Pihak Bareskrim Polri Tak Hadir, Sidang Praperadilan Penetapan Tersangka TPPU Panji Gumilang Ditunda

Laporan jurnalis Tribunnews, Fahmy Ramadan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sidang pendahuluan yang disampaikan Kepala Sekolah Islam Zaytoun, Panji Gumilang terkait penetapan tersangka kasus pencucian uang (TPPU) ditunda.

Sidang pendahuluan usulan Bangi rencananya digelar hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Namun karena terdakwa dalam perkara ini Subpasal 3 Unit 3 Dittipideksus Bareskrim Polri tidak hadir, maka satu-satunya hakim yang mengadili perkara tersebut menunda persidangan.

Karena terdakwa belum juga hadir, maka hakim tunggal yang menangani perkara praperadilan menunda pemanggilan kedua terdakwa pada 2 Mei 2024, kata Djiamto, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kepada wartawan, Kamis ( 25/4/2024). 2024).

Namun belum diketahui secara pasti alasan Dittipideksus Bareskrim Polri tidak hadir dalam sidang perdana jelang persidangan tersebut.

Meski demikian, Deyanto menjelaskan pengadilan mempunyai tiga kesempatan untuk memanggil para pihak.

“Jadi kalau tanggal 2 Mei tidak hadir, minggu berikutnya akan dihubungi terakhir kali,” tutupnya.

Kompas.com mengutip Pimpinan Pondok Pesantren Zaitun (Bonpeis) Panji Gumilang mengajukan gugatan praperadilan terhadap Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bariskrim Boleri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Rabu (17/4/2024).

Perkara ini dilayangkan karena Panji Gumilang tak terima ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana penggelapan dana yayasan dan pencucian uang (TPPU) dalam pengelolaan dana sekolah pensiun syariah.

Benar atau tidaknya penetapan tersangka, Djiamto, Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kepada Kompas.com, menjelaskan klasifikasi perkara dalam perkara Pengadilan Pencegahan di Pangui Gumilang, Minggu (4 /21/2024). ).

Perkara yang teregistrasi dengan nomor 47/Pid.Pra/2024/PN JKT.SEL ini akan diperiksa oleh hakim tunggal pada Kamis (25/4/2024) di Ruang 01 Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Tim kuasa hukum Panji Gumilang dalam gugatannya mengungkapkan, Dittipideksus Bareskrim Polri menerbitkan Laporan Informasi Nomor: LI/66/VII/RES.2.6./2023/DITTIPIDEKSUS dimana pimpinan Pondok Pesantren Zaytoun mengabarkan naik level. . penyelidikan

Namun, Panji Gumilang tidak diberitahu mengenai kenaikan status tersebut seperti yang dilaporkan pihak tersebut. Selain itu, polisi menerbitkan Surat Keputusan Penyidikan Nomor: SP.LIDIK/1061/VII/2023/DITTIPIDEKSUS pada 13 Juli 2023 penggelapan Rp 73 miliar

Sebagai informasi, Panji Gumilang kini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan TPPU yang melibatkan tindak pidana pokok yakni penggelapan dan tindak pidana korporasi.

Panji Gumilang menuturkan, uang pinjaman atas nama Yayasan Pondok Pesantren yang ia gunakan sebesar Rp73 miliar untuk keperluan pribadi.

Bhanji menggunakan uang pinjaman tersebut untuk membeli barang-barang mewah dan bahkan tanah atas nama dirinya dan keluarganya.

“Hasil pemeriksaan di sini dari Panji Gumilang dan beberapa saksi, ada beberapa jenis barang, seperti jam tangan, mobil, rumah, dan tanah atas nama APG dan keluarganya. Jadi barangnya banyak sekali,” dia dikatakan. Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Boliri Bariskrim Brigjen Wisnu Hermawan kepada wartawan, Kamis (2/11/2023).

Wisnu kemudian mengatakan, Banji melunasi cicilan pinjaman tersebut menggunakan dana yang diperoleh yayasan dari berbagai sumber.

“Jadi untuk dana yayasan sumbernya berbeda-beda. Ada keluarga santri, Jami’ (pembangunan masjid kue jahe), yayasan pesantren banyak. Jadi banyak ya (pendapatan yayasan). yayasan) di sisi lain tapi, “katanya. Dari 144 rekening yang diblokir, Wisnu mengatakan, total transaksi masuk dan keluar Panji Gumilang mencapai Rp1,1 triliun.

Dalam kasus ini, Banji disangkakan melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2020 tentang TPPU dan atau Pasal 70 juncto Pasal 5 Undang-Undang Nomor. 28 Tahun 2004 tentang Lembaga dan Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan dan Pasal 2 KUHP Tipikor dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *