Singgung Isu Palestina, Grand Syekh Al-Azhar Minta Umat Jaga Persatuan saat Kunjungan ke Indonesia

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Syekh Besar Universitas Al-Azhar As-Siyarif, Kairo, Mesir, Prof. Dr. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Ahmad Muhammad Ahmad Al Tayeb mengingatkan umat Islam untuk menjaga persatuan.

Ia mengingatkan, Allah SWT memerintahkan untuk tidak memecah belah umat Islam.

“Jangan berpisah. Sabar. Allah memang bersama orang yang sabar,” kata Al Tayeb dalam kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Menurut Al Tayeb, umat Islam harus saling bertoleransi.

Saat ini, menurut al-Tayyib, dakwah harus mampu menjaga persatuan umat Islam.

“Bagaimana umat Islam memperlakukan satu sama lain dengan ramah dan toleran. Ini adalah situasi yang kelam dan dakwah umat Islam terus menjadi tanggung jawab pertama untuk menyelesaikan perbedaan yang menempatkan umat Islam dalam konflik,” kata Al Tayeb.

Al Tayeb mengungkapkan bahwa banyak pihak di luar Islam yang saat ini mencoba mengambil keuntungan dari perpecahan dalam komunitas Muslim.

Ia mengingatkan umat Islam untuk memberikan perhatian penuh terhadap rakyat Palestina.

“Ada banyak orang di luar Islam yang mengambil keuntungan dari perpecahan Islam. Bukankah masalah yang lebih besar ini harus diatasi?” ujar Al Taib.

“Masihkah para pemuda mengetahui apa yang sedang dialami Palestina, mereka terlalu sibuk untuk mengurusi permasalahan tersebut sebagai urusan yang lain? Mereka lupa akan perintah berdakwah, mereka lupa akan kewajiban yaitu persatuan umat Islam,” Al Tayyeb dikatakan.

Al Tayeb sebelumnya sempat berkunjung ke Istana Negara untuk bertemu Presiden RI Joko Widodo.

Kuliah umum Grand Syekh Al Azhar dan Prof. Dr. K.H. Muhammad Quraish Shihab, LC., M.A.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *