Bagaimana Influencer Tiktok Picu Krisis Mentimun di Islandia

Ambil gelas plastik besar bertutup dan tambahkan: parutan mentimun dan sedikit krim keju. Potong sepotong salmon asap dengan gunting dan potong bawang merah. Kemudian tambahkan air jeruk lemon, biji-bijian dan glutamat sesuai selera. Tutupi gelas dan kocok kuat-kuat hingga tercampur rata – selesai!

Hasilnya – menurut Logan Moffitt – adalah “bagus” Anda ingin mendapatkan lebih banyak. Logan Moffitt adalah warga Kanada, yang tinggal di Ottawa – dan bintang TikTok, dengan 6 juta pengikut. Videonya tentang berbagai resep salad mentimun telah dilihat lebih dari 30 juta kali. Ia dikenal dengan julukan The Cocker Guy.

Sekitar 4.000 kilometer dari Ottawa dan penerbangan delapan jam, video Moffitt menimbulkan kegemparan di Islandia, yang terletak di tengah Atlantik Utara. Negara kepulauan ini terkenal karena gunung berapi, iklim yang keras, dan bentang alam yang masih asli.

Apa itu Islandia: Hampir 400.000 penduduknya suka makan mentimun. Negara ini menanam 6 juta mentimun di pertaniannya, setara dengan sekitar 15 mentimun untuk setiap penduduk Islandia per tahun.

Namun sejak Logan Moffitt memposting resep salad mentimunnya dan beberapa influencer Islandia membagikan resep mereka pada awal Agustus, mentimun sulit ditemukan di supermarket lokal. Islandia terpaksa mengimpor mentimun dari Belanda. Influencer cenderung menciptakan kekacauan

Ini bukan pertama kalinya media sosial berperan penting dalam menciptakan kegemparan atas suatu makanan tertentu. Pada Juli 2023, seorang food blogger di TikTok memposting croissant, roti khas Prancis dengan warna-warni, dari sebuah toko roti di New York. Meskipun setnya berharga 10 dolar AS, toko roti itu penuh dengan pelanggan. Antrean panjang berlangsung berhari-hari, dan pelanggan terkadang hanya diperbolehkan dua croissant per pelanggan. Datang dan daftar gratis untuk buletin mingguan Wednesday Bite. Isi ulang pengetahuanmu selama seminggu, agar topik diskusi semakin menarik!

Pada Januari 2024, influencer Swiss Steve Merson mengumumkan melalui TikTok bahwa dia akan menawarkan kebab gratis di depan sebuah bar makanan ringan di pusat kota Zurich. Massa yang berkumpul saat itu begitu banyak sehingga polisi harus datang dua jam kemudian untuk meredam masalah tersebut.

Dunia food blogging semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak TikToker yang memantapkan diri dengan resep kreasi mereka, yang terkadang tampak konyol. Mereka telah membangun basis penggemar setia yang memasak dan berbagi resep – seperti koki Jerman Paul Cooks, yang suka menghiasi kreasinya dengan daging mentah. Perilaku tersebut bisa tiba-tiba hilang lagi dengan sangat cepat

Kesamaan dari semua kebiasaan makan ini adalah bahwa hal itu terjadi secara spontan, tetapi segera hilang. Bahkan di Islandia, pihak-pihak yang terkena dampak telah bertindak dengan tenang. Juru bicara Asosiasi Petani Islandia mengatakan pasokan pertama mentimun untuk penduduk Islandia dijamin akan diperbarui dalam waktu seminggu.

Sementara itu, kesuksesannya sejauh ini telah menginspirasi pemain ayam jantan Logan Moffitt untuk berusaha lebih keras. Dalam salah satu video salad mentimun terbarunya, dia memadukan sayuran favoritnya dengan selai stroberi, selai kacang, dan madu.

Meskipun Cucumber Boy sedang populer saat ini, sepertinya resep Salad Selai Strawberry tidak akan sesukses resep Salad Mentimun Jus Lemon miliknya. Pasalnya selai stroberi, selai kacang, dan madu masih banyak tersedia di supermarket Islandia.

(sel/yf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *