Ketua Umum Asosiasi Museum RI Sebut Desain Istana Garuda IKN Gambarkan Bangsa Berwibawa dan Kuat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Persatuan Museum Indonesia Putu Supadma Rudana mengapresiasi desain Istana Garuda di ibu kota kepulauan (IKN).

Putu mengatakan, Istana IKN Garuda merupakan karya pertama karya anak bangsa.

Istana Garuda Ibu Kota Kepulauan (IKN) memiliki desain unik dengan rangka berbentuk sayap lebar yang dilipat. 

Kemudian di tengahnya terdapat kepala Garuda yang ditekuk agar sesuai dengan sayapnya. 

Desainer IKN Istana Garuda Nyoman Nuarta menjelaskan, ada dua aspek dalam desain Garuda. Salah satu hewan tersebut adalah burung Garuda yang merupakan lambang negara pelindung pemerintah Indonesia.

Kita patut berbangga, desain Istana Garuda IKN merupakan karya asli anak negeri yang menunjukkan kebanggaan dan rasa percaya diri masyarakat Indonesia dalam hal pembangunan, demikian bunyi artikel yang ditulis Putu. pemberitahuan. Selasa (13/8/2024).

Putu mengatakan, tenaga ahli struktur bangunan tersebut berjumlah 44 orang, mulai dari guru besar, doktor, ahli pertanahan, dan ahli lainnya. Secara khusus, mereka telah berkontribusi menjadikan struktur kastil tidak hanya indah, tetapi juga aman dan fungsional.

“Untuk dapat membangun bagian-bagian struktur yang tahan lama menjadi simbol negara,” kata Putu.

Menurut Putu, desainer Istana Garuda I Nyoman Nuarta merupakan maestro kelas dunia. 

Menurutnya, konsep desain Istana Garuda Nyoman Nuarta berarti integrasi lebih dari 1.300 spesies yang ada di Indonesia. 

Filosofi ini dikenal dengan pemilihan bentuk Garuda yang melambangkan rumah, yang diyakini mampu menerima keberagaman suku Indonesia tanpa menimbulkan kecemburuan antar daerah.

“Desain ini menunjukkan bahwa istana negara harus menunjukkan ciri-ciri kerajaan yang luhur dan kuat. Di dasar ‘sayap’ Istana Garuda akan bertemu muka yang menurut saya berarti melindungi pemerintah Indonesia yang bisa menerima. keberagaman suku bangsa di Indonesia tanpa menimbulkan kecemburuan di antara mereka sendiri,” imbuhnya.

Putu juga menilai dalam pembangunan Istana Garuda digunakan produk produksi dalam negeri sesuai dengan aturan terkait Status Kesatuan Keluarga (TKDN). 

Baja yang digunakan dalam konstruksi dan lambung Garuda dibeli dari Krakatau Steel dan diproduksi di pabrik baja besar di dalam negeri. 

Selain itu, desain dan konstruksinya juga menggunakan teknologi khusus seperti las laser sehingga baja yang digunakan tetap stabil, tidak berkarat atau korosi, sehingga tahan ratusan tahun. beton dengan ketebalan khusus yang membuat Garuda terlihat seperti menghadap maju,” katanya.

Semula Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pulau tersebut tidak akan menjadi kota khusus di pulau tersebut.

Kata Jokowi: IKN akan menjadi kota yang penuh penghijauan. 

“Pulau ini dibangun dengan ide kota hutan, hutan yang dibangun penuh penghijauan. Bukan kota beton, bukan kota kaca,” tegas Jokowi saat memberikan pidato pada Kabinet Pertama. Pertemuan di IKN, Senin (12/8/2024).

Orang nomor satu di Indonesia itu juga mengatakan pulau ini juga akan menjadi kota pintar. Artinya, ibu kota baru akan menjadi kota yang didukung teknologi di seluruh fungsi kota

Sedangkan tahun 2024-2029 Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur setelah resmi dilantik sebagai kepala negara.

Prabowo meminta pemerintah menyediakan teknologi untuk menghadapi bencana. IKN menilai penambahan personel dan peralatan pemadam kebakaran sangat diperlukan.

“Saya diajarkan untuk selalu menghadapi keadaan terburuk karena kita menginginkan kota hutan. Artinya masalah hutan sangat besar, artinya kita harus bersiap menghadapi situasi darurat, risiko kebakaran,” kata Prabowo. Siaran pertemuan Kabinet Menteri. Sekretariat Presiden YouTube pada Senin (12/8/2024).

I Nyoman Nuarta adalah seorang pematung Indonesia dan salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru. Ia terkenal karena karya-karyanya seperti Patung Fatmawati Soekarno, Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali, Monumen Jalesweva Jayamahe di Surabaya dan Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *