Setelah Putusan MK, Jokowi Diprediksi Bakal Mulai Ditinggalkan Usai Kekuasaan Beralih ke Prabowo

Laporan Igman Ibrahim dari Tribunnews.com

BERITA TRIBUN. Daki, mantan gubernur Jakarta, diperkirakan akan mengundurkan diri setelah peralihan kekuasaan.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan penghentian jabatan Presiden akan menghilangkan kekuasaan Jokowi.

Belakangan, kekuasaan mulai beralih ke Prabowo Subianto sebagai pemenang pemilu.

Wajar jika setelah calon presiden terpilih, pelan-pelan mantan presiden akan menunjukkan keperkasaannya. Matahari beralih ke presiden terpilih. Ini hukum alam, kata Adi, Selasa (23/4/2024). ).

Menurut Adi, permasalahan serupa juga terjadi pada masa pemerintahan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Uddhoyono (SBY) saat masa jabatannya berakhir. Saat itu, SBY kehilangan pengaruh dan akhirnya berpindah ke Jokowi sebagai pemenang pemilu presiden.

“Saat itu elite beralih ke Jokowi yang dinyatakan sebagai pemenang. Bahkan dengan adanya Jokowi, pengaruhnya tidak akan sekuat beberapa bulan ini. Dan lambat laun elite mulai condong. siklus,” katanya.

Namun, kata Adi, ada peluang bagi Jokowi untuk mempertahankan kekuasaan politik melalui putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, yang kini menjabat sebagai wakil presiden Prabowo.

Apapun gelarnya, Gibran terpilih sebagai wakil presiden, padahal masyarakat tahu bahwa jabatan wakil presiden hanya sebatas ‘ban serep’. Namun kemungkinan peningkatan kekuasaan melalui Gibran jelas terlihat.

Adi Jokowi mengatakan, ia bisa melanjutkan kekuasaan politiknya melalui Gibran hanya dengan satu syarat. Artinya, Gibran pasti pernah bergabung atau menjadi bagian dari partai yang lebih besar.

Catatan: Gibran harus mendapat dukungan partai besar atau menjadi bagian dari partai besar, tanpanya sulit meningkatkan kekuatan politiknya. Yang berkuasa tetap presiden, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *