan berubah bentuk secara tiga dimensi. Diakui Lee Gusti Made Dalma Putra, produksi Wayan Ental terinspirasi dari teknologi Bunraku (pertunjukan wayang tradisional) Jepang. Selanjutnya teknologi tersebut dipadukan dengan Teticesan, salah satu cara tradisional Wayan Bali (cara menggerakkan boneka sesuai karakter masing-masing karakter boneka).

Dari segi desain, Wayan Ental dibuat membuat Uratan Seungpe (teknologi berbasis teknologi) dan teknologi pembuatan Uratan Jepang dan menyerupai manusia. Uratin adalah ekspresi yang digunakan untuk membentuk Marionette. Selain itu, perbedaan Bunraku dan Ental Wayan terletak pada bahan bakunya. Bunraku menggunakan tiga lembar daun cangkang, sedangkan Wayan Ental hanya menggunakan dua lembar. Keunikan Wayan Ental terdapat pada ekspresi setiap tokoh Wayan.

25. Apa yang dicetuskan I Gusti Made Dharma Putra pada Wayan Ental?

A. Teknologi sumppe dan ulat. B. Bunraku Tiga Telapak.c.Teknik permainan Bunraku dari Jepang.d.Ekspresi karakter Wayan yang unik.

Jawaban: (C) Teknologi permainan sastra Jepang.

26. Jika ingin mencari informasi menarik tentang keunikan Wayan Entre, kata kunci apa yang tepat untuk mencari informasi tersebut di Internet?

Klik pada pilihan jawaban yang benar. Ada beberapa jawaban yang benar.

A. Pemilik boneka yang antusias B. Ekspresi Entali Wayan C. Ekspresi Entalian Wayan Ekspresi Entalla Wayan Boneka Terpesona.

Jawaban: Ekspresi B. Wayan secara keseluruhan. C. Ciri-ciri Entalla Wayan. D. Hiasan Entald Wayan.

27. Mengapa tepat jika menyebarkan informasi tentang Wayan Entales seperti dalam diskusi?

Klik pilihan [Benar atau Salah] untuk setiap penjelasan yang sesuai.

A. Sumber yang digunakan dalam teks ini berasal dari lembaga pemerintah yang terpercaya. B. Informasi yang diuraikan dalam teks merupakan pengetahuan umum yang perlu diketahui masyarakat umum. Pada teks tersebut kami akan memperkenalkan informasi tentang Wayan Entales yang belum begitu dikenal masyarakat.

Jawaban: a (positif) B (salah) c (positif) (membaca puisi 28-29) Wanita kuat

Kemana para wanita membawa keranjang di pagi hari? Ke stasiun, kami datang dari bukit desa sebelum peluit pagi berbunyi. Sebelum hari dimulai di pesta kerja. . Letakkan keranjang di kereta dan berangkat ke tujuan Anda. Ambil roda besinya. Bersaing dengan matahari menuju gerbang kota. Kami mengabadikan kehidupan di pasar kota. Siapakah wanita kuat yang membawa keranjang di pagi hari? Mereka adalah ibu-ibu berhati baja, wanita tangguh yang menyebar dari bukit hingga kota.. Mereka senang bergerak menghidupi desa dari desa.. (Hartyo Andanjaya, 1963)

28. Siapakah wanita kuat yang disebutkan penulis dalam puisi tersebut?

Jawaban: Perempuan di desa yang berbisnis di kota.

29. Mengapa perempuan membawa keranjang ke kereta?

Jawaban: Untuk membawa produk ke kota.

30. Sayuran di desa saya di tengah kota : Saya dan Belimbing Wreu

Saya memberikan bibit pohon Belimbing kepada beberapa tetangga. Jika mereka bekerjasama dalam penanaman pohon, desa ini akan berada dalam naungan. “Beda sekarang. Ada yang wangi dan ada yang panas,” keluhnya. “Ada yang berpendapat sulitnya mencari air. Ada pula yang berkata, “Iya, kita tunggu saja musim hujan kembali.”

“Hmm…aku tidak ingin menggunakan banyak air. Aku harus menghemat air sekarang.” Tentu saja, aku mengerutkan alisku. Jika air tetap sulit, tidak ada yang akan menanam pohon belimbing.

“Tapi jangan khawatir, masalah air untuk irigasi tanaman akan segera teratasi dengan proyek Taman RT,” kata Ayah. “Pandora L akan lahir di desa kita.”

“Pandora L? Ada apa, Ayah?”

Ini adalah model fasilitas pembuangan limbah yang baru saja selesai dibangun di desa kami. Bangunannya di atas tanah dan digunakan untuk mengolah limbah rumah tangga seperti air cucian,” kata ayahnya.

Pengolahan air Pandora L digunakan untuk menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Fasilitas Pandora L berlokasi di Campungen Ten Changirohe yang berada di tengah kota Surabaya, Jawa Timur.

(Dari kehijauan kampungku di tengah kota : Aku dan Aku dan Belimbing Wow by Tyas Kw)

Dari percakapan di atas, dapatkah kamu menyimpulkan bahwa percakapan antara karakterku dan ayahku telah terjadi?

Jawaban : Saat ini sedang musim kemarau. Anbk 2024 Kelas 8 Setara SMP: Soal Nomor 1-2 Bacaan Nomor Budidaya Hidroponik

Budidaya hidroponik fokus pada pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman dan menanam tanaman dengan menggunakan air tanpa menggunakan tanah. Banyak petani yang saat ini mengembangkan budidaya hidroponik karena hidroponik mempunyai nilai produk yang tinggi.

Pedoman masa panen dan hasil sayuran hidroponik adalah sebagai berikut. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

1. Petani hidroponik menanam keempat sayuran sekaligus. Di akhir masa panen, pot segera diisi tanaman baru, sehingga pot tidak menjadi kosong.

A. Bayam dan Pakukoi sudah bisa dipanen bersamaan pada hari ke-90. (Benar/salah)B. Kangkung dan bayam sudah bisa dipanen bersamaan pada hari ke-100. (Benar/salah) Jawaban: a (kanan) b (salah)

2. Jika berat panen masing-masing sayuran sama, beri tanda kontrol (√) pada kolom benar atau salah setiap klaim berdasarkan keterangan di atas!

A. Bayam dipanen 90 pot. (Benar/salah)B. Total berat panen sayuran keempat adalah 96 kg. (Benar/Salah) Banyak pot yang digunakan untuk menanam semua sayuran adalah 170 pot. (Benar/Salah) Jawaban: A (salah) B (kanan) C (salah) Nomor membaca 3-4 Konfigurasi Biskuit untuk Pertanyaan

Biskuit adalah makanan ringan populer sebagai teh melengkapi setiap saat. Berikut ini adalah dua jenis biskuit yang dijual di pasar. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

Berikut ini adalah daftar dua jenis biskuit. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

3. Pilih pernyataan berikut berdasarkan informasi di atas!

A. Konfigurasi biskuit lezat adalah 0,02 bagian. Komposisi natrium biskuit yang sehat adalah 0,01 bagian. C. Komposisi biskuit lemak jenuh adalah 0,16 salinan. D. Komposisi biskuit lemak jenuh adalah 0,02 bagian. Jawaban: (a) Komposisi protein biskuit lezat adalah 0,02 bagian. (C) Komposisi biskuit lemak jenuh adalah 0,16 salinan.

4. Berdasarkan informasi di atas, pernyataan yang benar adalah …

A. Biskuit halus mengandung protein kurang dari biskuit yang sehat. Biskuit lezat mengandung keseluruhan lemak secara keseluruhan dibandingkan dengan biskuit yang sehat. Kandungan lemak jenuh biskuit lezat kurang dari biskuit yang sehat. Kandungan total karbohidrat dari biskuit yang sehat lebih dari sekadar biskuit yang lezat. Jawaban: (b) Biskuit lezat adalah lemak yang paling keseluruhan dibandingkan dengan biskuit yang sehat. Baca pertanyaan # 5-6 Cara Membuat Pupuk Organik Hijau (POC)

Pupuk organik cair (POC) sangat berguna untuk mendukung pengembangan tanaman. Metode membuat POC sangat mudah menggunakan bahan -bahan di sekitar kita.

Cara membuat pupuk organik cair menggunakan daun adalah sebagai berikut. Siapkan tong plastik sedang, sekitar 50 liter. Siapkan daun hijau dalam waktu sekitar 1 kg atau sekitar satu kantong plastik besar. Siapkan pupuk daging sapi, pupuk kambing, 1 kg pupuk ayam, 1/2 kg gula dan 2 air kelapa kelapa. Siapkan tetesan 1/2 kg. Itu dimasukkan ke dalam tong plastik daun hijau segar dan dipotong menjadi fragmen kecil dengan bahan lain yang sudah disiapkan. Campur 40 liter air, campur dan aduk, tutup tong dengan tutup dengan beberapa lubang. Tempatkan campuran setiap hari dan gunakan menggunakan pupuk cair 5 hari. POC diproduksi dari sekitar 40 liter bahan.

5. Jika Anda memiliki 5 kg daun dan pupuk organik cair, berapa banyak air kelapa yang Anda butuhkan sesuai dengan peraturan? Jawaban: 10

6. POC 30 mL diperlukan untuk membantu tanaman tumbuh secara optimal untuk setiap lahan 1 m2. Lebih dari 1. ).

A. Jika ada POC 5 liter yang digunakan untuk satu pemupukan, ada 500 mL POC.B. Hingga 10 liter POC, pupuk 3 kali di tanah sudah cukup. Jika hanya 3 liter POC yang tersedia, itu adalah 50 m2 jika daerah pedesaan tidak diterapkan. Jawaban: (a) Jika ada POC 5 -liter yang digunakan untuk satu pemupukan, 500 mL POC akan tetap ada. (C) Jika hanya 3 liter POC yang tersedia, itu adalah 50 m2 jika daerah pedesaan tidak diterapkan. Pertanyaan # 7-8 Baca

Data berikut adalah peraturan siswa baru di kelas 2020/20/2021. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

Diharapkan bahwa siswa baru memahami aturan siswa baru untuk menerima siswa baru. Di bidang ini, ada sekolah menengah atas “A” yang menerima siswa baru, memiliki 200 siswa baru, dan dapat mematuhi peraturan.

7. Berdasarkan diagram melingkar, tautkan jumlah siswa baru di baris kanan baris kiri berikutnya. Lihat foto berdasarkan diagram melingkar, tautkan jumlah siswa baru ke baris kanan baris kiri berikutnya! Jawaban: SMP A Zone Road (setidaknya 160 orang) Area SMP A dari rute transfer dari Tugas Orang Tua/Wali (hingga 30 orang) (hingga 30 orang).

8. Ada SMP B di tahun yang sama. Ini juga menerima siswa baru dengan 360 siswa baru. SMPB juga menerapkan aturan yang sama dengan SMP A.

Pilih salah satu pernyataan yang benar atau salah!

A. Kemampuan jangkauan SMP A sama dengan kemampuan SMP B (benar/salah) b. SMP A dan SMP B Zone Road memiliki 128 perbedaan. (Benar/Salah) Kira -kira kemampuan untuk memindahkan tugas orang tua dari sekolah menengah A lebih dari kemampuan SMP B. Jalur pencapaian (benar/salah) Jawaban: a (benar) b (kanan) c (salah) nomor pertanyaan 9-10

Randy membesarkan 10 kelinci. Randy menawarkan tiga jenis makanan secara berurutan. Lingkup makanan yang diberikan adalah wortel, bayam air, dan makanan khusus. Anda dapat melihat waktu nutrisi untuk kelinci di meja berikut. Pusmendik.kemdikbud.go.id

9. Pilih pernyataan yang benar terkait dengan biaya pembelian kelinci setiap bulan (30)! (jawaban yang benar

A. RP90,000.00.B Biaya Pembelian Wortel. Biaya untuk membeli bayam dari RP. Biaya membeli makanan khusus adalah 90.000. Jawaban: (a) Biaya pembelian wortel dari RP90.000.00. (C) Biaya membeli makanan khusus adalah RP. Pertanyaan Tenda # 10-11 Baca untuk Produksi (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

Cv. Alva adalah produsen tenda yang menyediakan pesanan skala besar. Satu bentuk dan ukuran tenda yang dihasilkan seperti yang ditunjukkan pada gambar.

10. Berdasarkan gambar tenda, ketinggian atap tenda adalah …

A. 3 MB. 5 mc. 7 md. 10M Jawaban: A. 3 m

11. Untuk membuat tenda, Anda membutuhkan dua bahan utama yang melekat pada tulang tulang rusuk tenda, yaitu, lembaran parasut dan pipa logam. CV.Alva menawarkan dua jenis lembar parasut. Kain parasut berkualitas tinggi Rp120.000,00/m2 dan B RP berkualitas tinggi. Harga tabung logam adalah IDR 20.000/m. Tenda yang dipesan tidak dilengkapi dengan bass.

Berdasarkan informasi ini, berikan merek (√) ke kolom yang benar atau salah dari setiap klaim!

A. Area parasut yang diperlukan untuk membuat tenda adalah 276 m2. (Benar/salah) B. Panjang tabung logam dari bingkai bibir tenda yang diperlukan adalah 146 m. (Benar/Salah) Rp7.840.000.000 Tenda Modal Kain Parasut berkualitas tinggi lebih mahal daripada harga B parasut berkualitas tinggi (benar/salah) D. Harga tabung logam dari tenda yang dipesan adalah Rp1.880.000.000. (Benar/salah) Jawaban: a (salah) b (salah) c (kanan) d (kanan) Baca untuk pertanyaan

Digi memiliki saudara laki -laki 5 -tahun. Sang ibu meminta Digi untuk mendukung persiapan pesta ulang tahun dengan merekam dan mendistribusikan peralatan ulang tahunnya dan mendistribusikannya kepada para tamu.

Di pesta ulang tahun, hingga 15 keluarga digi besar berpartisipasi, dan undangan untuk teman -teman Digi hadir. Desi Family Besar memiliki tujuh orang dewasa. Semua pelayan menerima topi ulang tahun mereka.

12. Jika harga satu topi adalah Rp2.500.00 dan sang ibu menyiapkan Rp150.000,00 untuk membeli topi, kebanyakan orang dapat memberikan jumlah teman dari adik laki -laki …

A. 60b. 52c. 45d. 44 Jawaban: B. 52 (pertanyaan # 13-14) penghargaan untuk siswa yang sangat baik

Sekolah Menengah memberikan penghargaan keuangan kepada 10 siswa Futsal dan dua siswa matematika, memenangkan juara. Jumlah total uang adalah Rp3.300.000,00. Ternyata salah satu siswa bernama Zidan dimasukkan dalam Futsal Sumidean, serta anggota tim matematika yang memenangkan kejuaraan. Zidan menerima total RP dari tim video dan tim matematika.

13. Berdasarkan diskusi di atas, pilih apakah itu benar atau salah untuk masing -masing pernyataan berikut!

A. Total yang diberikan oleh sekolah untuk semua anggota tim video adalah Rp2.500.000,00. (Benar/salah) B. Banyak uang yang diberikan oleh sekolah untuk setiap anggota tim video lebih dari banyak uang yang diberikan kepada setiap anggota tim matematika. (Benar/Salah) Banyak uang yang diberikan kepada Zidane dari sekolah lebih besar dari banyak uang yang diberikan kepada tim matematika. (Benar/salah) Jawaban: A (kanan) B (salah) C (salah)

14. Tahun depan, setiap anggota tim sepak bola akan menerima hadiah yang sama dengan setiap anggota tim matematika. Dapatkah saya mengimplementasikan rencana dengan anggaran tambahan untuk Rp1.500.000.000? Tolong jelaskan alasannya. Jawaban: Ya, mungkin, 3.300.000 + 1.500.000 = 4.800.000 peserta = 10 + 2 = 12 orang, setiap peserta menerima 4.800.000: 12 = 400.000 (semua peserta akan menerima uang dari 400.000) membaca banyak pertanyaan 15-16)

Posyandu Majavirage mengukur ketinggian anak -anak di bawah usia 5 tahun di daerah tersebut.

Berikut ini adalah tabel data tinggi untuk 20 anak di bawah lima hasil pengukuran Kerlahan. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

15. Tinggi tengah bayi adalah …

A. 72 CMB. 71 cmc. 70 cmd. 69 cm Jawaban: A. 72 cm

16. Jika ada anak lain dengan ketinggian 60 cm dalam data, masukkan merek (√√) dalam semua pernyataan yang benar terkait dengan perubahan data tinggi!

A. Nilai tinggi rata -rata berkurang. Tinggi rata -rata perubahan anak. C. Ketinggian anak tidak mempengaruhi nilai mode data. Jawaban: (a) Nilai tinggi rata -rata dikurangi. (C) Ketinggian anak tidak mempengaruhi nilai mode data. Baca untuk Pertanyaan # 17-18 Nasta Cheesecake Special Eed

Mira memiliki bisnis berbasis rumah dengan membuat item naster selain dijual sendiri. Mira juga menerima perintah.

Satu botol sudah termasuk saat membuat kue naster: persiapan: -40 menit mencetak pasta dengan kue kue kue dalam oven 0,5 menit: 30 menit

1 pukulan = 40 konten kue yang merepotkan

Setiap botol berisi 50 kue yang merepotkan.

17. Saat Anda melakukan Naston, Mira selalu memiliki dua tingkat oven, sehingga Anda hanya dapat memanggang dua daun kue.

A. 1.25 JAMB. 1,5 jam. 1 jam dan 35 menit. 1 jam 45 menit Jawaban: C. 1 jam 35 menit

18. Mira kini telah menerima pesanan untuk kue keju Nasta dan memesannya untuk delapan botol dari Ny. Karim. Untuk mengemas kue, Mira membeli botol RP kosong. Mira memiliki laba keseluruhan dari pesanan RP Mrs. Calim.

Letakkan tanda (√) di semua pernyataan yang benar!

A. Banyak kue bayi yang dipesan oleh Mrs. Karim adalah 400 kubus. Modal umum Mira untuk perintah Mrs. Karim adalah RP. Harga jual trik Nastar yang dibuat oleh Mira untuk setiap toples RP. Keuntungan Mira dari satu kue RP. .

Dalam aktivitas praktis pelajaran fisik, Fatima melakukan beberapa jenis pengukuran piala. Gambar sketsa cangkir terlihat sebagai berikut. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

Trofi ini terdiri dari tiga bagian dengan bahan pabrik yang berbeda.

-Bagian bawah trofi terbuat dari tikar atau tabung, terbuat dari kayu.

-Sepsi balok terbuat dari perunggu.

-Men Bagian atas adalah bentuk piramida persegi panjang yang terbuat dari kaca.

Lembar informasi yang menyertai trofi ini diketahui bahwa kepadatan perunggu adalah 8,5 g/cm3 dan kepadatan kayu adalah 0,8 g/cm3. Ketika ditimbang trofi, Fatima memiliki 2.406 g pengukuran massa dan massa.

Berikut adalah empat pernyataan tentang bangunan. Letakkan tanda (√) di semua pernyataan yang benar!

A. Volume sentral trofi adalah 240 cm3.b. Permukaan tikar gelas adalah 297 cm2.c. Perbedaan volume trofi kayu dan kaca adalah 353 cm3. D. Permukaan perunggu yang ditampilkan dalam trofi adalah 272 cm2. Jawaban: (a) Volume trofi adalah 240 cm3. (C) Perbedaan volume trofi kayu dan trofi kaca adalah 353 cm3. Baca pertanyaan # 20-21 biaya bulanan Mrs. Ani

Untuk melihat biaya bulanan, Ny. Ani membuat memo dalam tiga kategori, termasuk air Pam, listrik, dan kebutuhan makanan. Berikutnya adalah memo tentang Ny. Ani (Rupia) dalam empat bulan terakhir sebagai ilustrasi untuk beberapa bulan ke depan. Pengeluaran Bulanan Mrs.

20. Harap pertimbangkan catatan pengeluaran dan diagram batang dari tabel berikut. Bantu Mrs. Ani menentukan presentasi data format mana yang lebih cocok untuk kebutuhannya. Klik opsi yang sesuai! Catatan: Pengeluaran bulanan di Rupia. (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

A. Bandingkan biaya listrik setiap bulan. (Tabel/Diagram Batan) B. Hitung seluruh biaya setiap bulan. (Diagram Tabel/Batan) C. Lihat gambar biaya setiap kategori. (Tabel/Diagram Batan) Jawaban: A (batang -diagram) B (tabel) C (gambar Batang)

21. Mrs. Ani menyatakan bahwa kisaran pengeluaran bulanan melebihi Rp2.800.000,00. Apakah Anda setuju dengan pernyataan Mrs. Ani? Menjelaskan! Jawaban: Ya, biaya dapat dihitung dengan formula rata-rata, jadi hasilnya adalah pertanyaan # 22-23 nomor RP2.866.250 baca.

Drop School adalah masalah yang membutuhkan perhatian. Penyebab anak -anak yang meninggalkan sekolah termasuk kemiskinan, faktor ekonomi, dan akses ke pendidikan.

Data berikut adalah banyak anak yang meninggalkan sekolah di Bungle pada tahun 2016. Nomor output (pushmendik.kemdikbud.go.id)

22. Rata -rata, banyak anak meninggalkan sekolah di area pelana di semua tingkatan …

A. 31 orang. Sekitar 40 orang 63. Korespondensi 158 orang: B. 40 orang

23. Bungle -Probinsia Pemerintah menawarkan beasiswa untuk sekolah yang ditinggalkan di Bungle. Setiap area menerima beasiswa dari satu orang di setiap tingkat pendidikan.

Jika diketahui: 1. Dila, yang tinggal di wilayah Kaur, ingin melanjutkan penelitian di tingkat SD2. Dino tinggal di daerah pelana dan ingin melanjutkan sekolah di tingkat SMP3. Lani tinggal di daerah Mukomco dan ingin terus belajar di tingkat sekolah menengah pemuda

Kesimpulan kesempatan Dila, Dino, dan Rani untuk mendapatkan beasiswa adalah sebagai berikut: (jawaban yang benar

A. Hal yang sama berlaku untuk beasiswa Dino dan Lani. Generasi Dino, yang mendapat beasiswa, lebih kecil dari Rani.C. Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa DIRA adalah yang terkecil dari Dino dan Lanido. Semua anak di setiap wilayah memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan beasiswa sekolah menengah muda. Jawaban:B. Pilihan untuk mendapatkan Dino-Scholarships lebih kecil dari kesempatan Lani. C. Kemungkinan memperoleh beasiswa adalah minimum daripada Dino dan Lani. Pertanyaan # 24-26 Baca untuk dekorasi

Elina memasang dekorasi rumah dari kertas origami dalam kombinasi tiga warna dasar, yaitu, merah, kuning, dan hijau. Eryna menciptakan dekorasi percakapan, menggunakan dua jenis motif hati, motif hati yang besar dan motif hati kecil dengan motif hati kecil. Berikut ini adalah dekorasi rumah yang dibuat oleh Elina. Dekorasi dekoratif (Pusmendik.kemdikbud.go.id)

Eryna memberikan angka pada pola dalam angka 1, 2, 3, dll. Mulai dari kanan. Motivasi hati adalah ukuran merah besar, yang merupakan motif hati yang besar, besar dan kecil.

24. Berdasarkan informasi ini, jumlah serial di dinding baris kiri dipasangkan dengan bentuk pikiran dan warna yang cocok dengan kolom kanan! Lihat fotonya. Jawaban: Menanggapi dekorasi

25. Tentukan deskripsi berikut terkait dengan jumlah templat dan dekorasi! Klik semua pernyataan yang benar! (jawaban yang benar

A. Motif jantung merah besar adalah angka 1, 3, 5, 7, …. B. Motivasi jantung yang terdiri dari hati kuning besar dan hati merah kecil dapat ditemukan di kelipatan 6.C di setiap angka. Bilangan 4, 10, 16, 22, …. Setiap pola dengan nomor seri menunjukkan motivasi jantung hijau kecil yang selalu melekat pada bentuk jantung kecil di bawah respons. Hiasan hati, yang terdiri dari hati kuning besar dan hati merah kecil untuk setiap angka dengan beberapa 6, adalah nomor 4, 10, 16, 22, … D. Angka selalu dalam bentuk paling bawah

26. Jika Eryna menghiasi urutan ke -28, tentukan apakah pernyataan berikutnya benar atau salah. Klik pada kotak yang sesuai!

A. Ada lima bentuk jantung kuning kecil. (Benar/salah) B. Ada sembilan bentuk hati merah besar. (Benar/Salah) Ada tanaman hijau besar dan kuning kecil dengan sekitar lima hati. (Benar/benar) Jawaban: A (kanan) B (salah) C (kanan) Pertanyaan # 27-28 Baca konten

Sabrina adalah orang dewasa yang ingin mengatur menu makanan sesuai dengan nutrisi seimbang. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, ia mengikuti rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada bagian makanan di satu piring makan. Isi piringku (pusmentik.kemdikbud.go.id)

27. Makanan yang tersedia saat ini adalah nasi, ayam goreng, Kankon yang merepotkan, dan pisang. Jika Sabrina ingin makan sesuai dengan aturan konten pearing saya, keputusan mana yang paling tepat?

A. Bagian dari air goreng kurang dari ayam goreng. Bagian pisang lebih dari nasi. Sayurannya sama dengan nasi, tetapi lebih dari ayam goreng. Bagian ayam goreng sama dengan pisang, tetapi lebih dari sekadar mengisap air yang kesal. Jawaban: C. Sayurannya sama dengan nasi, tetapi lebih dari ayam goreng.

28. Berdasarkan panduan makanan nutrisi yang seimbang untuk “mengisi pipa saya”, orang dewasa harus mengkonsumsi sekitar 150 gram beras (setara dengan 300 gram kentang atau 75 gram mie kering).

サブリナの家では、ジャガイモ(ジャガイモ= 75グラム)ご飯(1セント米= 50グラム)数杯の乾燥麺(ガラス= 50グラム)のフルーツのサイドディッシュ

これに基づいて、サブリナの基本的な食べ物のニーズと保健省の推奨事項で正しいかどうかにかかわらず、次の声明を決定してください!適切なボックスをクリックしてください!

A.サブリナは、サイドディッシュよりも4つのジャガイモと多くの部分を食べます。 (右/不適切)b。 Sabrinaは3セントグリンダーを食べ、その部分は果物よりも少ないです。 (右/不適切)約サブリナは1杯のドライ麺を食べ、その部分は野菜と同じです。 (正確/不適切)回答:A(右)B(間違った)C(間違った)質問#29-30ゴミの読み取り

廃棄物銀行は、経済的価値を持つようにリサイクルおよび/または再利用できる廃棄物を注文および収集する場所です。ゴミ銀行は、ボランティアの役員が作成した銀行としてシステムを使用して管理されています。預金者は、ゴミの場所に住んでおり、銀行での貯蓄として貯蓄帳を受け取る居住者です。

ゴミ缶に収集されたごみの1つの種類は、プラスチックボトルを使用することです。収集されたペットボトルを使用すると、多くのゴミ銀行が他の廃棄物を受け入れるための魅力的なゴミとしてそれを使用します。

このゴミは、このペットボトルから作ることができます。さまざまなサイズで作ることができます。以下は、ごみ測定の例です。 Garbage Bank(pusmendik.kemdikbud.go.id)

29. 1週間の村のレベルのゴミは、多くの無機廃棄物を収集することができるため、8つの大きなサイズのバケツに無機廃棄物で満たされています。収集された無機廃棄物の能力は何ですか?

A. 1,600,000 cm3b。 5,120,000 cm3c。 6,400,000 cm3d。 12,000,000 cm3回答:B。5,120,000 cm3質問に答えるための読書#30バス

Pak Ahmadの家族には、水を通して水で流れる梁のあるバスタブがあります。 Pak Ahmadの家族には、水を通して水で流れる梁のあるバスタブがあります。

30.ある日、お風呂の水は、消滅するまで空になったり解放されたりします。クリアされる前に、バスタブにはまだ1/4の水道管が含まれています。チューブ内のすべての水は、10分間支出するために穴から放出されます。穴から出てくる平均水排出は…

A. 20リットル/分32リットル/Minutec。 36リットル/採掘。 40リットル/分回答:C。36リットル/分

*)免責事項:この記事は、子供の学習を導くために親のみを目指しています。

対応するキーを見る前に、生徒はまず自分で答えてから、この記事を使用して生徒の仕事を修正する必要があります。

(Tribunnews.com/sri Juliati/Nurkhasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *