PKKMB UKI 2024, Rektor: Persiapkan Diri untuk Jadi SDM Unggul Guna Hadapi Tantangan Globalisasi

TRIBUNNEWS.COM – Memasuki masa pengenalan kampus, Universitas Kristen Indonesia (UKI) melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2024 yang mengusung tema ‘Keluar Menara Baru. Ayo berjuang untuk yang terbaik’, PKKMB UKI 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-6 September 2024, di Universitas Kristen Indonesia, Cawang, Jakarta Timur. 

Rektor UKI, Prof. kata Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH, MH, MBA mengajak seluruh mahasiswa baru UKI untuk mempersiapkan diri dalam meraih keunggulan dalam menghadapi tren keunggulan demografi di Indonesia. 

Hal inilah yang diutarakan Prof. Dhaniswara pada Sidang Terbuka Majelis UKI dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor, Magister, Sarjana, Sarjana Terapan, Diploma 3 Tahun Akademik 2024/2025, di Aula Gedung AB Kampus UKI Cawang, Jumat (6 /9/2024 ) ). 

Prof. Dhaniswara mengatakan untuk menghadapi perubahan yang cepat dan tantangan global, Kantor Urusan Internasional UKI mendukung program internasionalisasi dalam seluruh kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Tak hanya itu, lanjut Prof. Dhaniswara, mahasiswa juga mendapatkan paparan Artificial Intelligence (AI) melalui AI Center of Excellence UKI. 

“Kantor Urusan Internasional dan AI Center of Excellence mendorong pengembangan pendidikan lebih lanjut di UKI dengan tetap mengedepankan nilai-nilai UKI, seperti kerendahan hati, berbagi dan peduli, profesionalisme, disiplin, tanggung jawab dan integritas,” kata Prof Dhanishwara.

Guru besar bidang Hukum Bisnis ini juga mengatakan bahwa UKI menjalankan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, yaitu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memungkinkan mahasiswa belajar di luar program studi selama semester 1-2, serta kegiatan MBKM lainnya. 

“Dengan mengikuti program MBKM diharapkan setelah menempuh studi di UKI dapat menjadi sumber daya manusia yang siap digunakan dalam dunia usaha industri. “UKI memahami visi negara Indonesia, menjadi negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” kata Prof. Dhanishwara.

“Manfaatkanlah kesempatan yang diberikan untuk kuliah di UKI karena ini merupakan anugerah dari Tuhan. Perjuangan itu perlu. Jangan mudah menyerah. berusahalah untuk berprestasi dimanapun kalian ditempatkan,” ucap Prof. Dhaniswara kepada mahasiswa baru yang hadir.

Sekadar informasi, rangkaian kegiatan PKKMB UKI 2024 antara lain adalah Entrepreneurship Talk yang disampaikan oleh Rektor UKI, Prof. Dhaniswara K. Harjono; Pendidikan Tinggi di Era Revolusi 4.0 dan Masyarakat 5.0 dibawakan oleh content kreator Danang Giri Sadewa dan Akademisi Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UKI, Evi Deliviana, MPsi yang membawakan topik ‘Jaga Kesehatan Mental yang Baik’. 

Sementara itu, Guru Besar IPB yang juga Direktur Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Diktiristek Prof. kata Dr. Illah Sailah menyampaikan materi tentang Sistem Pendidikan Tinggi dengan penekanan antara lain pada pentingnya mahasiswa menyeimbangkan hard skill dan soft skill untuk menjadi sumber daya manusia yang lebih baik. 

Selain itu, Dr. Theza Pellondo’u.P, Sp.KF menjelaskan pentingnya mencakup keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan. 

Selain itu, para mahasiswa baru juga menjalani pelatihan Pertahanan Negara dan Ancaman Terorisme yang dilakukan oleh Rindam Jaya. 

Dalam rangka memantapkan kemampuan akademik dan non-akademik, dilakukan sosialisasi tentang Unit Kegiatan Mahasiswa yang merupakan wadah kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa selama menempuh pendidikan. 

Selanjutnya mahasiswa baru UKI mendapat materi Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Satgas PPKS UKI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *