Pengamat: Asuransi Perkuat Kemandirian Individu di Masa Depan

Laporan Reporter Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Populasi lansia memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian negara dan perilaku konsumen masyarakat akan menurun secara signifikan.

“Seorang pensiunan wajib memiliki asuransi untuk menjaga kehidupannya dengan baik,” kata pengamat pendidikan dan asuransi Yurita Puji kepada wartawan, Rabu (28/8/2024).

Para dosen di beberapa universitas di Jakarta berpendapat bahwa asuransi menjadikan stabilitas sebagai program perlindungan sosial, dan juga menciptakan kemandirian untuk dapat menghidupi diri sendiri di masa depan.

Yurita menekankan perlunya mendorong masyarakat untuk saling membantu dengan memberikan edukasi kepada lingkungan tentang pentingnya perencanaan hari tua, pembayaran kesehatan, pemenuhan kebutuhan pensiun, bahkan asuransi kematian.

“Peran modal sosial sangat penting dalam memberikan informasi mengenai permasalahan ini.

Oleh karena itu, perusahaan asuransi dan jejaring sosial Indonesia harus mengedukasi masyarakat dan mengubah sikap negatif terhadap asuransi menjadi positif.      

Ia mengatakan, upaya sosialisasi kepada masyarakat mengenai jaminan sosial atau asuransi bukanlah tanggung jawab pemerintah melainkan tanggung jawab setiap individu.

“Masyarakat sipil perlu menjadi bagian dari perubahan dalam memobilisasi masyarakat untuk mengutamakan keamanan masyarakat,” ujarnya.

Dalam majalah yang ditulis dengan topik Social Capital pada perusahaan asuransi di Indonesia, artikel tentang studi banyak pensiunan yang dipresentasikan pada forum Sunbelt International Network for Social Network Analysis 2024 yang diadakan di Inggris baru-baru ini, Yurita mengatakan tentang masalah membaca . dalam hal perencanaan hari tua.

“Membaca itu sulit karena seringkali bertentangan dengan budaya yang berkembang di masyarakat bahwa tanggung jawab anak adalah menjaga orang tuanya,” ujarnya.

Namun, kata dia, tidak semua anak mempunyai cukup uang untuk mendapatkan asuransi orang tuanya atau asuransi dirinya sendiri.

Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kesadaran akan tanggung jawab sosial untuk saling mengingatkan tentang pentingnya perencanaan masa tua. “Modal Sosial juga penting dalam meningkatkan kesadaran industri asuransi,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *