IBC Serahkan Rekomendasi Paket Kebijakan ke Presiden Terpilih untuk Perkuat Agenda Pembangunan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia Business Council (IBC) memaparkan white paper berisi 15 rekomendasi untuk mendukung Agenda Pembangunan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029.

Rekomendasi tersebut disampaikan kepada Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran oleh Dirjen IBC Sofyan Jalil pada acara serah terima di Jakarta, Kamis (22/08/2024).

Sofian Jalil mengatakan buku putih tersebut memetakan tantangan pembangunan di berbagai bidang fokus dan mengusulkan paket rekomendasi kebijakan sebagai alat untuk membantu pejabat terpilih menjalankan pemerintahan.

“Melalui dokumen ini, kami telah mengidentifikasi beberapa tantangan utama yang akan dihadapi pemerintahan baru. IBC kemudian menyiapkan rekomendasi paket kebijakan strategis yang menjawab tantangan-tantangan tersebut demi kelancaran dan keberhasilan pemerintahan baru,” kata Sofian, Jumat (8 /30/2024) dalam keterangannya.

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Burhanuddin Abdullah mengapresiasi usulan dan kontribusi IBC dalam merekomendasikan 15 paket kebijakan untuk mendukung Agenda Pembangunan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. Paket rekomendasi ini diharapkan dapat membantu Presiden terpilih 2024-2029 dan Wakil Presiden Prabovo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengatasi tantangan pembangunan.

“Banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, menghadapi tantangan perubahan iklim, disrupsi teknologi, ketegangan geopolitik, dan perlambatan ekonomi global.” Rekomendasi kebijakan ini penting untuk mengantisipasi tantangan tersebut dan membantu pemerintah terpilih menyelesaikan sebagian pekerjaan presiden dan wakil presiden terpilih,” kata Burhanuddin Abdullah.

Dijelaskan Sofyan Jalil, IBC diciptakan sebagai wadah bagi para pemimpin bisnis dan pionir industri Indonesia untuk mendukung kepentingan bersama dan meningkatkan daya saing Indonesia.

IBC bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah, sektor swasta dan masyarakat sipil untuk membangun Indonesia yang lebih kompetitif dan sejahtera melalui kebijakan publik yang transparan dan berkelanjutan.

Ia menambahkan, IBC berkomitmen untuk menjalin kerja sama yang erat antara pemerintah dan dunia usaha, terutama untuk mengidentifikasi permasalahan dan peluang yang dapat dioptimalkan.

Melalui penelitian dan rekomendasi kebijakan, IBC mendukung penerapan kebijakan publik yang lebih baik untuk menjadikan Indonesia negara maju.

Buku putih dan rekomendasi ini disusun melalui serangkaian focus group yang intensif dan ekstensif dengan berbagai pakar dan praktisi, dengan masukan dari Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran.

Dalam 15 rekomendasi paket kebijakan untuk mendukung agenda pembangunan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029, KPI memaparkan usulan kebijakan yang dapat diambil pemerintah.

Beberapa di antaranya adalah menyadari potensi penambahan 6-9 juta hektar lahan pertanian baru, kemajuan dalam pelaksanaan pembangunan menggunakan APBN, peningkatan ketahanan energi dengan menggunakan biodiesel, percepatan potensi ekonomi pengelolaan karbon, dan pengamanan agenda-agenda prioritas . Presiden dan wakil presiden terpilih dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *