Pemboman Majdal Shams Ulah Roket Falaq Hizbullah atau Justru Gegara Rudal Eror Iron Dome Israel?

Apakah ledakan di Majdal Shams berasal dari rudal Falak Hizbullah atau memang penyebab jatuhnya rudal “Iron Dome” Israel?

TRIBUNNEWS.COM – Pasukan keamanan Israel mengatakan pada Sabtu sore (27/7/2024) bahwa kelompok pemberontak Lebanon, Hizbullah, menembakkan bom ke kota Majdal Shams, menewaskan 12 warga sipil, termasuk 10 anak-anak.

Ledakan Majdal Shams dipandang membuka jalan bagi perang panas berskala besar, meski hanya konflik sementara antara kedua negara.

Menurut laporan, Israel menggunakan tambang Majdal Shams sebagai alasan utama melancarkan operasi militer yang telah dipersiapkannya selama berbulan-bulan.

Pejabat militer Israel bahkan menyebutkan jenis rudal Hizbullah yang digunakan dalam serangan itu, dengan mengatakan itu adalah rudal Falak-1.

Di sisi lain, Hizbullah sepenuhnya membantah terlibat dan bertanggung jawab atas serangan mematikan di kota Julani di Suriah yang diduduki Israel. Foto @IDF menunjukkan sedikitnya 12 orang tewas dalam kejadian tersebut. (X) Benarkah rudal Falak-1 yang menyebabkan bom tersebut?

Tinjauan singkat mengenai lokasi pemboman dan rekaman video waktu serangan melemahkan narasi Israel dan sebenarnya memperkuat klaim Hizbullah, tulis Al-Mayadeen.

Sebelum menganalisis waktu penyerangan Majdal Syams dan akibat ledakannya, ada beberapa hal yang perlu dijelaskan.

Pertama, para pejabat Israel mengatakan bahwa Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengidentifikasi proyektil yang digunakan dalam serangan itu sebagai rudal Falak-1, yang dilaporkan mendukung kecurigaan mereka. Hizbullah Lebanon menggunakan rudal Falak dan Katyusha untuk menyerang posisi Israel. (pemberitaan)

Rudal Falak-1 merupakan rudal balistik dengan ciri-ciri sebagai berikut:

Panjang 240mm

Panjang 1320mm

Panjangnya sekitar 10 kilometer

Jarak penerbangan maksimum adalah 3,5 km

Kepala berdaya ledak tinggi 50 kg

Roket bahan bakar padat

Kedua, hulu ledak dengan daya ledak tinggi sering kali mengandung campuran bahan peledak selain yang berfungsi sebagai pecahan yang dihasilkan oleh tekanan bahan peledak.

Setelah periode tumbukan, sebuah ruang muncul di atasnya.

Ukuran lubang ini bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk ukuran bahan peledak, tekanan hulu ledak di tanah, struktur permukaan, dan faktor lainnya.

Ketiga, rudal Falak mengkonsumsi bahan bakar padat kurang dari dua detik setelah diluncurkan. Sistem pertahanan udara “Iron Dome” Israel mencegat roket yang ditembakkan Hizbullah dari Lebanon selatan ke wilayah Palestina utara. (Newser) Pendaki Iron Dome Israel telah mencatat beberapa kegagalan sejak Oktober

“Faktor lain yang sangat penting yang mendukung penolakan keterlibatan Hizbullah adalah kegagalan rudal pencegat sistem Pertahanan Iron Dome,” tulis Al-Mayadeen dalam penjelasannya yang menyertakan rudal Iron Dome.

Rudal permukaan-ke-udara “Tamir” telah berulang kali disebutkan dalam beberapa bulan terakhir.

Di antaranya jatuhnya Iron Dome di Tel Aviv pada awal Desember 2023 dan kebakaran penjara Israel di Al Jalil menyusul jatuhnya drone Hizbullah pada 25 Juli 2024.

Banyak kejadian seperti itu yang beberapa di antaranya terekam kamera, termasuk yang terjadi saat rudal Tamir Israel menghantam rumah sakit Tel Aviv pada 6 November 2023.

Beberapa masalah teknis yang terkait dengan baterai Iron Dome dapat menyebabkan kegagalan besar pada dudukannya.

Masalah-masalah ini termasuk radar yang tidak berfungsi, pencari radar yang rusak, sensor autopilot yang rusak, motor yang rusak, dan kemungkinan masalah lainnya.

Yang paling berbahaya adalah kesalahan pada sensor peluncuran, yang membuat operator tidak mungkin menghancurkan rudal yang rusak atau mendarat di udara. Apakah Majdal Shams terkena rudal “Tamir” Israel?

Kesalahan dalam rudal permukaan-ke-udara yang ditembakkan oleh rudal Iron Dome tepat di belakang Majdal Shams mungkin menjadi penyebab pembantaian tersebut.

Majdal Shams, salah satu pemukiman Israel pada tahun 1967, menampung Druze Arab Suriah dan sejumlah kecil pemukim Israel.

Di kota dan pameran mobil serupa lainnya, yang terwakili dengan baik oleh warga, perlawanan Islam di Lebanon belum dimunculkan secara langsung sejak 8 Oktober 2023.

“Meskipun Hizbullah telah menembakkan senjata sungguhan seperti anti-tank dan drone ke posisi militer Israel di kota-kota seperti Arab al-Aramsheh, mereka tidak pernah menembaki kota-kota tersebut dengan roket pencegat,” kata laporan itu.

Perlu dicatat bahwa Hizbullah tidak pernah menyerang Majdal Shams selama hampir 300 hari perlawanan sengit di dekat perbatasan Lebanon-Palestina.

“Hizbullah tidak segan-segan mengambil tanggung jawab atas kecelakaan di masa lalu, seperti yang terjadi pada perang tahun 2006 di Lebanon, ketika sebuah roket yang ditembakkan oleh pejuang Hizbullah menghantam sebuah rumah di Al-Nasira,” kata al-Mayadeen.

Serangan itu terjadi pada 19 Juli 2006, dan Sayyed Hassan Nasrallah, Sekretaris Jenderal Hizbullah, mengambil kesempatan lain di tengah perang yang sedang berlangsung untuk meminta maaf kepada keluarga tersebut.

Dia berkata: “Atas nama saudara dan saudari saya, saya meminta maaf kepada keluarga korban serangan di An-Nasira.

“Banyak hal seperti itu yang terjadi. Namun, kami menganggap mereka yang terbunuh di An-Nasira sebagai syahid Palestina dan syahid negara. Saya menyampaikan belasungkawa kepada mereka.” Orang-orang berkumpul di lokasi tambang di Golan, 27 Juli 2024 (via Almayadeen) setelah ledakan terjadi

Berdasarkan bukti yang dikumpulkan dari lokasi ledakan, kawah akibat proyektil tersebut memiliki lebar sekitar dua meter dan kedalaman beberapa sentimeter.

Artinya hulu ledak yang meledak di sini kurang dari 50 kilogram dan sekitar 10 kilogram.

Sebagai perbandingan, kawah yang dihasilkan oleh rudal Falak-1 di Kiryat Shmona memecahkan semen dan merusak infrastruktur di sekitarnya, seperti terlihat dalam video di bawah ini.

Rudal Falak-1 adalah salah satu roket Hizbullah yang paling kuat, yang dapat diluncurkan dari berbagai rudal dan dapat menghancurkan sasaran.

Di sisi lain, kawah yang ditemukan di Majdal Shams kemungkinan besar disebabkan oleh rudal Tamir dari Iron Dome Israel.

Ada kemungkinan Hizbullah menggunakan amunisi kaliber kecil dalam serangan tersebut, karena pihak berwenang Israel mengatakan bahwa amunisi yang digunakan dalam serangan tersebut adalah rudal Falak-1.

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah banyaknya bahan bakar yang dihasilkan akibat dampaknya terhadap lapangan sepak bola. Hulu ledak berkapasitas tinggi tidak menghasilkan bola api besar saat diledakkan.

Sebaliknya, hulu ledak menciptakan gelombang yang kuat dan perpecahan yang kuat. Ledakan hulu ledak HE menghasilkan panas, gelombang kejut, dan pecahan peluru, bukan bola api yang terlihat.

Gelembung besar yang terlihat berhubungan dengan bahan sintetis, seperti yang ditemukan di mesin roket atau tangki bahan bakar.

Seperti yang terlihat dalam video ini, proyektil tersebut menghasilkan api dalam jumlah besar. Rudal “Tamir” yang ditembakkan dari jarak dekat dapat memiliki bahan bakar dalam jumlah besar, karena rudal pertahanan udara dirancang untuk terbang pada jarak sekitar 70 kilometer.

Ini berarti sebagian besar bahan bakar yang digunakan untuk penerbangan roket meledak setelah diluncurkan, sehingga menimbulkan bola api di dalam roket.

Meskipun Israel mengatakan bahwa Hizbullah menyerang menggunakan rudal Falak-1, analisis yang lebih serius merujuk pada rudal pencegat Israel “Tamir” sebagai indikasi ledakan yang dapat dipercaya. Perbedaan ukuran kawah, pola letusan, dan pola letusan historis Hizbullah mendukung penjelasan alternatif ini.

Al-Mayadeen menulis: “Kisah sebenarnya di balik ledakan Majdal Shams masih diselimuti kerahasiaan, namun bukti yang disajikan di sini memberikan alasan kuat untuk membalikkan narasi awal yang diperkenalkan oleh Israel dengan menyalahkan Hizbullah.” IDF memperkirakan Lebanon akan diserang dalam waktu 24 jam

Israel menggunakan tambang Majdal Shams untuk melaksanakan rencana melakukan operasi militer di Lebanon.

Pada Minggu malam waktu setempat (28/7/2024), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mendapat “lampu hijau” untuk menyerang Hizbullah di Lebanon. Israel diperkirakan akan melancarkan serangan darat dalam 24 jam ke depan.

Beberapa jam sebelumnya, para pemimpin tinggi militer Israel dan IDF menyetujui rencana operasi militer melawan Lebanon.

Daftar pejabat tinggi CIS yang ikut serta dalam pertemuan tersebut antara lain Kepala Staf IDF Gerzi Halevi, Kepala Komando Utara, dan Kepala Direktorat Intelijen.

Dengan adanya lampu hijau dari eselon politik Israel, serangan darat diperkirakan akan segera terjadi.

“Izin” untuk menyerang Lebanon diberikan sebagai respons atas serangan Hizbullah terhadap beberapa anak dan remaja yang bermain sepak bola di Majdal Shams, Dataran Tinggi Golan, pada Sabtu sore (27/7/2024).

Sebuah video yang dibagikan di media sosial menunjukkan pergerakan sekelompok besar tank dan kendaraan militer Israel di bagian utara Lebanon.

Di antara yang terlihat adalah tank Merkava dan konvoi baterai pertahanan udara Iron Dome.

Hizbullah membantah bertanggung jawab atas serangan terhadap Majdal Shams. Tentara Lebanon juga mengklaim rudal tersebut berasal dari Iron Dome, namun tidak mengenai sasaran.

Hizbullah dikabarkan juga bersiaga pada Minggu (28/7/2024).

Sayyid Hassan Nasrallah, pimpinan Hizbullah, disebut-sebut akan mengizinkan perang jika Israel berani menyerang Lebanon.

Dia mengatakan: “Kami tidak ingin perang skala penuh dengan Israel, tapi kami siap untuk itu. Ingatlah bahwa konflik besar di Lebanon dapat mencakup poros perlawanan.”

Di ambang Perang Patriotik Hebat

Aaron David Miller, peneliti senior di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan kepada CNN untuk menjelaskan situasi saat ini.

“Perang ini dapat menciptakan situasi yang belum pernah kita lihat sebelumnya di kawasan ini: perang regional besar yang dapat meluas hingga ke Teluk Persia.”

Ia memperingatkan bahwa perang ini dapat menimbulkan konflik antara Amerika dan Iran secara langsung.

Selama perang yang berlangsung hampir 10 bulan, Israel, Hizbullah, dan Iran perlahan-lahan mundur dari apa yang tampaknya merupakan kebuntuan.

“Pada bulan Januari, Israel membunuh seorang pemimpin Hamas di Beirut. Perang belum berakhir.”

“Pada bulan April, Israel membunuh seorang komandan senior Korps Garda Revolusi Iran (IRCHG) di Damaskus. Sebagai tanggapan, Iran melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel. Perang belum berakhir.”

“Situasi ini tentu saja tidak bisa berlanjut. Puluhan ribu warga Israel telah meninggalkan rumah mereka.”

Sebagian besar wilayah Israel utara bagaikan kota mati. Situasi serupa juga terjadi di Lebanon selatan.

Cara terbaik untuk menghindari perang habis-habisan antara Israel dan Hizbullah adalah dengan menerapkan gencatan senjata di Gaza.

Israel ingin menghilangkan ancaman Hizbullah sepenuhnya dan mengembalikannya ke Sungai Litani, menurut resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengakhiri konflik terakhir antara keduanya pada tahun 2006.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pada bulan Desember bahwa “jika dunia tidak menghapus Hizbullah dari perbatasannya, Israel akan melakukannya.”

Oleh karena itu, meski terjadi pembengkakan, tekanan internal, ketakutan dan konflik, konflik antara Israel dan Hizbullah terus berlanjut, tidak meningkat.

Sepertinya tidak ada yang menginginkan perang ini. Dan, seperti yang diperingatkan Hockstein dalam webinar yang sama: “Perang telah dimulai sepanjang sejarah di seluruh dunia, bahkan ketika para pemimpinnya tidak menginginkannya, karena mereka tidak punya pilihan.”

Israel kesulitan menghentikan senjata Hizbullah

Kemarin, tentara Israel mengatakan telah mendeteksi 40 roket dari Lebanon dalam tiga serangan terpisah.

Sementara itu, militer Israel mengatakan penduduk Majdal Shams telah diperingatkan akan serangan tersebut, namun sistem pertahanan udaranya tidak beroperasi saat itu.

Pada Minggu (28/7/2024), radio militer Israel kemarin melaporkan, mengenai hasil penyelidikan, bahwa “tidak ada rudal pencegat yang ditembakkan karena medannya rumit dan peringatan jangka panjang tidak mungkin dilakukan.”

Karena peringatan singkat tersebut, sistem pertahanan Israel mampu mencegat roket tersebut tepat pada waktunya sehingga warga mengungsi ke tempat perlindungan.

Pada tanggal 8 Oktober 2023, Hizbullah mengumumkan bahwa mereka telah bergabung dengan perlawanan untuk melindungi warga Palestina, yang menghadapi serangan Israel di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Hizbullah menyerang pasukan Israel di utara perbatasan Israel, wilayah Palestina yang diduduki, dari Lebanon selatan, yang merupakan basis pasukan Hizbullah.

Hizbullah telah berjanji untuk mengakhiri serangan perbatasan jika Israel menghentikan serangan militer di Gaza.

Militan mendukung Hizbullah di sepanjang perbatasan

Jika perang terbuka dengan Israel pecah, Hizbullah akan mendukung kelompok-kelompok yang didukung Iran di Timur Tengah.

Selama dekade terakhir, pasukan “proksi” Iran dari Lebanon, Irak, Afghanistan dan Pakistan telah berperang di Suriah bersama Daesh dan Al-Nusra.

Para pemimpin kelompok tersebut kini telah menegaskan bahwa mereka siap bersatu untuk melawan Israel.

Pekan lalu, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan bahwa mereka (kelompok oposisi yang didukung Iran) telah berjanji untuk mengirim puluhan ribu tentara untuk membantu Hizbullah, namun ia mengatakan kelompok tersebut sudah memiliki lebih dari 100.000 tentara.

“Kami sampaikan kepada mereka, terima kasih, tapi jumlah orang yang kami miliki terlalu banyak,” kata Nasrullah.

Nasrallah mengatakan perang ini hanya menggunakan sebagian kecil dari kemampuan Hizbullah, rupanya mengacu pada pasukan khusus yang menembakkan senjata dan drone.

Namun, hal itu bisa berubah jika perang gesekan gagal.

Nasrallah mengatakan hal itu mungkin terjadi dalam pidatonya pada tahun 2017 di mana dia mengatakan bahwa pasukan dari Iran, Irak, Yaman, Afghanistan dan Pakistan akan menjadi “mitra” dalam perang semacam itu.

Sementara itu, ribuan tentara tersebut ditempatkan di Suriah dan dapat dengan mudah melintasi perbatasan yang berbahaya dan tidak menentu.

Sejak dimulainya perang antara Israel dan Hamas pada 7 Oktober, banyak kelompok yang mulai berperang melawan Israel dan sekutunya.

Kelompok yang disebut sebagai “Poros Perlawanan” mengatakan mereka menggunakan “strategi persatuan arena” dan akan berhenti berperang hanya jika Israel menghentikan serangannya di Gaza terhadap sekutunya, Hamas.

“Kami akan melawan Hizbullah secara berdampingan” jika terjadi perang skala penuh, kata seorang pejabat kelompok pendukung Iran dan Irak kepada The Associated Press di Bagdad. Dia menolak memberikan rincian lebih lanjut.

Pejabat tersebut, bersama dengan pejabat Irak lainnya, mengatakan beberapa penasihat Irak telah memasuki Lebanon.

Seorang pejabat kelompok Lebanon pro-Iran, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan bahwa pejuang dari Pasukan Mobilis Populer Irak, al-Qaeda Fatimiyah Afghanistan, Zainabiyoun Pakistan, dan pemberontak Iran yang dikenal sebagai Houthi juga bisa memasuki Lebanon.

Kasim Kassir, pakar Hizbullah, berpendapat bahwa perang saat ini didasarkan pada teknologi canggih, seperti peluncur roket, dan tidak memerlukan tentara dalam jumlah besar.

Menurutnya, jika perang dimulai dan berlanjut dalam jangka waktu lama, Hizbullah mungkin memerlukan dukungan dari luar Lebanon.

“Informasi yang menunjukkan permasalahan ini bisa dalam bentuk (kartu) yang bisa digunakan,” ujarnya.

Israel juga tahu bahwa itu mungkin tentara asing.

Eran Etzion, mantan direktur perencanaan strategis dan urusan luar negeri Israel, mengatakan pada hari Kamis dalam sebuah debat yang diselenggarakan oleh Middle East Institute di Washington bahwa ia melihat “kemungkinan besar” terjadinya “perang multi-sisi.”

Dia mengatakan ada kemungkinan keterlibatan Houthi di tentara Irak dan “banyak jihadis dari (banyak tempat) termasuk Afghanistan, Pakistan” hingga Lebanon dan wilayah Suriah di perbatasan dengan Israel.

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan televisi pekan lalu bahwa Hizbullah telah menembakkan lebih dari 5.000 roket, rudal anti-tank, dan drone ke Israel sejak mereka mulai menyerang Israel.

“Meningkatnya serangan Hizbullah membawa kita ke ambang eskalasi yang lebih besar yang bisa menjadi bencana besar bagi Lebanon dan seluruh kawasan,” kata Hogari.

“Israel terus berperang melawan poros kejahatan Iran di semua lini. Para pemimpin Hizbullah mengatakan mereka tidak menginginkan perang skala penuh dengan Israel, namun mereka siap jika hal itu terjadi.

(oln/almydn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *