Ma’ruf Amin Sebut Kedatangan Paus Fransiskus Salah Satu Upaya Hentikan Peperangan di Berbagai Negara

Laporan Jurnalis Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Paus Fransiskus, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, mengunjungi Indonesia pada Selasa (3/9/2024).

Dalam kunjungannya selama 4 hari ke Indonesia, Paus Fransiskus akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, tokoh lintas agama dan menggelar Misa di Stadion Utama Kelora Bung Karno.

Wakil Presiden (Vabres) KH Maruf Amin pun menyambut baik kunjungan Paus Fransiskus yang tergabung dalam gerakan persaudaraan sedunia ini.

“Hari ini Paus juga akan datang. Jadi, kita sambut beliau, itu akan meningkatkan persaudaraan dan persahabatan kepada seluruh negara di dunia apapun agamanya,” kata Wapres, Selasa (3/9/2024).

Wapres mengatakan kunjungan Paus Fransiskus ke berbagai negara termasuk Indonesia merupakan salah satu upaya para pemimpin agama untuk menghentikan peperangan yang terjadi di berbagai negara di dunia.

“Kita bisa menghentikan perang ini di mana pun, di negara mana pun,” tambah Wapres.

Wapres menilai hal tersebut sejalan dengan gerakan Persaudaraan Dunia yang dicanangkan di Abu Dhabi melalui Dokumen Kemanusiaan dan Persaudaraan, dimana tokoh utama gerakan tersebut adalah Syekh Al Azhar dan Paus Fransiskus.

Melalui gerakan ini, dua organisasi keagamaan Indonesia mendapatkan penghargaan atas kontribusinya dalam membangun persaudaraan dan kemanusiaan.

“Sebenarnya ini bagian dari gerakan persaudaraan global yang dicanangkan kemarin di Abu Dhabi dalam (dokumen) kemanusiaan dan persaudaraan. Itu (antara) Paus Fransiskus (antara) Syeikhul Azhar,” jelas Wapres.

“Tahun lalu bahkan ada semacam penghargaan untuk Indonesia. Dari empat penghargaan yang berkaitan dengan kemanusiaan dan persaudaraan, dua (pemenang) berasal dari Indonesia, yaitu dua organisasi berskala besar, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Wapres berharap kunjungan Paus Fransiskus dapat membantu lebih memperkuat hubungan antar masyarakat di tingkat nasional dan internasional serta menciptakan perdamaian di seluruh dunia.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungannya dan masyarakat Indonesia menyambutnya dengan suka cita dan persahabatan,” pungkas Wapres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *