Masyarakat Diajak Jaga Kelestarian Lingkungan dan Populasi Elang Jawa Melalui Trail Run di Cidahu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelestarian lingkungan terhadap spesies langka terus digalakkan oleh semua pihak.

Salah satunya Action Run Elang Jawa Trail 2024 di Bumi Perkemahan Cidahu, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat dalam rangka Hari Bumi 2014.

Kegiatan ini merupakan kerjasama PLN Indonesia Power dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya akibat populasi suku Jawa (Nisaetus bartelsi) yang terancam punah.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengatakan melalui kegiatan ini masyarakat diajak untuk lebih dekat dengan alam, merasakan keindahan dan keasriannya serta memahami betapa pentingnya melestarikan keindahan tersebut untuk masa depan yang lebih baik.

“Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan momen penting bagi kita semua untuk melakukan refleksi dan mengambil langkah nyata dalam menjaga dan melindungi lingkungan,” tulis Siti Nurbaya, Senin (1/7/2024).

Menurutnya, tindakan ini mengingatkan semua pihak akan tugas besarnya, bahwa keseimbangan alam semakin terancam, dan harus mengalami triple krisis total.

Krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan hilangnya keanekaragaman hayati, serta krisis polusi dan limbah, kata Siti Nurbaya.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, kehadiran IP PLN di Elang Jawa Trail Run 2024 merupakan bentuk dukungan kepada pemerintah dan wujud komitmen berkelanjutan perusahaan.

“Ini kajian kita tentang kelestarian lingkungan dan konservasi keanekaragaman hayati, salah satunya pelepasliaran elang jawa, upaya bersama Sustainable Practices dan TJSL di kawasan pegunungan Salak,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *