Memupuk Kejayaan Italia di Bawah Spalletti, Akankah Berlin Berjodoh Lagi dengan Azzurri?

TRIBUNNEWS.COM – Hampir dua puluh tahun lalu, Italia sukses tampil di Piala Dunia edisi ke-18 yang digelar di Jerman. Tim asuhan Marcelo Lippi memenangkan final dan menjadi juara setelah mengalahkan Prancis melalui adu penalti.

Stadion Olimpiade (Olympiastadion Berlin), Berlin menjadi saksi bisu. Pirlo, Del Piero, Materazzi dan pemain Azzurri lainnya berhasil meraih Piala Dunia ke-4 di Italia dan menjadi yang tersukses kedua setelah Brasil (5 gelar).

Butuh waktu 14 tahun bagi Italia untuk kembali naik podium untuk menerima trofi juara. Kali ini di kesempatan berbeda dan dengan grup yang sangat berbeda.

Ya, Italia menjuarai Euro 2020 (2021) di Stadion Wembley. Menariknya, pemain Italia Roberto Mancini berhasil mengalahkan tim tuan rumah, khususnya Inggris, melalui adu penalti. Pelatih baru tim nasional sepak bola Italia, Luciano Spalletti tiba usai konferensi pers di Coverciano di Florence pada 2 September 2023. (Filippo MONTEFORTE/AFP)

Pasukan Roberto Mancini masih jauh dari kata juara pertama, kedua atau ketiga.

Berdasarkan Opta Statistics saat itu, peluang Italia untuk menjuarai Euro 2020 hanya sebesar 7,6 persen.

Namun, dengan banyaknya hasil bagus dan rekor tak terkalahkan di Euro 2020 sepertinya menjadi pertanda, Italia menjadi tim yang patut diwaspadai.

Hingga laga terakhir mengalahkan Inggris, Italia asuhan Roberto Mancini belum terkalahkan dalam 34 pertandingan sebelum jeda saat bertemu Spanyol di semifinal UEFA Nations League pada Oktober 2021.

Pada Euro 2024 di Jerman, Italia yang berstatus juara bertahan hanya menempati posisi ketujuh di antara tim-tim yang diunggulkan sebagai juara.

Yang pertama adalah kekayaan bakat Inggris dan Southgate. Kemudian Prancis, disusul Jerman, Spanyol, dan Portugal.

Peluang Azzurri untuk menang adalah 5 persen, jauh dari peluang Inggris yang sebesar 19,9 persen menurut Supercomputer Opta tahun ini.

Namun, ada beberapa faktor yang bisa mengantarkan Italia ke final. Itu juga merupakan tempat yang sama di final ketika Italia menjadi juara pada tahun 2006.

Final Euro 2024 akan digelar di Olymstadion di Berlin. Jika sukses mempertahankan mahkota juara Eropa, Italia akan nyaris menyamai Jerman (4 Piala Dunia, 3 trofi Kejuaraan Eropa) dengan rentetan 4 gelar Piala Dunia Eropa dan dua gelar Kejuaraan Eropa. Akankah Berlin bertemu Azzurri lagi, Italia?

Kegagalan Italia mencapai final Piala Dunia 2018 membuat Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) menunjuk Roberto Mancini sebagai pelatih mereka.

Roberto Mancini juga mempengaruhi sepak bola Italia dengan cara yang istimewa karena terdapat bakat dalam diri para pemain muda.

Nicolo Barella, Giovanni Di Lorenzo, Alessandro Bastoni, dan Gianluigi Donnarumma termasuk di antara hasil perkembangan Mancini.

Ia juga berperan penting dalam keberhasilan Italia menjuarai turnamen Euro 2020 di tanah Inggris.

Kini ia dipastikan masih menjadi cadangan klub dan timnas, termasuk Federico Chiesa.

Namun, masa kejayaan Italia di bawah asuhan Mancini tidak bertahan lama karena Italia kembali gagal lolos ke Piala Dunia (2022). Hal ini menyebabkan FIGC mengambil tindakan untuk memecatnya dan menunjuk arsitek baru, Luciano Spalletti.

Luciano Spalletti ditunjuk sebagai manajer Italia pada September 2023 setelah membawa Napoli meraih gelar juara Serie A pada musim 2022/2023.

Partenopei meraih trofi Liga Italia pertama setelah puasa selama 33 tahun.

Menurut analis Opta, Spalletti langsung fokus pada persatuan di tim Azzurri.

Ia mendorong staf kepelatihan dan perkembangan era Mancini secara bertahap dengan memasukkan pemain baru.

Jika melihat pilihan Italia untuk Euro 2024, ada nama Raoul Bellanova (Torino), Riccardo Calafiori (Bologna), dan Andrea Cambiaso (Juentus) yang masuk dalam daftar.

Raoul Bellanova menjadi bek dengan assist terbanyak di Liga Serie A Italia (7). Sementara itu, Andrea Cambiaso menjadi pencetak gol terbanyak kedua di antara pemain Juventus, dengan 4,391m pada musim 2023/24.

Bellanova dan Cambiaso akan bekerja bersama Barella dan Chiesa, bintang kesuksesan Italia di Euro 2020 dan siap memberikan pengaruh besar di Euro 2024.

Barella mencatatkan assist (3) terbanyak dibandingkan pemain Italia lainnya selama kualifikasi Euro 2024.

Tak hanya itu, ia juga menjadi pemain paling aktif menciptakan peluang (7) dibandingkan rekan satu timnya.

Dalam dua musim terakhir jelang Euro 2024, Barella juga turut membantu Inter mencapai final Liga Champions dan menjadikannya andalan Nerazzurri saat meraih Scudetto pada musim 2023/24.

Sementara itu, Chiesa tengah mengalami kekeringan setelah mengalami cedera selama dua tahun terakhir.

Dia berjuang untuk berkembang sampai dia bermain beberapa menit, tetapi begitu dia melakukannya, dia bisa meledak.

Menit per golnya pada musim 2023/2024 merupakan yang terbaik dalam kariernya di Liga Italia dengan sembilan gol setiap 245 menit.

Sembilan gol tersebut merupakan yang terbanyak kedua dalam kariernya setelah musim 2019/2020 yang menghasilkan 10 gol.

Spalletti akan memadukan darah baru Italia dengan para pemain unggulan, serta para pemain berpengalaman yang masih ‘lapar’.

Jorginho ke Gianluca Scamacca. Pemain Atalanta Scamacca dan Pasalic mencetak gol timnya ke gawang Liverpool di Stadion Anfield, Jumat (4/11/2024). Atalanta mengalahkan Liverpool 0-3 di leg pertama perempat final Liga Europa. (Instagram Liga Eropa UEFA)

Scamacca telah mencetak lebih banyak gol musim ini di salah satu kompetisi top Eropa dibandingkan pemain Italia lainnya.

Dia mencetak 6 gol saat memimpin tim Atalanta-nya memenangkan Liga Europa dan memberi Leverkusen kekalahan pertama mereka setelah 50 pertandingan tak terkalahkan.

Pemain terakhir yang mencetak lebih banyak gol di Eropa sebelum Scamacca adalah Ciro Immobile pada musim 2017/2018 (8 gol untuk Lazio di Liga Europa).

Scamacca diperkirakan akan menjadi pemain utama Italia di Jerman setelah itu.

Lalu ada pendatang baru Bologna, Riccardo Calafiori. Bek berusia 22 tahun itu tampil impresif pada musim lalu dan membawa Bologna tampil di Liga Champions musim 2024/2025.

Calafiori mencatatkan 7 gol untuk Bologna, 2 gol dan 5 assist.

Jumlah assist yang ia torehkan merupakan yang terbanyak bagi pemain Bologna dalam dua dekade terakhir di papan atas Liga Serie A Italia.

Spalletti pun tak segan-segan memujinya dan menyebut Cafiori juga bisa bermain sebagai pemain nomor 10 di masa depan.

Upaya Spalletti menciptakan rasa kejayaan Italia dengan menciptakan tim kolektif bermarga ‘spiritoAzzuro’ menyerukan kembalinya sejarah kejayaan Azzurri melalui para pemainnya secara langsung.

Gianni Rivera, Giancarlo Antognoni, Roberto Baggio, Francesco Totti, dan Alessandro Del Piero didatangkan ke tempat latihan untuk mendongkrak minat tim Italia di Euro 2024.

Spalletti punya enam ide jelas untuk timnya. Konsep ini ditampilkan di ruang ganti agar setiap pemain memahami dan mengapresiasi apa yang diinginkannya.

Pertama, dengan terus menekan pertahanan musuh yang tujuannya menghancurkan kepercayaan diri musuh.

Kemudian kendalikan permainan dengan menjaga bola pada posisinya. Buildnya, jarak antar pemainnya tidak jauh, harus pendek dan dekat.

Kemarahan yang mengerikan setelah kehilangan bola. Untuk memulihkan diri, dukung garis pertahanan jika lawan menekan dan jika Anda tidak melakukan tekel.

Yang terakhir adalah belajar dan merencanakan, memulai lagi dengan tekanan sistematis.

Sikap inilah yang menjadi permainan Spalletti yang berhasil membawa Napoli menjadi juara Serie A.

Spalletti ingin timnya mendominasi permainan dan menggunakan teknik passing yang benar.

Dengan cara ini, ia ingin para pemainnya mendapatkan kembali bola yang hilang dengan lebih banyak berlari.

Hasilnya, Napoli menjadi juara Liga Italia dengan gol tertinggi (77 gol) pada musim 2022/2023 dan terendah (28 gol).

Napoli juga lebih banyak menguasai bola (62 persen) dan mencatatkan lebih banyak turnover (370-8 diselesaikan dengan gol).

Pasalnya, peluang lain yang dilihat Spalletti adalah serangan bola mati. Napoli juga menjadi tim yang paling banyak mencetak gol dari bola mati dan paling sedikit kebobolan di pertandingan tersebut.

Di Euro 2024, meski Italia tidak diunggulkan sebagai juara yang hanya menempati peringkat 7 menurut Opta, namun mereka telah menunjukkan melalui para pemainnya bahwa Italia adalah tim yang patut ditakuti.

Lihat saja dalam dua tahun terakhir di kompetisi antarklub Eropa, sudah ada 5 final yang dihadiri wakil Italia.

Fiorentina dua kali, Roma, Atalanta dan Inter Milan.

Pada titik ini, arah sejarah Italia bergantung pada pakar teknis Luciano Spalletti. Bisakah semua hal di atas membawa Azzurri kembali meraih hasil bagus di Berlin? Menyenangkan untuk menunggu.

(Tribunnews.com/Sina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *