Hamas Tuntut Agar Kembalikan Gencatan Senjata Sebut Perundingan Hanya Kedok untuk Pembantaian Israel

Hamas Menuntut Pembaruan Gencatan Senjata… Pembicaraan hanyalah kedok pembantaian Israel

TRIBUNNEWS.COM – Kelompok perlawanan Palestina menuntut mediator memaksa Israel untuk menerima proposal yang didukung Washington awal tahun ini.

Hamas telah meminta mediator dalam perundingan gencatan senjata dan pertukaran tahanan untuk mengajukan rencana untuk melaksanakan proposal yang disetujui oleh gerakan perlawanan pada awal Juli dan meminta Israel untuk melakukan hal yang sama.

“Berdasarkan visi Biden dan resolusi Dewan Keamanan, kami menuntut agar para mediator yang hadir dalam gerakan tersebut membuat rencana untuk melaksanakan apa yang kami sepakati pada tanggal 2 Juli 2024, dan bahwa kekuatan pendudukan mengadakan lebih banyak pertemuan untuk melaksanakan hal tersebut. Hamas mengatakan pada 11 Agustus bahwa “tidak ada kesepakatan atau proposal baru yang akan memberi kita lebih banyak waktu untuk menutupi serangan terhadap pendudukan dan melanjutkan perang genosida terhadap rakyat kita.”

Hamas mengatakan pembunuhan direktur politik Israel Ismail Haniyeh dan berlanjutnya pembunuhan warga sipil di Jalur Gaza menunjukkan niat mereka untuk memblokir perjanjian gencatan senjata.

Pejabat senior Hamas Osama Hamdan mengatakan kepada al-Arabi pada hari Minggu bahwa kecuali presiden AS memberikan tekanan nyata pada Israel, “dia tidak percaya bahwa pembicaraan [yang akan datang] akan berhasil.”

Dia mengatakan Amerika Serikat telah salah berjanji kepada Israel untuk menerima proposal yang diajukan Joe Biden dan sudah “waktunya” bagi Israel untuk melakukannya.

Ketika Biden mengumumkan rencananya untuk melakukan gencatan senjata permanen pada akhir Mei, dia mencatat bahwa Israel juga telah menyetujui proposal tersebut.

Namun Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terus bersikeras bahwa dia mempunyai hak untuk melanjutkan perang dan mempertahankan Hamas bahkan setelah pertukaran tahanan, sebuah posisi yang dia pertahankan hingga saat ini.

Mediator AS dan Qatar akhirnya memperbarui rencana Biden dan menyampaikannya kepada Hamas pada awal Juli.

Gerakan perlawanan mengusulkan amandemen terhadap rencana yang direvisi pada tanggal 3 Juli, yang menurut sumber-sumber Israel positif dan kesepakatan tersebut dapat diratifikasi.

Namun, sikap Netanyahu dalam mencapai tujuan perang telah menghambat perundingan dan menghambat tercapainya kesimpulan, meskipun gencatan senjata permanen telah dinegosiasikan.

Israel juga menolak tawaran tersebut, yang diterima Hamas pada 6 Mei.

“Rencana yang saya siapkan, termasuk dukungan G7 dan Dewan Keamanan PBB, tetap bisa dilaksanakan. Saya dan seluruh tim bekerja keras setiap hari untuk memastikan hal ini tidak berubah menjadi perang wilayah. Tapi itu bisa saja terjadi,” kata Biden pada 11 Agustus.

Washington baru-baru ini meningkatkan kehadiran militernya di seluruh kawasan untuk melindungi Israel dari Poros Perlawanan, yang berjanji untuk melawan serangan Israel terhadap Teheran dan Beirut.

Pengumuman Hamas disampaikan dua hari setelah kantor Perdana Menteri Netanyahu mengatakan Israel akan mengirim mediator ke perundingan gencatan senjata pada 15 Agustus untuk “menyelesaikan rincian implementasi perjanjian kerangka kerja.”

“Tidak ada gunanya melakukan negosiasi ketika kejahatan pasukan pendudukan terus berlanjut di tempat penampungan, sekolah, kamp pengungsi dan rumah sakit,” kata Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

PFLP mengatakan “negosiasi baru tidak ada artinya kecuali pemerintah penjajah dan penjahat perang menawarkan kesepakatan yang jelas dan spesifik mengenai formula yang pertama kali diusulkan dan disetujui oleh Presiden AS Joe Biden.”

Sumber: Tempat Tidur Gantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *